• Editor

Bebek Trail Honda CT125 Kini Sudah Bisa Dipesan di Dealer Wing MPM Honda Jatim


Meski didesain untuk berbagai kegiatan, termasuk outdoor, namun CT (Cub Trail) 125 tidak direkomendasikan untuk medan off-road yang ekstrem.


Belum lama ini Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan motor bebek trail CT125, yang merupakan pengembangan konsep dari Honda Super Cub C125.

Honda Super Cub C125 merupakan basis pengembangan konsep dari CT125, yang tidak hanya dapat digunakan di jalan perkotaan saja, tapi juga untuk beragam aktivitas outdoor.


Berita paling baru, kini CT125 yang merupakan desain ulang produk legendaris Honda CT200 Trail 90 yang diperkenalkan pertama kali pada 1964 ini sudah bisa didapatkan di jaringan dealer MPM Honda Jatim.

Honda Trail 90 1972 / Foto: Wikipedia

CT125 merupakan desain ulang dari poduk legendaris Honda CT200 Trail 90 1964.


Hal ini diinfokan saat Workshop Jurnalis Teknologi Honda CBR250RR SP dan CT125 yang diadakan MPM Honda Jatim secara virtual pada Rabu, 23 September 2020 kemarin, dan diikuti beberapa media di Surabaya, termasuk OTOPLUS-ONLINE.

Honda CT125 menggunakan rangka yang sama dengan Super Cub C125. Perbedaan ada pada penambahan rangka penguat (warna kuning), dan rangka penopang rak (warna merah),


“Namun pada kesempatan kali ini, kami hanya menjawab seputar fitur dan teknologinya saja. Sementara untuk harga dan lama inden pembelian, silakan ditanyakan langsung pada pihak marketing kami, atau bisa lihat website MPM Honda Jatim, di situ nanti ada informasi Dealer Wing terdekat,” info Muslimin selaku Instruktur Learning & Development Department MPM Honda Jatim.

Di Jakarta, CT125 dipasarkan dengah harga hampir menyamai CBR250RR SP Quick Shifter terbaru!


Namun sebagai info, AHM telah merilis lebih dulu harga CT125, yakni Rp 75 juta (On The Road Jakarta ). Harga ini hampir sama dengan CBR250RR SP terbaru yang dibanderol Rp 76,7 Juta. Mahal? Itu karena status CT125 sebagai motor CBU yang didatangkan secara impor, sementara CBR250RR SP merupakan produk lokal.

CT125 sudah bisa dipesan di jaringan Dealer Wing MPM Honda Jatim dengan harga yang belum ditetapkan saat berita ini diturunkan.


Sebagai info, Dealer Wing adalah sebutan Dealer Honda yang menyediakan motor kelas premium seperti CBR250RR, PCX150, CRF250L Rally. Namun, karena berkonsep shop ini shop (beberapa toko dalam satu atap), Dealer Wing Honda tidak hanya menyediakan motor premium saja, tetapi motor kelas reguler juga tersedia di sana, terkecuali motor kapasitas mesin besar atau Big Bike Honda yang hanya bisa didapatkan di Dealer Big Wing Honda.


Spesifikasi & Fitur Utama

Mesin 4-langkah berpendingin udara, dengan Single Overhead Camshaft (SOHC).


Honda CT125 dibekali dengan mesin 125cc, PGM-FI, 4 langkah dan berpendingin udara. Mesin ini memiliki bore dan stroke 52.4 x 57.9mm dengan rasio kompresi 9.3:1. Tenaga maksimal yang dihasilkan adalah 6.5kW dicapai pada rpm 7.500 dan torsi maksimal sebesar 11 Nm pada rpm 4.500.

Dilengkapi kick starter sesuai peruntukan light off-road.


"Spesifikasi mesin ini sama dengan C125. Hanya saja bedanya pada starter. Untuk CT125, selain menggunakan electric starter seperti C125, juga dilengkapi kick starter. Dan karena itu CT125 menggunakan dipstick untuk kontrol oli mesin. Ini yang membedakan dengan C125," tunjuk Muslimin.

Kapasitas tangki lebih besar untuk keperluan menjelajah jarak jauh.


Selain itu, Karena digunakan untuk beragam activity, termasuk kegiatan outdoor, maka CT125 dilengkapi kapasitas tangki bahan bakar yang lebih besar, yakni 5,3 liter, jika dibandingkan C125, yang hanya 3,7 liter.

Dibandingkan C125, CT125 memiliki ground clearance lebih tinggi, dimensi lebih besar, jarak wheelbase lebih panjang, dan bobot lebih berat.


Perbedaan lain juga pada ground clearance CT125 yang lebih tinggi, yakni 165 mm, sementara C125 136 mm. "Ini sesuai peruntukan CT125 yang merupakan kendaraan semi off-road. Dan karena itu juga dilengkapi knalpot melintang ke atas yang dilengkapi heat protector pada muffler sehingga aman untuk kaki. Dengan posisi filter yang juga lebih tinggi, maka CT125 ini relatif aman lebih aman menerjang genangan air," jelas Muslimin sambil menambahkan, CT125 menggunakan sistem penggerak rantai berkode 428 yang sama dengan motor sport.

"Jadi cukup besar jika dibandingkan umumnya motor bebek yang dengan kode 420."

Dilengkapi dengan spidometer digital.


Fitur utama CT125 di antaranya adalah, semua lampu depan-belakang, dan sein sudah menggunakan LED, dengan spidometer digital. Untuk sistem pengereman, CT125 dilengkapi rem depan belakang cakram hidrolis.

Juga tersedia aksesori yang dijual secara terpisah.


"Sistem pengereman ini sudah menggunakan ABS 1 channel, yakni untuk rem depan saja," info Muslimin sambil menambahkan fitur CT125 yang didatangkan secara CBU (completely built-up) di Indonesia ini sama dengan Thailand. "Perbedaan hanya pada CT125 yang dipasarkan di di Jepang, Australia, dan Amerika, yang sudah dilengkapi side stand switch atau indikator standar samping.


Teks: Indramawan

Foto: AHM

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.