top of page
  • Gambar penulisEditor

Bridgestone dan Soles4Souls Ubah Ban Bekas Jadi Sepatu


Organisasi nirlaba global, Soles4Souls Asia dan Bridgestone Indonesia bekerjasama selama 2 tahun (2020 - 2022) dalam program unik, membuat sepatu baru dari ban bekas!

Kerjasama ini terkait peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia, sebagai pengingat betapa pentingnya mengatasi masalah lingkungan hidup, menuju masyarakat dunia yang sejahtera.

Bridgestone Indonesia dan Soles4Souls Asia sepakat memproduksi sepatu, yang akan dijual melalui berbagi outlet, dan didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan di seluruh dunia.

Tujuannya adalah mengubah 40.000 ban bekas tak terpakai, menjadi 400.000 pasang sepatu, agar lebih bermanfaat hingga akhir 2022.

Kerjasama ini diharapkan dapat membantu mendorong ke arah ekonomi berkelanjutan, dengan menghilangkan limbah lewat pemanfaatan sumber daya secara berkesinambungan.

Selain itu, Bridgestone Indonesia juga turut menyumbangkan uang sebesar $60.000 untuk membantu Soles4Souls Asia, dalam upaya global mereka memperluas proyek ini.

“Sejak awal kerjasama, Bridgestone Indonesia telah berkomitmen menemukan cara berkelanjutan menggunakan produk mereka, dan dapat melakukan yang terbaik dengan produk-produknya,” kata Buddy Teaster, Presiden dan CEO Soles4Souls Asia.

Menurut Buddy, kerjasama ini sebagai cita-cita kedua pihak, untuk membantu lingkungan dan menjadi mitra sepemikiran. Membuat dan menempatkan sepatu di kaki orang-orang yang paling membutuhkan.

Sedangkan Mukiat Sutikno, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia mengatakan, pihaknya berharap inisiatif ini berkontribusi mengurangi limbah ban serta jejak karbon.

“Sambil membantu masyarakat yang membutuhkan, melalui suatu nilai yang didasari komitmen CSR Global Bridgestone, 'Our Way to Serve',” ucapnya.

Mengawali kemitraan ini, Bridgestone Indonesia dan Soles4Souls Asia akan bekerja dengan Indosole, sebuah merek sepatu dan perusahaan bersertifikat B.

Perusahaan ini akan memproduksi sepatu di pabrik mereka di Indonesia, dan menjualnya di toko-toko di seluruh dunia secara online. Setiap pasang sepatu yang dijual Indosole, sebagian hasilnya akan disumbangkan kembali ke Soles4Souls Asia.

Teks: Wave

Foto: Bridgestone Indonesia

bottom of page