top of page
  • Gambar penulisEditor

Cheeroke Country 1995: Mobil Balap Pertama


Ini adalah karya kesekian yang dihasilkan Dian Kurniawan sebagai seorang builder mobil offroad. "Tapi ini juga mobil balap pertama milik saya sendiri", tutur Dian, begitu sapaan akrabnya.

  • Bukan maskot bengkel tapi juga turun di balap offroad.

Yup, kalau biasanya Dian hanya membuat mobil offroad milik orang lain, kali ini Dian pengin memiliki mobil balap hasil racikan sendiri, yang bukan sekedar mobil pajangan atau maskot bengkel saja, tapi dipakai juga turun di balap offroad.

  • Mesin kapasitas 4.000cc sanggup semburkan tenaga hingga 170 hp.

Berbekal seonggok mesin Cheeroke Country lansiran 1995, Dian membangun sendiri tahap demi tahap. Mesin mengandalkan Cheeroke lantaran kapasitas mesinnya yang besar (4000cc), dan dikenal tangguh di medan offroad.

  • Handling terjaga berkat hydraulic steering.

Tahap berikutnya Dian mulai dari membentuk rangka tubular berbahan pipa seamless. Bahan ini memang paling banyak dipakai oleh offroader sebagai bahan roll bar, roll cage dan tubular. Tak lupa rangka juga ditimbang dan dicari titik keseimbangannya demi kenyamanan dan kestabilan handling.

  • Suspensi ORI Struts di setiap kaki bikin redaman lebih stabil.

Masih untuk mengejar kenyamanan dan kestabilan saat mobil dibejek di medan offroad, seperangkat suspensi berlabel ORI Struts menghiasi kaki-kaki mobil tunggangan Dian. Dipadu dengan Full Hydraulic Steering racikan sendiri yang dicap BSR Fabrication. Handling mobil makin stabil saat dikemudikan.

  • Pelek tipe bedlock, ban anti lepas.

Di seputar kaki-kaki, roda juga tak luput dari perhatian pria asli Jepang - Kudus ini. Pelek Beadlock XT lansiran USA yang dibalut ban Simex Extreme Trekker '35 makin membuat tongkrongan mobil terlihat gagah. Apalagi dengan as roda long field USA yang membuat roda tampak terlihat melebar keluar.

  • Panel cut off brake.

  • Extra fan gambot berikut radiator dipindah ke belakang kokpit.

Terakhir adalah interior. Selain kenyamanan, hal yang paling penting adalah keselamatan. Ruang kokpit yang sedikit lega ditemploki jok bucket LP dipadu seatbelt merk Crow dipasang untuk driver dan co-driver. Oh ya, ada titipan pesan nih. Kalau ada yang minat, Dian merelakan mobil ini untuk dipinang.

  • Siap untuk dipinang. Tertarik?


Data Modifikasi:

Engine: Cheeroke country

ECU: Standalone brand Spitronics

TM-TC: CJ7

Gardan: FJ60 (9:37)

Airlocker depan - belakang: ARB

Cutting Brake: custom

Hydrolic steering: BSR Fabrication

Pelek: Beadlock XT Usa

Ban: Simex Extreme Trekker '35

Shockbreaker depan: ORI Strus USA 12"

Shockbreaker belakang: ORI Struts USA 14" Pigibag

As roda: Long Field, USA

Jok: LP

Seatbelt: Crow

Bengkel: BSR Fabrication, Ds. Jepang Rt. R Rw 4 No, 01, Kudus

HP 0822 4362 5105


Teks & Foto: Djansen

bottom of page