• Editor

Begini Rasanya Jajal Raja LCGC, New Astra Daihatsu Sigra Deluxe R A/T


  • Daihatsu Sigra menjadi LCGC terlaris saat ini

Hingga bulan Juli 2019, Daihatsu Sigra berhasil meraih penjualan sebanyak 29.980 unit dan menjadi LCGC terlaris saat ini. Raihan ini membuat Sigra mengungguli Honda Brio Satya (28.993 unit), Toyota Calya (27.055 unit), Daihatsu Ayla (14.941 unit), Toyota Agya (14.173 unit), Suzuki Wagon R (2.699 unit) dan Datsun Go+ & Go (2.647 unit).

  • Versi minor change Sigra diperkenalkan September lalu

Pertengahan September lalu, PT Astra Daihatsu Motor meluncurkan versi minor change Sigra. Apa saja sih yang berubah dan bagaimana impresi berkendaranya? Simak ulasan berikut.


Impresi Berkendara

  • Semuanya masih berasa Sigra lama

Tak ada yang berubah. Kesan itu langsung kami simpulkan setelah mencobanya selama dua hari menapaki jalanan kota Surabaya. Semuanya masih berasa Sigra lama.

  • Mesin 1.197 cc bertenaga 88 ps. Penyaluran tenaga di varian bertransmisi otomotis terasa kalem khususnya ketika putaran mesin masih di bawah 2.500 rpm

Posisi berkendara, karakter kemudi, karakter suspensi dan performa mesin, all still the same. Namun dari sisi kenyamanan, hadirnya rona abu-abu menciptakan kesan lebih lega di interior.

  • Layout dan material dasbor masih sama

Selain itu, klaim pembenahan pada sektor NVH (Noise Vibration Harness) membuat kabin Sigra lebih kedap. Berkurangnya suara deru roda saat melaju kencang jadi tanda adanya pembenahan tersebut.

  • Warna jok sekarang lebih terang, memberi kesan lebih luas

Untuk memudahkan pengoperasian khususnya bagi kaum hawa yang banyak juga mengandalkan mobil ini sebagai kendaraan sehari-hari, ditanam kamera mundur yang sudah dilengkapi dengan tampilan garis pandu pada monitor.


Penambahan Fitur Fungsional

New Astra Daihatsu Sigra dikembangkan dari feedback konsumen. Input yang didapat Astra Daihatsu Motor, para pemilik Sigra menginginkan improvement di beberapa sektor, seperti desain lebih baik, ekonomis terkait harga, lebih praktis secara fungsional, nyaman serta kemudahan ketika parkir.

  • Dilengkapi fitur kamera mundur untuk kemudahan ketika parkir

“Atas dasar masukan tersebut Astra Daihatsu Motor melakukan improvement lewat penyegaran desain, pengembangan feature, penambahan service package,” kata Tri Mulyono, Marketing Planning & Sales Operation Support PT Astra International Daihatsu Sales Operation saat peluncuran New Astra Daihatsu Sigra di Surabaya (18/9).

  • Head unit touch screen yang dilengkapi dengan kamera mundur

Di sisi fitur, pada area interior paling mencolok tampak pada bergantinya head unit menjadi model monitor touch screen 7 inci yang sudah dilengkapi dengan fitur kamera mundur untuk kemudahan ketika parkir. Kemudahan parkir juga diakomodir dengan hadirnya fitur auto rectractable outer mirror (varian R).

  • Spion luar di varian R dapat dilipat secara elektris

Sementara peningkatan aspek fungsional diwujudkan dengan penambahan konsol untuk meletakkan ponsel yang posisinya berada di bawah kolom A/C dan tuas transmisi.

  • Versi otomatis di varian X dan R

  • Sistem A/C masih single blower, hanya kenop A/C berubah bentuk dan warna

  • Ada penambahan konsol kecil untuk meletakkan ponsel

Selain itu, juga ada tambahan back seat pocket di sisi bagian belakang jok pengemudi dari yang tadinya hanya ada di sisi bagian belakang penumpang depan juga underseat tray di sisi bangku penumpang depan.

  • Sudah mengadopsi sistem pencahayaan LED

Improvement di sisi eksterior terkait aspek fungsional tampak pada diadopsinya sistem pencahayaan LED, penambahan mudflaps dan redesain bumper yang selain meningkatkan sisi estetika juga keamanan.

  • Selain redesain total, bumper juga lebih mancung 4 cm

  • Motif pelek berubah dengan warna paduan hitam dan polished

  • Di Sigra, sistem rem ABS hanya ada di varian R bertransmisi otomatis

  • Mudflaps, bisa nih diadopsi untuk pemilik Sigra lama


Lebih Kedap

Aspek kenyamanan juga ikut ditingkatkan dengan peningkatan pada sisi NVH (Noise Vibration Harness). Sigra baru terasa sedikit lebih kedap. Intrusi suara luar tidak seheboh versi sebelum minor change, khususnya intrusi dari suara roda yang di versi sebelumnya cukup mengganggu.

  • Intrusi suara luar tidak seheboh versi sebelum minor change

Memang belum sekedap medium MPV seperti Toyota All New Kijang Innova, All New Nissan Serena atau Toyota Voxy, tapi sudah cukup baik untuk sebuah LCGC.


Headlamp LED

Perubahan tak hanya menjamah desain headlamp, dimana sekarang desainnya makin menyerupai New Daihatsu Xenia tapi juga menyentuh sumber pencahayaannya yang kini menggunakan LED (kecuali varian D).

  • Sigra baru dengan lampu utama LED (kiri) dan Sigra lama dengan lampu utama halogen (kanan)

Kami bandingkan dengan Sigra lawas, cahaya yang dihasilkan memang lebih putih namun kemampuannya menerangi jalan aspal berwarna hitam pekat masih terasa kurang maksimal. Apalagi jika dipakai ketika hujan. Pencahayaan LED baru terasa efektif ketika dipakai menerangi jalanan dengan permukaan beton yang berwarna lebih terang.


Konsumsi Bahan Bakar

  • Panel indikator tidak ada perubahan desain

Selama dua hari mobil ini kami gunakan di rute pemakaian normal dalam kota Surabaya dengan kondisi lalu lintas yang padat, konsumsi bahan bakar rata-rata yang ditampilkan MID-nya menunjukkan angka 12,8 - 12,9 km/liter.


Untuk menjaga konsumsi BBM efisien, kami berusaha menjaga indikator Eco selalu menyala. Sedangkan untuk pemakaian di tol dengan kecepatan konstan 90 km/jam konsumsi bahan bakarnya bisa mencapai 16,7 km/liter.

  • Saat melaju 100 km/jam, rpm menunjukkan angka 3.000, lebih rendah 100 rpm dari versi manualnya

Dari pengalaman kami dengan Sigra lama, konsumsi BBM Sigra paling efisien ketika melaju konstan pada kecepatan 80 – 90 km/jam, konsumsinya bisa mencapai 17,1 km/liter (transmisi manual).


Naskah & foto : Nugroho Sakri Yunarto