• Editor

Apa Beda Shakedown Test & Official Test Di MotoGP?

Bisa dibilang, shakedown test ini adalah persiapan sebelum official test atau tes resmi digelar.

Beberapa hari lagi tes pra musim pertama MotoGP 2019 akan dimulai di Sepang, Malaysia (06-08/02). Tapi sebelum sesi 3 hari itu dimulai, tim pabrikan MotoGP sudah hadir mulai hari ini (01/02) sampai dengan tanggal 03 Februari mendatang, guna mengikuti Sepang MotoGP Shakedown Test 2019.

Michele Pirro, test rider Ducati Team saat mengikuti Sepang Shakedown Test 2019.

Sekedar info, beda antara shakedown test dan official test ada pada pembalap yang ikut serta. Pada shakedown test ini, peserta adalah rider dengan status sebagai test riders dari 6 pabrikan peserta MotoGP.

Bradley Smith, pembalap Aprilia Racing Test Team,

Pengecualian diberikan pada tim pabrikan Aprilia dan KTM, karena pembalap mereka belum pernah mendapatkan multiple podium finishes. Itulah kenapa mereka diperbolehkan menurunkan pembalap resminya, dan termasuk ijin untuk melakukan extra private test.

Tahun ini Aprilia dan KTM mendapat dispensasi menurunkan pembalap resmi selama shakedown test.

Selain itu, beda shakedown test dan official test ada pada catatan waktu yang tidak tercatat. Jadi jangan heran jika pada tes ini hampir tidak terlihat jurnalis yang meliput. Kalau pun ada hanya beberapa saja.

Mika Kallio, pembalap Red Bull KTM Factory Racing bisa mengikuti tes karena dispensasi yang diberikan pada KTM sebagai pabrikan yang belum berhasil meraih multiple podium finishes.

Dan perlu dipahami juga, shakedown test ini digelar demi memberi kesempatan kepada semua pabrikan, untuk memastikan semua komponen motor yang mereka bawa untuk dicoba pembalap resmi, telah berfungsi dengan baik.

Diharapkan tidak ada lagi komponen yang tak bekerja sebagaimana mestinya.

Jadi bisa dibilang, shakedown test ini adalah persiapan sebelum official test atau tes resmi digelar. Dari sini diharapkan tes resmi bisa berlangsung maksimal, tanpa ada unsur coba-coba lagi, yang hanya akan membuang waktu apabila ada komponen yang tak bekerja sebagaimana mestinya.


Apalagi seiring dengan bertambahnya kalender balap, sehingga sesi tes harus dikurangi. Dari sini, shakedown test dianggap penting.


Naskah: Indramawan

Foto: MOTOGP.COM