• Editor

Berkendara Audi A6 Terbaru Seperti Mengudara di Kelas Bisnis

“The All-New Audi A6 akan memberikan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan rival di kelasnya. (Andrew Nasuri - Presiden Direktur PT GMM)

Garuda Mataram Motor membawa dua model ke pasar Indonesia yakni Audi A6 2.0 TFSI, dan Audi A6 3.0 TFSI quattro.


Seakan tak terpengaruh kondisi pandemi, The All-New Audi A6 tetap melenggang manis, mengaspal di pasar otomotif roda empat tanah air. Dengan memboyong dua model, yakni Audi A6 2.0 TFSI dan 3.0 TFSI quattro.


Adapun perkenalan The All-New audi A6 dilakukan secara virtual beberapa waktu lalu, melalui tayangan video produk, pada sejumlah media sosial resmi dari PT Garuda Mataram Motor (GMM), selaku Agen Pemegang Merek (APM) Audi di Indonesia.

The All-New Audi A6 siap mengaspal di Tanah Air.


The All-New Audi A6 generasi ke-8 dari sedan full-size lansiran Ingolstadt, Jerman ini digadang-gadang menyuguhkan tampilan yang semakin sporty, namun tetap kental akan nilai-nilai elegan.


Mobil premium ini diakui GMM juga menawarkan berbagai inovasi terdepan di kelasnya, baik dalam hal digitalisasi, kenyamanan dan sportivitas. “The All-New Audi A6 akan memberikan pengalaman berkendara istimewa yang tak ditawarkan rival di kelasnya,” jelas Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT GMM.


Dikatakan Andrew, keunggulan akan nilai-nilai inovatif ditawarkan melalui penggunaan Multi Media Interface (MMI) terbaru dengan berbagai kemudahannya. Di samping desain yang sporty tanpa meninggalkan kesan elegan, serta keunggulan rekayasa teknologi yang menjadikan mobil ini ibarat sebuah kemewahan kelas bisnis.

Dirancang untuk mempermudah pengemudi.


Tampaknya MMI menjadi salah satu nilai jual utama dari Audi A6 terbaru ini. Canggihnya perangkat dengan sistem respon sentuh yang beroperasi secara full digital ini, hadirkan standar baru dalam hal pengoperasian yang intuitif.

Melalui kemampuan dipersonalisasi lebih luas dan pintar, mobil ini dirancang untuk mempermudah pengemudi. Seluruh fungsi yang diperlukan bisa diposisikan di layar MMI sesuai keinginan, hanya dengan drag-and-drop seperti biasa dilakukan di smartphone.


Sebagai pusat infotainment, MMI memiliki layar tampilan di bagian atas untuk hiburan dan navigasi berukuran 10,1 inci, serta 8,6 inci di bagian bawah. Termasuk layar Audi Virtual Cockpit 12,3 inci sebagai panel instrumen di balik lingkar kemudi. Sementara pada konsol tengah untuk kendali penyejuk kabin dan berbagai fungsi pengaturan lainnya.


Teknologi mild-hybrid terbaru dimiliki pula oleh model ini. Menggunakan belt alternator starter (BAS), yang bekerja bersama-sama baterai lithium-ion kapasitas 10 Ah. All-New Audi A6 dapat menjelajah tanpa mesin menyala, pada kecepatan 55 hingga 160 km/jam.


Fungsi start-stop akan dimulai pada kecepatan 22 km/jam. Mesin akan mulai menyala dari kondisi diam, segera begitu kendaraan di depannya mulai bergerak. Saat deselerasi, BAS akan kembalikan energi hingga 12 kW. Riilnya, teknologi mild-hybrid dapat menghemat konsumsi bahan bakar hingga 0,7 L/100 km.


Melongok kabin, Audi A6 terbaru suguhkan atmosfir menenangkan, terutama saat perjalanan panjang. Ruang kabin lapang, dilengkapi banyak fitur penunjang kenyamanan, serta tingkat kebisingan minimal memanjakan pengguna. Berkat hambatan angin yang minim dengan nilai cd 0,24, mobil ini juga menyuguhkan pergerakan halus dan minim suara angin.

Berkendara All-New Audi A6 seperti mengudara di kelas bisnis.


Apalagi dengan teknologi aerocoustics, penggunaan kaca mobil akustik menjadikan kabin di dalamnya juga hening. Membuat pengemudi dan penumpang seakan berada di kabin kelas bisnis.


Terdapat dua pilihan paket pencahayaan di dalam kabin, yaitu ambient lighting package dan contour ambient lighting package. Keduanya secara lembut menganimasikan ruang, volume, dan material yang ada di dalam kabin.

Lampu ambient membuat dashboard dan konsol tengah tampak seperti mengambang. Sementara lampu kontur secara tegas mereproduksi garis-garis arsitektur interior yang dapat diatur hingga 30 warna berbeda.


