• Editor

Belum Seminggu, Penginden Kawasaki Ninja ZX-25R Di Surabaya Sudah Antre


“Paling cepat, konsumen akan mendapatkan unitnya dalam 3 bulan.” (Jefry Chandra - GM PT Surapita Unitrans)

Seperti diperkirakan sebelumnya, animo masyarakat Surabaya terhadap Kawasaki Ninja 250 4 silinder sangat luar biasa. Belum sampai seminggu sejak diluncurkan, PT Surapita Unitrans, main dealer Kawasaki Jatim, NTT dan Maluku sudah menerima tambahan penginden sebanyak 20 orang.

Kawasaki membuka babak baru motor sport 250 cc di Indonesia.


Tambahan itu menambah panjang antrian calon pemilik ZX-25R menjadi 70 orang. “Paling cepat, konsumen akan mendapatkan unitnya dalam 3 bulan,” tukas Jefry Chandra, GM PT Surapita Unitrans.

Roda belakang dikawal fitur KTRC (Kawasaki Traction Control), motor pertama di kelas 250 cc yang dibekali fitur traction control.


Diakui Jefry kalau konsumen sangat menantikan produk ini karena konfigurasi mesin 4 silinder segarisnya. Ninja ZX-25R dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas bersih 249 cc yang dikembangkan dari mesin Ninja ZX Supersport lainnya.

Power Mode, disetel melalui switch ini.


Tenaganya mencapai 51 ps (dengan RAM Air)/50 ps (tanpa RAM Air), angka tenaga ini merupakan yang terbesar di kelasnya. Mesin ini mampu berkitir hingga 17.000 rpm.

Varian SE dibekali fitur KQS (Kawasaki Quick Shift) memungkinkan perpindahan gigi naik atau turun dilakukan sangat cepat tanpa perlu mengoperasikan tuas kopling.


“Bahkan ada beberapa pemilik moge dua silinder yang kepincut dan ingin turun kelas setelah mendengar lengkingan suaranya,” ujar Jefry sembari mengatakan bahwa khusus untuk 50 penginden pertama ZX-25R di Surapita berhak mendapatkan free nano coating senilai Rp 3 juta dan layanan 24-Hours Kawasaki Road Service yang berlaku selama setahun.

Ninja ZX-25R menggunakan rangka trellis yang dikembangkan dari ZX-10R. Desain rangka baru ini memberikan ketenangan tingkat tinggi dan feedback yang baik kepada pengendara khususnya ketika memasuki tikungan.


Awalnya Ninja ZX-25R akan diperkenalkan secara nasional pada 4 April 2020, pemilihan tanggal tersebut mengacu pada jumlah silinder Kawasaki ZX-25R. Apa nyana, pandemi Covid-19 memaksa Kawasaki Motor Indonesia untuk menunda peluncurannya.

  • Sok depan menggunakan tipe SFF-BF (Separate Function Fork-Big Fork) dengan diameter as berukuran 37 inci yang sanggup mengakomodir penggunaan baik harian ataupun saat beraksi di sirkuit.

  • Konstruksi sok belakang juga meniru ZX-10R. Kawasaki menamakannya Horizontal Back Link Suspension. Konstruksi suspensi ini menawarkan karakter progresif yang diperlukan untuk pengendalian motor tipe sport.

Akhirnya setelah Jakarta, Kawasaki ZX-25R menyusul diluncurkan di Surabaya. Unveiling sosoknya dilakukan di dealer Surapita Unitrans Jemursari, Surabaya (18-19/8).

  • Cakram depan berukuran 310 mm yang dijepit kaliper rem model radial mount monoblock.

  • Jok berjarak 785 mm dari permukaan tanah.

  • Side air duct, selain menguatkan garis agresif dari Ninja ZX-25R juga berguna untuk membantu pendinginan mesin dan meningkatkan aspek aerodinamika.

Kawasaki ZX-25R hadir dalam dua pilihan varian, Standard dan Special Edition. Untuk varian Standard hanya ada 1 pilihan warna yakni Metallic Spark Black. Varian ini dipasarkan dengan harga Rp 99,8 juta (OTR Surabaya).

  • Knalpot model underbelly dengan lubang exhaust berdiameter besar. Menciptakan centre gravity yang rendah sehingga meningkatkan aspek pengendalian.

  • RAM Air Duct System diadopsi dari keluarga ZX. Sistem ini secara signifikan meningkatkan asupan udara yang dibutuhkan ketika mesin perlu mengeluarkan segenap performanya.

Sementara varian Special Edition yang ditawarkan dalam 3 pilihan warna, Lime Green/Ebony, Candy Plasma Blue/Metallic Spark Black dan Metallic Spark Black/Pearl Flat Stardust White dijual dengan harga Rp 118,8 juta (OTR Surabaya).

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto