• Editor

Bukan Honda Jazz, HPM Lebih Pilih Hadirkan Brio Edisi Spesial

New Honda Brio RS Urbanite Edition makin tegaskan desain dan gaya hidup anak muda.

OTOPLUS-ONLINE – Kurang lebih setahun PT Honda Prospect Motor (HPM) ‘berpuasa’ dari meluncurkan produk baru. Pertengahan Februari ini produsen mobil Honda di Indonesia tersebut langsung saja memperkenalkan tiga varian sekaligus. Salah satunya adalah New Honda Brio RS Urbanite Edition.

  • Board of Directors PT HPM dan New Honda Brio Urbanite Edition

Peluncuran virtual yang ditayangkan di kanal YouTube Hondaisme, Special Edition dari Honda Brio ini tampil semakin sporty, dalam sentuhan two-tone dan penambahan berbagai body kit di bagian eksterior.


Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM menjelaskan kalau Honda Brio merupakan mobil yang sangat populer untuk generasi muda. Dengan bentuk yang kompak, stylish dan sporty.


Edisi spesial dari Honda Brio ini diakui Billy semakin menegaskan karakter tersebut dengan desain yang terinspirasi dari gaya hidup anak muda. Yakni tampil modern, ekspresif, stylish dan up to date.

Dikatakan di awal, varian terbaru ini punya tampilan sporty, terutama desain baru Front Under Spoiler, dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi Diffuser. Terdapat pula Black Side Under Spoiler, dan Black Side Door Mirror.

Menurutnya, HPM percaya bahwa Honda Brio RS Urbanite Edition akan semakin memperkuat posisi Honda Brio sebagai mobil terpopuler di Indonesia.


“Mungkin timbul pertanyaan, kenapa harus disegarkan kembali Honda Brio, tidak Honda Jazz? Kendati penjualan Honda Brio sudah tinggi? Ya itu tadi, generasi muda maunya up to date. Maka Honda Brio ini dirancang dengan gaya berbeda, lebih sporty, yang memang diinginkan kaum muda,” paparnya saat jumpa pers secara virtual, Kamis (18/2)

Mengapa bukan Honda Jazz? Dijelaskan Billy, HPM selalu melakukan studi, mana yang perlu didahulukan. Mana yang ditahan dulu, atau varian mana yang harus diganti. Tergantung dari tingginya permintaan konsumen seperti apa. “Makanya kami buat New Honda Brio ini sebagai edisi spesial, bukan edisi terbatas,” tukasnya.


Terkait edisi spesial bukan edisi terbatas, lantaran HPM menargetkan 135 sampai 150 an unit mobil ini dapat terjual setiap bulan. Dan diakui Billy, target tersebut masih bisa bertambah produksinya, bila permintaan tinggi. Beda dengan pengertian edisi terbatas, yang produksinya dikunci hanya dalam jumlah tertentu.


“Mengenai harganya, mohon maaf, belum dapat kami publikasikan. Mengingat rencananya baru mulai kami distribusikan di bulan Maret 2021. Bila sudah mulai didistribusikan ke jaringan dealer kami, barulah harga mobil ini kami umumkan,” urai Billy menyikapi harga New Honda Brio Urbanite Edition yang belum tersedia.

Diperkuat LED Turning Signal dan Black Door Handle, menjadikannya terlihat kian sporty dari berbagai sudut.

Menyesuaikan dengan karakter sporty dan enerjik, New Honda Brio RS Urbanite Edition hadir dalam dua pilihan warna, Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow. Keduanya menampilkan konsep two-tone, padukan warna hitam pada bagian atap, handle, spion, dan side skirt.


Sebagai bagian dari lini Honda Brio, model anyar ini juga membawa keunggulan dari mesin 1.2L i-VTEC 4-silinder bertenaga 90 PS, yang diklaim terbesar di kelasnya serta hemat bahan bakar.

Selain itu, serangkaian fitur dan teknologi terkini juga dihadirkan pada New Brio. Seperti transmisi CVT dengan Earth Dreams Technology, Display Audio, layar sentuh 6.2", Audio Steering Switch, Tweeter Speaker, ECO Assist, serta fitur keselamatan Dual Front i-SRS Airbags, struktur rangka G-CON + ACE, dan sistem pengereman ABS + EBD.


Seiring popularitasnya, tahun lalu Honda Brio tercatat sebagai mobil paling laris dengan total penjualan 43.021 unit. Sebagai pengakuan terhadap keunggulannya, hingga kini Honda Brio telah meraih 41 penghargaan berbagai kategori. Antara lain kategori mobil terbaik, konsumsi bahan bakar terbaik, mobil pilihan konsumen, hingga kategori biaya operasional terbaik di kelasnya.


Teks: Setiawan AS

Foto: HPM