Soal akomodasi, bagasi menawarkan ruang lebih luas berkapasitas 530L. Mampu mengangkut dua tas golf besar secara horizontal. Kemudahan elektris dalam proses buka-tutup bagasi cukup dengan gerakan menendang di dekat bumper belakang.


Atap kaca panoramic pada A6 3.0 TFSI quattro menambah kesan luas ruang kabin. Dan pengemudi juga dapat memilih mode pengendaraan lebih dinamis, melalui Audi Drive Select yang akan mengatur semua seting suspensi dengan pilihan comfort, auto dan dynamic.


Mudah bermanuver di tengah kota, sporty di jalanan luar kota serta tenang dan nyaman di jalan bebas hambatan, The All-New Audi A6 menggunakan suspensi five-link di depan dan bahan aluminium di belakang.


Kedua sub-frame ini, rigid di bagian depan dan dengan dudukan hidrolik di bagian belakang, menghubungkan roda dengan bodi. Jarak pijak depan memiliki lebar 1.630 mm dan belakang 1.617 mm.


Di bagian roda, Audi A6 2.0 TFSI mendapatkan velg alloy size 8Jx18 inci bergaya multi-spoke, berbalut ban 225/55 R18. Sementara A6 3.0 TFSI quattro mendapatkan velg alloy 8,5J x 20 inci model 5-spoke V-style berlapis warna Contrast Gray berbalut ban 255/40 R20.


Mengenai mesin dan transmisi, mesin V6 3.0 liter TFSI berbahan bakar bensin pada Audi A6 3.0 TFSI quattro mampu menggulirkan tenaga puncak 340 HP dan torsi maksimal 500 Nm. Mesin ini juga mampu mendorong Audi A6 3.0 TFSI berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 5,1 detik dengan kecepatan puncak dibatasi 250 km/jam. Seluruh daya yang dihasilkan pada mesin Audi A6 disalurkan ke sistem penggerak empat roda khas Audi, melalui transmisi otomatis 7-speed S tronic.


Untuk A6 2.0 TFSI, mesin 4-silinder segaris 2,0 liter berbahan bakar bensinnya mampu hasilkan 190 HP dan torsi maksimal 320 Nm. Audi A6 bermesin 2.0 liter ini mampu berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik. Dalam hal efisiensi, kedua model memiliki konsumsi bahan bakar kombinasi sebesar 7,1 – 6,7 liter/100km. Sementara emisi CO2 yang dihasilkan hanya 161 – 151 g/km.

A6 jadi salah satu duta tampilan bahasa desain terbaru Audi.


Seperti halnya model A8 dan A7 Sportback, A6 menjadi salah satu duta tampilan bahasa desain terbaru Audi. Dengan sosok yang kuat, sudut-sudut tajam dan garis yang tegas, sedan pebisnis ini secara jelas menunjukkan karakternya: sporty elegan, berteknologi tinggi dan canggih.

Grille Singleframe yang lebar dan rendah, lampu utama yang rata, serta lubang udara yang tampak kekar mempertegas tampilan sporty-nya.


Dimensi A6 adalah panjang 4.929 mm, yang berarti 7 mm lebih panjang dari generasi sebelumnya. Lebarnya bertambah 12 mm menjadi 1.886 mm dan tingginya 1.457 mm, atau bertambah 2 mm dibanding sebelumnya. Grille Singleframe yang lebar dan rendah, lampu utama yang rata, serta lubang udara yang tampak kekar mempertegas tampilan sporty-nya.

Bagian belakang mobil juga turut mengoptimalkan aerodinamika.


Pada bagian sisi, terdapat tiga garis tegas, yang secara visual menampilkan mobil yang tampak rendah. Kontur kuat di atas lengkungan roda seakan memperkokoh gen quattro di balik badannya. Garis atap tegas dan menurun di pilar-C memperkuat siluetnya. Kurva di bagian belakang mobil juga turut mengoptimalkan aerodinamika.


Audi suguhkan lampu utama LED, dengan lima garis horizontal termasuk Daytime Running Light (DRL) sebagai ciri khas yang memperkuat lebar bagian depan. Tersemat pula Headlamp Washer, memastikan pencahayaan ke depan selalu dalam kondisi prima. Lampu belakang menggunakan kombinasi LED desain agresif, dan sein dynamic indicator yang menegaskan kesan modern. Aksen krom 3D juga tampak menghubungkan kedua lampu belakang.


Harga yang ditawarkan untuk kedua model The All-New Audi A6 di pasar Indonesia masing-masing Rp1,49 miliar dan Rp1,95 miliar on the road.


PT GMM memasarkan The All-New Audi A6 dengan enam pilihan warna eksterior, yaitu Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue. Serta dua pilihan warna di interior, yakni Black dan Okapi Brown. Untuk harga, The All-New Audi A6 2.0 TFSI dibanderol Rp 1,49 miliar, dan versi A6 3.0 TFSI quattro dipasarkan Rp 1,95 miliar (on the road DKI Jakarta).


Teks: Setiawan AS

Foto: Audi Indonesia (PT GMM)