• Editor

Biden Ganti 650.000 Armada Federal Dengan Kendaraan Listrik

Akan bangun 550.000 stasiun pengisian daya kendaraan listrik dan membelanjakan lebih banyak untuk penelitian energi bersih.

OTOPLUS-ONLINE I Diberitakan Reuters setelah resmi dilantik menjadi presiden Amerika Serikat, Joe Biden berencana akan mewujudkan janjinya untuk mengganti armada kendaraan pemerintah AS yang berjumlah sekitar 650.000 unit dengan kendaraan listrik mendukung fokusnya ke energi bersih. Selama kampanye, Biden berjanji untuk "membuat komitmen federal yang besar untuk membeli kendaraan bersih untuk armada federal, negara bagian, suku, pos, dan lokal."


Sebagai informasi, pada 2019, pemerintah AS memiliki 645.000 kendaraan yang dikendarai 4,5 miliar mil (7,2 milyar kilometer) yang mengkonsumsi 375 juta galon (1,4 milyar liter) bahan bakar bensin dan solar, menurut Administrasi Layanan Umum (GSA). Pemerintah AS menghabiskan US$ 4,4 miliar untuk biaya kendaraan federal pada 2019, kata GSA.

  • Akan ada penambahan 550.000 charging station baru

Dari data kendaraan pemerintah AS, hanya 3.215 yang merupakan kendaraan listrik pada Juli 2020, kata GSA. "Pemerintah federal juga memiliki armada kendaraan yang sangat besar, yang akan kami gantikan dengan kendaraan listrik bersih yang dibuat di Amerika oleh pekerja Amerika," kata Biden, Senin (25/1).


Untuk mewujudkan rencana tersebut diperkirakan setidaknya perlu biaya US$ 20 miliar lebih. Biden mengkritik aturan yang ada yang memungkinkan kendaraan dianggap buatan AS saat dibeli oleh pemerintah AS meskipun mereka memiliki komponen buatan non-Amerika yang signifikan. Biden mengatakan dia akan menutup "celah" yang memungkinkan suku cadang utama seperti mesin, baja dan kaca diproduksi di luar negeri untuk kendaraan yang dianggap buatan AS.


Dengan menutup celah tersebut, Biden juga berjanji untuk menciptakan 1 juta pekerjaan baru di industri otomotif Amerika, rantai pasokan mobil domestik, dan infrastruktur otomotif, mulai dari suku cadang hingga material hingga stasiun pengisian kendaraan listrik.


Mengenai kapan rencana penggantian kendaraan itu akan diwujudkan Gedung Putih tidak segera menjawab pertanyaan tentang selama periode apa Biden berencana mengganti kendaraan saat ini. Perintah eksekutif "Beli Amerika" Biden yang ditandatangani Senin (25/1) tidak mengarahkan pembelian kendaraan listrik.

  • Mobil listrik buatan Amerika yang kemungkinan bakal digunakan, Tesla Model 3, Ford Mustang E-Mach, dan Chevrolet Bolt EV

Untuk mendukung program energi bersih tersebut Biden mendukung rabat konsumen baru untuk mengganti kendaraan lama yang kurang efisien dengan kendaraan listrik yang lebih baru dan insentif bagi produsen untuk membangun atau memperlengkapi kembali pabrik untuk merakit kendaraan listrik dan suku cadang. Biden juga berjanji untuk membangun 550.000 stasiun pengisian daya kendaraan listrik dan membelanjakan lebih banyak untuk penelitian energi bersih.


Untuk diketahui, selain Tesla masih ada beberapa mobil listrik buatan Amerika seperti Chevrolet Bolt EV yang merupakan top selling EV di Amerika, Ford Focus Electric, Ford Mustang Mach-E sampai produsen baru seperti Polestar dan Rivian.


Teks : Nugroho Sakri Yunarto

Foto : GSA.Gov, Tesla, Ford, Chevrolet