• Editor

Begawi Autofest 1.0 Jadi Awal Pesta Tahunan Otomotif Lampung


Itulah keinginan yang coba diwujudkan Forum Otomotif Lampung (FOL) sebagai paguyuban komunitas otomotif yang ada di propinsi paling selatan di Pulau Sumatra ini. Diharapkan dengan adanya pesta tahunan ini, insan otomotif di Lampung punya sarana kreatif dan sekaligus membentuk citra postif otomotif setempat di kancah nasional.

"Itulah yang jadi keinginan teman-teman, dan akhirnya kami coba wujudkan dengan menggelar Begawi Autofest untuk yang kali pertama ini," buka Riga selaku Ketua Umum Forum Otomotif Lampung (FOL) saat berbicara dengan OTOPLUS-ONLINE selaku media partner kegiatan yang digelar di Ramayana Robinson Rajabasa (30/11/2019) ini.

Nama Begawi sendiri dipilih karena punya makna suatu pekerjaan atau membuat gawi (gawe). "Selain itu, Begawi juga adalah nama upacara adat masyarakat Lampung. Dari sini kami putuskan pakai nama Begawi Autofest karena kegiatan ini juga bertujuan untuk menggairahkan pariwisata di Lampung," jelas Riga.

Dengan mengusung autocontest sebagai kegiatan utama, insan otomotif Lampung menyambut hangat festival ini. Sebab sudah sekian lama mereka rindu akan event kontes otomotif skala nasional yang belakangan ini menghilang di kota Bandar Lampung.

“Karena itu penjurian dan kemasan acara jadi perhatian terbesar kami," terang Roby dan Gaman dari Tiyuh Project selaku pelaksana acara. Ditambahkannya, khusus event ini mereka menghadirkan juri berlisensi yang terbiasa terlibat dalam kontes skala nasional. "Diharapkan mereka bisa memberi impact dan masukan positif bagi para kontestan karena event ini direncanakan sebagai hajat tahunan otomotif Lampung,” imbuh Roby.

Sekitar seratus peserta mengikuti kontes ini. Bahkan ada salah satu peserta, yaitu Heriglass yang jauh-jauh dari Bengkulu ikut berkompetisi. “Luar biasa animo klub dan komunitas yang sudah berkompetisi secara kreatif dalam memodifikasi mobilnya. Ternyata Lampung tidak kalah dengan kota–kota besar lainnya. Bahkan beberapa kontestan sudah biasa ikut kompetisi nasional sebelumnya. Tentu saja show up-nya selalu variatif,” ujar Thofan dan Widy perwakilan FOL yang memonitoring event.

Tidak hanya menampilkan deretan mobil-mobil keren, acara juga diisi otogames seperti car limbo, damn low, engine rave dan hiburan-hiburan #LokalLampungKeren dipandu Host bawel Amel dan Basith, band performance Sepeda Mini, DJ Dicky dan VJ Billa. Makin pecah dengan hadirnya Dance & Lady Car Wash Red Devils.

Selamat kepada para pemenang dan sampai jumpa di Begawi Autofest FOL seri selanjutnya tahun depan.


Naskah: Indramawan

Foto: FOL