• Editor

Apa Kelebihan Standar API SP Pada Pelumas?

"Kami menggunakan bahan dasar full synthetic dilengkapi Heat Activated Anti-wear Molecule yang diformulasikan untuk kebutuhan kinerja teknologi mesin mobil keluaran baru..." (Rommy Averdy - Mobil™ Consumer Brand General Manager PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia)

Standar API SP pada Mobil Super™ All-in-One Protection 0W-20 menunjukkan pelumas ini diformulasikan untuk memenuhi kebutuhan mesin baru


OTOPLUS-ONLINE I PT Exxon Mobil Lubricants Indonesia (EMLI) melalui merek Mobil™ Lubricants, semakin mengukuhkan kualitas produknya, dengan mengantongi standar API SP. Salah satu produk EMLI tersebut adalah Mobil Super™ All-in-One Protection 0W-20.


Menurut Rommy Averdy selaku Mobil™ Consumer Brand General Manager EMLI, sejauh ini Mobil Super™ All-in-One Protection 0W-20 bisa dikatakan merupakan salah satu pelopor, produk pelumas dengan standar API SP di Indonesia. Lantas apa pentingnya standar API SP pada pelumas?

Perlu diketahui, standar API SP merupakan standar pelumas mesin terbaru, yang dikeluarkan resmi oleh American Petroleum Institute (API). API sendiri merupakan sebuah asosiasi perdagangan dan lembaga penguji, serta pemeriksa kualitas pelumas yang mewakili segmen industri gas alam, dan minyak.

Standar spesifikasi API SP ini akan diterapkan kepada seluruh line up produk Exxon Mobil Lubricants Indonesia


Nah API ini biasanya menggunakan kode S yang menandakan oli tersebut untuk mesin bensin, sementara kode C untuk mesin diesel. Sementara huruf yang mengikuti di belakangnya merupakan tingkatan atau grade oli tersebut. Semakin tinggi abjad yang mengikuti huruf S, berarti kualitas oli semakin bagus dan telah memenuhi standar syarat oli sebelumnya. Misalnya seperti API SA, SB, SC, SD, SE, SF, SG, SH, SJ, SL, dan seterusnya. Semakin jauh abjadnya berarti grade oli semakin bagus.

Spesifikasi tertinggi pelumas sebelumnya adalah API SL, diperbarui menjadi API SM, meningkat menjadi API SN, dan yang terbaru dan sudah beredar saat ini di pasaran adalah adalah API SP sebagai spesifikasi pelumas tertinggi.

Nah dengan mengantongi standar API SP, artinya pelumas Mobil Super™ All-in-One Protection 0W-20 ini diperuntukkan mesin modern yang sudah berteknologi injeksi, dan turbocharging.


“Hadirnya beragam teknologi modern pada mesin kendaraan roda empat sekarang ini mendorong kami untuk terus berkomitmen, serta berupaya menjadi selalu yang terdepan. Menghadirkan inovasi produk, yang dapat memberi perlindungan terbaik pada mesin kendaraan,” kata Rommy.

Mesin makin canggih butuh pelumas spesifikasi tinggi


Hal ini terlihat pada kandungan bahan dasar Mobil Super™ All-in-One Protection 0W-20 ini. "Kami sudah menggunakan bahan dasar full synthetic yang dilengkapi Heat Activated Anti-wear Molecule yang secara spesifik diformulasikan, untuk memenuhi kebutuhan kinerja teknologi mesin mobil keluaran baru," jelas Rommy.


Ditambahkannya, hingga saat ini, Mobil™ Lubricants terus bergerak dalam memperbarui standar, dan kualitas pelumasnya. Dengan terus mengikuti perkembangan, serta kebutuhan kendaraan, baik di pasar Tanah Air maupun global,” ucap Rommy.


EMLI pun meyakini, apa yang dilakukan ini merupakan langkah strategis, untuk terus menjadi yang terdepan dalam persaingan di pasar otomotif, khususnya di sektor pelumas.


“Target EMLI dalam waktu dekat ini adalah dapat menghadirkan standar spesifikasi API SP ini kepada seluruh line up produk pelumas kami,” pungkas Rommy.


Teks: Setiawan AS

Foto: EMLI

Editor: Indramawan