• Editor

Art & Kustom Festivals 2019 - Singkawang Munculkan Gairah Baru Modifikasi di Kalbar


Pecinta modifikasi motor di Kalimantan Barat, khususnya Kota Singkawang patut berbangga. Pasalnya, mereka punya event akbar yang masuk dalam agenda tahunan Singkawang Grand Mall (SGM), sebuah mall terbesar di kota berjuluk Seribu Kelenteng tersebut.

  • Tercatat 116 peserta mengikuti 9 kelas yang dilombakan

“Berawal dari 2016 lalu, kami rutin menggelar event otomotif setiap tahun. Namun mulai tahun 2018 lalu, kami mengganti nama event tersebut menjadi Art and Kustom Festivals,” buka Efin Habib, selaku Marketing Communication and Promotion SGM.

  • Art and Kustom Festivals memberikan gairah baru bagi para pecinta modifikasi di Kalbar

Untuk gelaran Art and Kustom Festivals yang digelar 22-24 November tahun ini dan turut disupport oleh OTOPLUS-ONLINE serta INCREASE Indonesia, menurut Efin nyaris tidak bisa mereka gelar. “Sebab, sesuai jadwal sebelum-sebelumnya, event kontes modifikasi motor ini selalu diadakan pada tengah tahun. Dan kali ini bentrok dengan acara lainnya,” tambah Efin.

  • Karena peserta membludak, beberapa motor pun dipindahkan dari venue outdoor ke dalam mall

“Namun karena memperhitungkan permintaan para pecinta modifikasi motor di Kalimantan Barat, akhirnya kami putuskan untuk tetap menggelar event Art & Kustom 2019, meskipun persiapan sangat mepet,” papar Efin.

  • Proses penjurian oleh tim OTOPLUS-ONLINE dan INCREASE Indonesia

Tak pelak, pada Jumat hingga Minggu kemarin (22-24/11), berbagai motor karya builder-builder Kalimantan Barat berkumpul di area pameran mall yang berada seputar kawasan Pasiran, Singkawang tersebut.

  • Sharing session seputar perkembangan industri kreatif otomotif oleh INCREASE Indonesia diikuti para builder ternama di Kalbar

“Lebih dari 100 peserta yang ikut. Padahal jumlah kelas sudah kami batasi karena persiapan terlalu mepet dan harus berbagi space dengan kegiatan lain,” ungkap Efin.

  • Suasana keriaan acara yang bersamaan dengan gelaran Pekan Raya Borneo, dan diramaikan oleh pameran otomotif, bazaar kuliner, community gathering, mural & photo contest, Hot Wheels community, live music, sexy car-wash, dan freestyle

Tak hanya diserbu para pecinta modifikasi. Art & Kustom 2019 juga kebanjiran pengunjung. Apalagi, Art & Kustom 2019 ini digelar bersamaan dengan Pekan Raya Borneo yang juga digelar di dalam kompleks Singkawang Grand Mall. "Dari hitungan kami, jumlah pengunjung yang masuk hampir tembus 21 ribu orang pada hari Sabtu (23/11) kemarin," Info Efin (lihat foto galeri di atas).

  • Awarding pemenang Best of The Best kepada M. Lukman oleh Widya S. Ririen selaku Marketing & Communication Manager Singkawang Grand Mall

Bukan tanpa sebab. Gelaran Art and Kustom 2019 ini rupanya dinanti oleh para pecinta modifikasi se-Kalbar. “Walau bukan di ibukota propinsi, event milik Singkawang Grand Mall ini merupakan kontes modifikasi yang bergengsi. Makanya kami selalu menunggu jadwalnya,” ujar Eko Djap, builder dari Chandro Motor Singkawang.

  • Foto bersama para pemenang The Best dan sponsor di akhir acara

Diakui pula oleh builder dari kota pertama Kalbar. “Event di sini selalu diserbu peserta karena gelaran tertata apik. Termasuk hadiah mesti diinfokan ke publik dari awal, sehingga calon peserta sudah dapat memperhitungkan layak atau tidak bertanding meski kudu melakukan perjalanan luar kota,” ujar Johan Suy, punggawa JS Modify Pontianak.

  • Tim in-house organizer Singkawang Grand Mall bersama dengan perwakilan Kawasaki Singkawang dan Samurai Paint selaku sponsor, serta OTOPLUS ONLINE selaku media support dan INCREASE Indonesia

Dan berikut ini motor-motor jawara di 9 kelas yang dilombakan, yakni: FFA, Matic & Cub Stock Bolt-On, Matic & Cub Stock Advance, Racing Style, Custom Sportbike (fairing), Custom Naked Bike/Street Fighter, Choppy Cub, Japs & Café Racer, Chopper & Bobber. Di luar 9 kelas itu, ada juga The Best Airbrush, The Best Sticker, The Best Kawasaki Supermoto, dan Best of The Best. Simak juga hasil lomba Art & Kustom Festivals 2019 berikut ini.

  • Motor-motor jawara di kelas FFA (sekaligus memenangkan Chopper & Bobber, dan Best of The Best), Choppy Cub, Naked Bike & Streetfighter, Custom Sportbike (Fairing), Japs & Cafe Racer, Matic Cub Stock Advance, Matic Cub Stock Bolt-On, Racing Style, The Best Airbrush, The Best Sticker, The Best Kawasaki Supermoto

Naskah: Herwindo Yudhanata, Indramawan

Foto: Herwindo Yudhanata, Indramawan, Tim Art & Kustom Festivals 2019