• Editor

Chery Tiggo 2 Akan Hadir di Indonesia?


Salah satu keseruan berkunjung ke negara lain adalah keragaman merek dan model mobil yang beredar di sana dan tidak dijumpai di Indonesia. Seperti saat kunjungan OTOPLUS-ONLINE ke Yordania kami menjumpai small SUV sporty yang juga stylish dengan dimensi kompak berlabel Chery Tiggo 2.

  • Dimensinya tak beda jauh dengan Toyota New Avanza.

Untuk pengingat, Chery pernah hadir di Indonesia di rentang tahun 2006-2011 mengandalkan model QQ dan Tiggo generasi pertama. Brand Chery saat itu berada dibawah bendera Indomobil pada dalam naungan PT. Unicor Prima Motor yang merupakan perusahaan joint-venture antara Chery Automobile Co. Ltd. dan PT. Indomobil Group.

  • Headlamp menggunakan model proyektor namun belum LED, LED digunakan pada DRL.

Kembali ke Tiggo 2, dimensinya kompak, kira-kira sebesar Toyota Avanza. Panjang Chery Tiggo 2 yakni 4.200 mm sementara Avanza 4.190 mm. Jarak sumbu rodanya 2.555 mm, lebih ringkas dari Avanza yang 2.655 mm. Ground clearance-nya 186 mm, cukup aman untuk dipakai di medan offroad ringan. Sementara mesin yang digunakan berbahan bakar bensin yang kapasitasnya 1.497 cc berteknologi VVT dengan tenaga 106 dk dan torsi 135 Nm.

  • Aksen krom yang dipasang horizontal menghadirkan kesan lebar, bumper belakang yang tebal memunculkan kesan tangguh dan kokoh.

Desain eksterior tampak kalau Chery kini mulai memiliki jati diri desain mandiri,  tidak seperti Chery Tiggo generasi pertama yang desainnya seperti kombinasi sosok Toyota RAV dengan Suzuki Escudo. Untuk melindungi sisi bawah bodi sekaligus menghadirkan kesan tangguh dipasang plastic cladding  dan scuff plate.

  • Lingkar roda berukuran 16 inci dengan ban 205/55R16.

Mengintip bagian dalam, interiornya terlihat atraktif hadirnya aksen warna bodi di area kabin seperti dasbor, doortrim, konsol tengah dan jok. Desain dasbor tidak terlalu menggunggah namun fitur yang dibenamkan termasuk advance khususnya pada sistem multimedia yang dibekali fitur mirroring dan voice command.

  • Mesin 1.497 cc bertenaga 106 dk dan torsi 135 Nm, ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

  • Suspensi depan model McPherson yang ringkas dikawal batang stabilizer, sementara suspensi belakang mempercayakan model Torsion Beam.

  • Nuansa interiornya atraktif dengan aksen warna bodi di kabin.

Chery Tiggo 2 ini dipasarkan sejak 2019 di negara-negara seperti Yordania, Tunisia, Rusia, Eropa Timur, Amerika Selatan seperti Brazil, Peru dan Chile sampai Philipina. Jika dikurskan, harganya berkisar Rp 220-240 juta.  Akankah brand ini kembali ke Indonesia?

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Nugroho Sakri Yunarto, Chery