top of page
  • Gambar penulisEditor

Begini Lho Performa Ayla Turbo Sesungguhnya

Setelah dipamerkan di GIIAS Surabaya 2019 (29/3-7/4), tim Research & Development Astra Daihatsu Motor mengajak awak media untuk merasakan impresi Daihatsu Ayla Turbo di sirkuit GOR Bung Tomo, Surabaya (10/4).

Sirkuit GOR Bung Tomo, Surabaya jadi lokasi test drive Ayla Turbo untuk awak media.

Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor.

“Melalui event ini kami ingin rekan-rekan media dapat merasakan performa sesungguhnya dari Daihatsu Ayla Turbo. Kalau saat bermanuver terasa ajrut-ajrutan itu wajar karena ini mobil untuk kompetisi,” kata Soni Satriya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor.


Sayangnya pada kesempatan itu, awak media tidak diberi kesempatan mengemudikan sendiri melainkan jadi penumpang. Sayangnya lagi, kesempatan yang diberikan hanya 1 putaran.


Anyway okelah, toh driver yang didapuk jadi joki adalah Andi Barata, pebalap nasional yang sudah lama malang melintang di ajang balap mobil nasional.


Lepas start, akselerasi terasa instan. Tubuh serasa dihempas ke sandaran jok. Klaim tenaga 200 ps terasa masif saat berakselerasi. Gak kalah dengan performa VW Golf GTi.



OTOPLUS-ONLINE merasakan langsung performa Ayla Turbo yang dibesut Andi Barata, pebalap nasional.

Improvement pada konstruksi bodi serta upgrade pada sistem suspensi dan kaki-kaki berperan pada peningkatan kemampuannya bermanuver. Meski Andi melakukan late braking hingga masuk tikungan, mobil ini tampak patuh mengikuti kemauan pengemudi dan tidak kesulitan ketika bermanuver menaklukkan tikungan demi tikungan.

Overall, impresi kami positif pada Ayla Turbo Concept hasil rancang bangun ADM ini. Memang ada gejala brebet dari mesin dan mengayun pada suspensi belakang. Mengenai hal itu Soni menuturkan bila hal itu akibat setting mesin dan suspensi yang kurang sesuai.

“Kami belum sempat melakukan survei lintasan GOR Bung Tomo, saat pertama kali mengetahuinya kami surprise ternyata lintasannya pendek, sementara setting mesin dan suspensi diset untuk menaklukan trek-trek panjang,” ujar Soni.


Naskah & foto : Nugroho Sakri Yunarto

 

bottom of page