top of page
  • Gambar penulisEditor

Asia Racer

Yamaha RX-King 1991 (Hongkingkong Custom)

Project RX-King café racer ini adalah impian lama Yung, klien Hongkingkong Custom, yang juga adalah pemilik bengkel dan toko variasi Asia Motor di Surabaya Barat, Asia Motor.

“Dia pengin memiliki motor yang bisa dijadikan ikon untuk tokonya,” buka Harsoyo Santoso, builder asal Surabaya yang lebih dikenal dengan sapaan Hongkingkong ini.

Karena dimaksudkan juga sebagai promosi toko, maka diputuskan untuk membangun cafe racer retro berbasis Yamaha RX-King yang diberikan sentuhan komponen-komponen variasi yang lagi ngetren.

Sebut saja double starter, quickshifter, kopling hidrolik, holder MotoGP style, dan masih banyak lagi. Semua menggunakan barang-barang yang tersedia di bengkel Asia Motor, termasuk knalpot.

Rangka & Kaki-Kaki

Hong mempertahankan proporsi rangka RX-King, karena dianggap sudah cukup bagus digunakan pada cafe racer.


“Cuma kaki-kaki saja yang diubah. Kini memakai pelek Thor ring 18 dan ban Swallow Classic SB135 ukuran 400,” tunjuk Hong yang memakai teromol custom yang dibuat dengan mesin CNC dari bahan besi cor.

Untuk sektor kaki belakang, Hong memakai swingarm merek RD warna gold yang terlihat cocok ketika dikawinkan shockbreaker Moto1, dengan tabung gas warna senada.


Bodywork

Untuk bodywork yang terdiri dari tangki, windshield (model bikini) dan hornet atau buntut tawon, Hong menggabungkan kreasi custom handmade dengan produk variasi.

“Tangki dibuat dari nol dengan acuan Yamaha RD 350 yang kebetulan desainnya memang café racer banget. Ramping dan memanjang ke belakang,” kata Hong yang memakai pelat Galvanis 1 mm.


Begitu juga dengan hornet yang dibuat secara handmade dengan bahan sama.

“Sementara untuk windshield kita memakai produk keluaran Bratzstyle,” ujar Hong yang memakai kelir kuning dengan aksentuasi hitam yang merupakan livery Yamaha racing team era Kenny Roberts dan Bob ‘Hurricane’ Hannah di akhir 1970-an dan di awal 1980-an. Nice Job!


Naskah & Foto: Indramawan


Data modifikasi

Kopling hidrolik: KTC Spidometer: KTC Double starter: Honda Beat Quickshifter: Uma Headlight: Daymaker (LED) Teromol: custom Pelek: Thor 18 Ban: Swallow SB 135

Setang: KTC Swingarm: RD Shockbreaker: Moto1 Bengkel: Hongkingkong Custom

Jl. Raya Banjar Sugihan 89, Surabaya Barat, HP: +62 821-3101-1777


bottom of page