• Editor

Bengkel Chopper di Jakarta Ini Sukses Merestorasi DKW Hummel 50cc 1952

Selain Jawa 250cc 1956, Tedja Widjaja dari Imagineering Customs juga sukses merestorasi Das-Kleine-Wunder asal Jerman ini.

OTOPLUS-ONLINE I Trend restorasi rupanya telah berkembang ke mana-mana. Bahkan Tedja Widjaja dari Imagineering Customs yang sebelumnya identik dengan custombike Harley-Davidson beraliran chopper, bobber, dan terutama bagger pun, kini ikut bermain mengkoleksi motor klasik.

"Iya tuh.... Saya sekarang lagi pengin mengkoleksi motor-motor klasik berbagai merek," buka pria bertubuh tegap tersebut yang juga mengkoleksi Jawa 250cc 1956 buatan Ceko.

"Motor ini saya restorasi... saya balikin seperti versi orisinalnya dulu. Tidak dicustom," ujar Tedja sambil menunjuk DKW (singkatan: Das Kleine Wunder atau Little Wonder) tipe Hummel 1952 warna biru.

Untuk itu rangka dan semua body parts dikembalikan seperti kondisi awal ketika keluar dari pabriknya. "Body motor dikupas catnya sampai bare metal. Terus kita lihat bagian mana saja yang ada karat. Setelah ketemu, kita perbaiki dan dicat kembali," ujar Tedja menceritakan secara singkat proses restorasi yang dilakukannya.

Begitu pula untuk mesin yang sebisa mungkin dikembalikan seperti semula, "Performa motor setelah direstorasi, body dan mesinnya menyerupai kondisi awal. Lumayanlah seperti baru keluar dari pabrik," tutur Tedja yang butuh waktu 6 bulan untuk menyelesaikan restorasi ini, dengan aksesori dan parts yang kebanyakan didapat dari lapak-lapak yang ada di Bandung.

Balik lagi, Proses tersulit justru pada saat pemilihan warna. "Antara warna orisinal telur asin atau biru langit. Akhirnya saya pilih warna biru langit dikarenakan saya belum punya motor warna biru," senyum Tedja yang menyebut motor ini DKW Belalang karena bentuknya serupa.


Data modifikasi

Merek: DKW Tipe: Hummel Mesin: genuine DKW 50 CC Tahun: 1952 Workshop: Imagineering Customs

IG: imagineering.customs