top of page
  • Gambar penulisEditor

Bagnaia Tak Tersentuh di MotoGP Italia 2023: "Hari Ini, Saya Tak Ingin Bersama Orang Lain"

Bagnaia unggul 21 poin dari rival terdekatnya Marco Bezzecchi pada klasemen sementara MotoGP 2023.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah berhasil memenangkan Sprint Race yang digelar di Sabtu, 10 Juni 2023, Francesco Bagnaia kembali tampil gemilang pada Minggu, 11 Juni 2023 keesokan harinya, dengan memenangkan MotoGP Italia yang digelar di sirkuit Mugello.


Meski sempat disalip oleh pembalap KTM, Jack Miller, namun Bagnaia berhasil merebut kembali posisi terdepan dan tak tersentuh lagi selama balap yang berlangsung selama 23 putaran. Bahkan oleh rival terberatnya, Jorge Martin!


Pada sesi interview setelah balap, Bagnaia pun mengungkapkan strateginya untuk langsung menyodok terdepan dan sebisa mungkin menjauh dari para rival.


"Jadi hari ini, saya hanya tidak ingin bersama orang lain. Untuk itu saya tidak boleh ada celah," buka Bagnaia.

Ia melanjutkan, untuk itu, ia langsung mem-push motornya di awal-awal lap dengan harapan bisa aman di posisi depan.


Bagnaia diuntungkan strategi ini karena dia start paling depan sesuai hasil kualifikasi hari Sabtu, 10 Juni 2023.

Meski demikian Bagnaia sadar, ia mungkin sedikit mengorbankan ban belakang untuk lap-lap terakhir.

"Memang ban belakang itu benar-benar habis sepenuhnya. Kecepatan saya pun terus turun sepersepuluh detik. Tetapi saya pikir, itu adalah strategi terbaik, karena saya tahu bahwa Jorge (Martin) akan banyak memberikan tekanan. Apalagi dia menggunakan ban medium yang memiliki umur lebih panjang daripada ban lunak (soft compound) yang saya pakai," ungkap Bagnaia.

Hal itu terlihat pada akhir lap pembuka. Bagnaia saat itu memimpin 0,4 detik di depan saat Jorge Martin, rider Pramac Ducati ini dengan cepat mengalahkan Jack Miller dan mengambil posisi kedua.


Bahkan Martin pun mampu lolos dari jangkauan para pembalap di belakangnya.


Tapi apa daya, ia tidak bisa berbuat banyak untuk mengejar Bagnaia karena defisit kecepatannya dari Bagnaia stabil di kisaran 0,4 detik-0,6 detik.

Sebaliknya, Bagnaia terus menjauh dari Martin, hingga akhirnya mencapai bendera kotak-kotak dengan selisih waktu 1,067 detik di depan.


Sementara podium ketiga jatuh ke Johann Zarco, rekan setim Jorge Martin. Sebelumnya Zarco sempat berduel dengan Marini pada lap 18 untuk memperebutkan podium ketiga ini.


Kembali ke Bagnaia, raihan double podium ini merupakan yang kedua kali baginya di musim kompetisi 2023 ini. Sukses di home race ini langsung disambut histeris para fans seolah memberi full support kepada Bagnaia yang unggul 21 poin dari rival terdekatnya Marco Bezzecchi pada klasemen sementara MotoGP 2023.



Teks: Indramawan

Foto: motogp.com

Opmerkingen


bottom of page