• Editor

Bisa Pacu Motor Lebih Agresif, Vinales Tercepat Pada Tes Qatar Hari Pertama

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Maverick Vinales menempati posisi teratas pembalap tercepat pada hari pertama (23/02) tes terakhir pra musim MotoGP 2019. Sebelumnya, secara silih berganti pembalap seperti Danillo Petrucci, Marc Marquez, dan Alex Rins mencetak fastest lap. Namun ketika sesi tes menyisakan waktu 1 jam, Vinales berhasil membuat catatan waktu tercepat 1 menit 55.051 detik pada lap 48 dari 50 lap yang diselesaikannya.

Vinales gembira karena bisa paksa motor lebih agresif mengikuti gaya balapnya.

“Sebenarnya lap time yang saya buat ini sama dengan tahun lalu. Hanya saja sekarang ini saya merasa lebih baik dengan motor. Saya bisa paksa motor lebih agresif mengikuti gaya balap saya,” puas Vinales yang berhasil menggeser catatan waktu tercepat pembalap Suzuki, Alex Rins dengan gap 0.108 detik.


Marquez sempat terjatuh di tikungan 16, tapi tampaknya tidak ada tanda-tanda insiden itu mempengaruhi pundaknya yang masih dalam tahap penyembuhan. Buktinya, Marquez masih bisa menaiki motornya dan kembali ke pit.

Sempat terjatuh Marquez memastikan kondisi fisiknya kembali normal.

“Jujur kita ada masalah pada setup motor, karena Yamaha dan Ducati saat ini sudah jauh di depan. Saya lihat hampir semua pembalap Honda bermasalah di sini. Kita seperti kehilangan feeling dengan motor," ujar Marquez yang kini merasa yakin bisa kembali dengan gaya balapnya setelah kondisi fisiknya membaik


Tes Qatar ini juga menjadi moment kembalinya Jorge Lorenzo ke trek, setelah harus absen pada tes Sepang awal Februari lalu, akibat cedera pada pergelangan tangan saat latihan pada Januari lalu.

Fisik Lorenzo masih lemah dan perlu banyak adaptasi karena 3 bulan tak pegang motor.

"Saat ini saya jauh tertinggal. Pertama karena kondisi fisik saya. Tiga bulan tidak naik motor MotoGP membuat saya kehilangan banyak hal. Ritme balap, kecepatan, dan mudah lelah meski saya terlihat kuat saat latihan fisik,” ujar Lorenzo ketika ditanya apa yang jadi sebab catatan waktunya terpaut cukup jauh, 2 menit dari pembalap tercepat, Vinales hingga harus puas di posisi 21.


Lorenzo menambahkan, dia masih belum merasa nyaman dengan motor. “Saat akselerasi, saya butuh support untuk membuat lengan saya lebih rileks. Pada tes hari pertama ini, saya banyak menghabiskan waktu untuk mencari tahu ada apa dengan karet jok karena pantat saya sering bergeser.”


Tes hari kedua akan berlanjut Minggu malam ini (jam 4 sore - 10 malam waktu setempat), dan berakhir pada Senin malam.


Naskah: Indramawan

Foto: MOTOGP.COM



© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.