• Editor

Carry Topang Penjualan Suzuki di Jatim


Carry kini jadi ujung tombak Suzuki di Jatim.


Penjualan Suzuki Carry sepanjang 2020 ini (Januari – September) mengalami anomali. Di saat pasar otomotif anjlok akibat pandemi COVID-19, penjualan Carry justru naik signifikan.


“Pasar otomotif di Jawa Timur turun hingga 44%. Para periode Januari – September 2019 volumenya mencapai 96 ribuan sementara pada periode Januari – September 2020 ini volumenya hanya berkisar 53 ribuan,” ujar Fredy Teguh, Director of Sales and Marketing PT United Motors Centre (UMC), salah satu dealer penjualan mobil Suzuki wilayah Jatim saat mengenalkan Suzuki Karimun Wagon R 50 th Anniversary di Surabaya (13/10).

Kontribusinya naik jadi 37% dari sebelumnya yang hanya 20%.


“Saat ini Suzuki Carry berkontribusi sebesar 37% terhadap penjualan total UMC Suzuki yang pada periode Januari – September 2020 ini mencetak volume penjualan sebesar 6.597 unit. Tahun lalu kontribusinya hanya sekitar 20%,” tambah Fredy yang menengarai kenaikan penjualan ini dipengaruhi oleh para konsumen yang memiiki usaha komersial seperti UMKM.

Suzuki XL7, salah satu produk Suzuki yang penjualannya positif.


Suzuki Ertiga yang pada tahun 2019 menjadi ujung tombak penjualan UMC di Jatim dengan kontribusi penjualan sebesar 40%, saat ini sumbangsihnya turun menjadi sekitar 30%. “Peminat Suzuki Ertiga saat ini terbagi dengan hadirnya Suzuki XL7. Sejak diluncurkan Suzuki XL7 memberikan kontribusi sebesar 12% pada penjualan UMC Suzuki di Jatim,” kata lelaki berkacamata ini.

Fredy Teguh, Sales & Marketing Director UMC Suzuki dan Yuanita Christanti, Marketing Manager UMC Suzuki memperkenalkan Suzuki Wagon R 50th Anniversary. Di Surabaya dipasarkan dengan harga Rp 164,5 juta (M/T) dan Rp 173,5 juta (AGS).


Tahun 2020 ini, UMC Suzuki semakin menggiatkan aktivitas online pangsa pasar sebesar 12% penjualan mobil di Jawa Timur yang ditargetkan dapat tercapai. “Penjualan melalui online seperti marketplace atau event virtual expo memberikan kontribusi sebesar 25% pada penjualan UMC,” jelas Yuanita Christanti, Marketing Manager UMC Suzuki.

Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto