top of page
  • Gambar penulisEditor

BMW M x Dorna Sports Rayakan Kemitraan Strategis di Mandalika

Kemitraan strategis BMW M dengan Dorna Sports selaku pemegang hak MotoGP™ dimulai sejak tahun 1999.

OTOPLUS-ONLINE I MotoGP™ 2023, Pertamina Grand Prix of Indonesia telah usai. Sebagai informasi, penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia yang diadakan pada 13-15 Oktober 2023 di Pertamina Mandalika Circuit menandai momen penting kerjasama strategis BMW M dengan MotoGP™ yang memasuki musim ke-25.


Kemitraan strategis dengan pemegang hak MotoGP™ Dorna Sports dimulai sejak tahun 1999.


“Kami bangga bahwa BMW M telah menjadi bagian penting dari MotoGP,” ungkap Jodie O’tania, Director of Communications BMW Group Indonesia.


Di ajang tersebut BMW M GmbH menghadirkan BMW M5 CS, the First-Ever BMW M3 Touring, dan All-New BMW M2 Coupé untuk mengawal para pembalap.


Selama seperempat abad BMW telah berupaya untuk memasukkan nilai-nilainya seperti inovasi berkelanjutan, teknologi, passion, dan semangat ke dalam kemitraannya dengan MotoGP™.

BMW M2 Coupé sebagai Safety Car terbaru di musim balap MotoGP 2023.


"Salah satu contoh nyatanya adalah dengan hadirnya All-New BMW M2 Coupé sebagai Safety Car terbaru di musim ini. All-New BMW M2 Coupé baru saja diluncurkan di Indonesia pada Agustus tahun ini dan mendapatkan respon yang sangat luar biasa dari penggemarnya,” tambah Jodie.


BMW M2 memiliki bodi yang sangat kompak namun menggunakan teknologi powertrain dan sasis yang diadaptasi dari BMW M3/BMW M4.


Mesin TwinPower turbo 6-silinder segarisnya mampu menghasilkan tenaga 460 DK dengan torsi puncak 550 Nm menjadikan New BMW M2 sangat cocok didaulat sebagai Safety Car MotoGP™ dengan kelincahan dan handling yang luar biasa.


Modifikasi khusus Safety Car diantaranya: roll bar, RECARO seats, 6-point racing harness, fire extinguisher, safety car roof bar, dan front light yang istimewa.


Beberapa M Performance seperti exhaust system, sasis, carbon wing mirror covers, diffusor, dan rear wing terpasang di kendaraan Safety Car terbaru ini.


BMW M2 MotoGP™ Safety Car juga menggunakan standard BMW M safety car livery, sangat mencolok dan tekankan nilai sporty dari kendaraan ini yang dikawinkan dengan penggunaan pelek 19-20 inci M yang dipasangkan dengan Y-Spoke 963M Frozen Gunmetal Grey yang identik dengan BMW M3 Competition Touring MotoGP™ Safety Car.

BMW M3 Competition Touring adalah salah satu MotoGP™ Safety Car yang menyuguhkan segala kedinamisan, kelincahan dan presisi yang dikombinasikan dengan kepraktisan dan kemampuannya menempuh jarak jauh dengan tenaga yang sangat besar.


BMW M3 Competition Touring adalah salah satu MotoGP™ Safety Car yang menyuguhkan segala kedinamisan, kelincahan dan presisi yang dikombinasikan dengan kepraktisan dan kemampuannya menempuh jarak jauh dengan tenaga yang sangat besar.


Dibekali mesin enam silinder segaris dengan teknologi BMW M TwinPower Turbo hasilkan tenaga maksimum 510 DK dan torsi puncak 650 Nm.


Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi M Steptronic delapan percepatan dengan Drivelogic, yang menawarkan tiga program gearshift paddles dan dapat dioperasikan menggunakan shift paddles di roda kemudi.


Tenaga mesin disalurkan melalui sistem all-wheel drive M xDrive, yang bekerja sama dengan Active M Differential. Distribusi tenaga berbasis kebutuhan di keempat roda mengoptimalkan traksi BMW M3 Competition Touring M xDrive, serta kelincahan dan stabilitas arahnya. Akselerasi dari 0 hingga 100 km/jam hanya membutuhkan waktu 3,6 detik.


Desain kendaraan yang atletis tunjukkan performa luar biasa dari BMW M3 Competition Touring, tegaskan desain edisi khusus BMW M seperti badge 50 Years of BMW M dan M Performance tailpipe trim modul titanium.


Khusus M3 Competition Touring MotoGP™ Safety Car, warna yang dihadirkan sangat mencolok dalam balutan warna BMW M Homage “50 Years” Livery.


Modifikasi khusus Safety Car di antaranya: lightbar roof, front flashing lights, jok depan menggunakan Recaro Sports seats di mana khusus pengemudi menggunakan 6-point Schroth harness dan khusus penumpang adalah 4-point Schroth harness serta emergency power switches dan fuel extraction system.


Adaptive M Suspension dan sistem pengereman terintegrasi menawarkan dua pengaturan untuk nuansa pedal. Rem dengan M Compound Brake black high - gloss sebagai standar dari sistem pengereman.


Sementara itu, pelek M Performance Y- Spoke 963 Frozen Gunmetal Grey menambah tampilan sporty Safety Car dalam format ban 19 inci (depan) dan 20 inci (belakang).

BMW iX xDrive40 Sport digunakan untuk memimpin gelaran MotoGP™ Riders Parade pada gelaran MotoGP Mandalika 2023.


Selain All New M2 Coupe dan M3 Competition Touring, ada juga BMW i4 eDrive40 M Sport yang digunakan menjadi Official Mobility Partner dari MGPA untuk MotoGP 2023.


Diawali dengan BMW 330e, kolaborasi antara BMW Indonesia dengan MGPA pada gelaran MotoGP tahun 2023 berlanjut dengan menghadirkan BMW i4 sebagai Official Mobility Partner.


BMW i4 yang telah mengadopsi teknologi BMW eDrive generasi kelima mampu mengombinasikan aura sporty dalam kenikmatan berkendara bebas emisi dengan kelapangan dan fungsionalitas gran coupé empat pintu.

BMW i4 eDrive40 mampu melesati dari 0-100 km/jam hanya dalam 5,7 detik.


BMW i4 eDrive40 menggabungkan motor listrik 340 DK dengan gerak roda belakang yang sanggup melesatkannya hanya dalam 5,7 detik dari 0 ke 100 km/jam. Sementara jangkauannya dihitung dengan standar WLTP mencapai 580 kilometer.


Bodi yang dioptimalkan untuk bobot dengan kekakuan torsi tinggi, hambatan angin rendah (Cd 0,24), jarak sumbu roda yang panjang, dan trek yang lebar menyediakan platform yang ideal untuk menghadirkan pengalaman berkendara sporty khas BMW yang terkenal.


BMW i4 juga tawarkan tingkat koherensi desain yang tidak dapat ditandingi oleh para pesaingnya. Ini jauh lebih dari sekadar kendaraan listrik bertenaga yang mampu berakselerasi dengan cepat di lintasan lurus.


Handling yang dapat dikontrol dengan tepat dimungkinkan oleh aplikasi terintegrasi dari semua komponen powertrain dan sasis.


BMW i4 juga telah dibekali BMW iDrive terbaru dengan banyak pilihan sistem bantuan pengemudi yang menandai karakter progresifnya.


Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: BMW Indonesia

Comments


bottom of page