• Editor

Bikin Kulit Imitasi Jok Terkesan Natural Dengan Semir Sepatu

Di beberapa media memang disebutkan agar tidak menggunakan semir sepatu untuk perawatan jok, karena jenis bahan kulit yang berbeda, sehingga dikhawatirkan malah mengotori celana. Namun Harsoyo Santoso alias Hongkingkong, builder asal Surabaya justru punya pengalaman beda.


“Hasil eksperimen saya, semir sepatu bisa untuk merawat jok!” buka Hongkingkong.

Lebih lanjut, pria yang mengibarkan bendera Hongkingkong Custom ini mengatakan, ide awal eksperimennya adalah, bagaimana supaya kulit oscar yang dipakai sebagai bahan jok bisa tampak seperti kulit asli. “Caranya adalah bagaimana memunculkan warna patina, sehingga kulit imitasi terkesan lebih natural,” lanjut Hongkingkong.


Sampai akhirnya, Hongkingkong membaca salah satu artikel pada majalah fashion yang berbasis di kota New York, yakni GQ (atau Gentlemen's Quarterly).


“Di majalah itu, tips yang diulas memang untuk sepatu kulit. Untuk mengeluarkan warna patina, sepatu warna hitam sebaiknya gunakan semir warna coklat. Tapi sebaliknya kalau sepatu kelir coklat, gunakan semir hitam. Nah tips ini saya coba terapkan untuk jok, dan ternyata bisa!” kisah Hongkingkong sambil menunjuk kerutan kulit jeruk pada jok oscar warna coklat, yang muncul setelah disemir warna hitam.


Soal kekhawatiran semir sepatu akan mengotori celana, Hongkingkong memberikan tips hasil eksperimennya. “Setelah jok digosok dengan semir sepatu, diamkan berapa menit supaya semir benar-benar kering sebelum dipakai. Dipapar ke matahari boleh atau cukup diangin-angin selama 10 - 15 menit. Setelah itu lap sampai bersih pakai lap kering. Nanti kalau masih ada bekas semir, lap lagi sampai benar-benar nggak ada ada bekas semirnya,” lanjut Hongkingkong. “Nah kalau sudah nggak ada lagi waktu dilap, pastinya semir enggak nempel lagi di celana kan?”


Hongkingkong juga menganjurkan, jurus ini bisa dipakai suka-suka. Atau paling tidak sebulan sekali. Tertarik?


Naskah & Foto: Indramawan



S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online