• Editor

Bikers Surabaya Suarakan Persatuan Dalam Gerakan Mods vs Rockers


Di penghujung tahun 2019 ini, komunitas pecinta roda dua di Surabaya menggelar kegiatan yang sarat dengan pesan-pesan keguyuban, yakni Mods vs Rockers.

Tidak seperti sejarahnya di Inggris yang penuh dengan provokasi dan permusuhan, movement Mods vs Rockers di Surabaya yang diinisiasi oleh Manasi Ride ini justru bertujuan untuk menyatukan beragam pecinta motor dari semua latar belakang. “Mau pecinta scooter, café racer, atau motor custom, semua berkumpul jadi satu,” buka Agung DK dari Manasi Ride.

Sekedar info, Mods dan Rockers adalah subkultur yang muncul di Inggris pada awal 1960 – 1970-an. Kedua kelompok ini masing-masing punya identitas yang berbeda. Kalau kelompok Mods identik dengan fashion dan scooter, dengan kiblat musik pada soul, R&B, atau ska, maka kelompok Rockers lebih kental dengan musik rock & roll beserta atributnya. Mulai dari motor, jaket kulit, sepatu boots hingga potongan rambut.

Pada perjalanannya, dua kelompok remaja ini saling berseteru dan kerap terlibat perkelahian hingga puncaknya tahun 1964. Karena itulah, Mods dan Rockers diidentikkan dengan kekerasan dan pembuat onar.

Oleh komunitas pecinta motor di Surabaya (dan juga beberapa kota lain), subkultur ini kemudian diadopsi, namun ‘dimodifikasi’ sehingga justru berubah menjadi gerakan persatuan.

“Gerakan ini sebenarnya kami mulai tahun 2013 lalu dengan menggelar Mods vs Rockers yang pertama,” lanjut Agung. Namun diakuinya, tidak mudah untuk menyatukan komunitas motor yang sangat beragam, sehingga movement ini sempat vakum.

“Baru di penghujung tahun ini, kami ingin coba lagi dan syukurlah, respon teman-teman motor sangat baik. Dari hitungan kami sebelum acara riding bareng, ada sekitar 500 – 600 bikers yang ikut serta. Jumlah ini kemudian bertambah, karena banyak juga teman-teman yang lain ikut gabung saat riding,” kata Agung sambil menambahkan peserta datang tak hanya dari Surabaya, tapi juga Lamongan, Gresik Kediri, dan Malang.

“Bahkan ada juga teman dari Jakarta yang ikut hadir. Meskipun tidak bawa motor, tapi mereka tetap ikut riding pakai motor pinjaman di sini,” info Agung.

Selain riding, Mods Vs Rockers yang digelar di Colors Pub & Restaurant Surabaya (Minggu, 29 Desember 2019) ini juga dimeriahkan Talkshow dan Sharing Session, People's Choice Contest, Live Garage, dan acara hiburan yang berupa Special Performance by Dynamite Rockers and Spinning by Surabaya Soul Gang. Suasana makin guyub dengan BBQ Party, Gathering, dan Doorprize.

Naskah & Foto: Indramawan