• Editor

Choppy Cub Singkawang Style


Sebagaimana Pontianak, modifikasi Kota Singkawang - Kalimantan Barat kini semakin diperhitungkan dalam kejuaraan kontes motor nasional. Seperti pada Final Battle Honda Modif Contest (HMC) 2019 yang digelar di Hartono Mall, Yogyakarta (17/11) lalu. Honda C700 milik Eko Sugiarto asal Singkawang ini sukses meraih juara 1 kelas All Stock & Advance <2006.

Hal ini tak lepas dari keinginan kuat pria yang akrab disapa Eko Djhap ini, untuk membuat motor yang perfect, sesuai julukan yang diberikan pada motornya. “Iya, motor ini dimodifikasi dengan konsep choppy cub, dan saya beri julukan Towards Perfection,” buka Eko.


Untuk mewujudkan motor custom ke arah yang sempurna hingga berhasil menjadi jawara HMC, Eko tetap mengacu pada regulasi yang ditetapkan.


“Seperti rangka utama. Saya tidak melakukan perubahan pada rangka utama karena saya mengikuti regulasi nasioanal HMC 2019 di kelas All Stock dan Advance untuk motor di bawah tahun produksi 2006,” jelas Eko.


Hanya suspensi depan yang dibuat dengan desain klasik, yakni springer. “Tapi dengan mengedepankan fungsional sehingga lebih enak naikannya,” tunjuk Eko.


Karena Honda C700 menggunakan bodi model monokok (bodi sekaligus rangka), maka untuk mendapatkan styling choppy cub, buntut belakang dipotong dan dibentuk model duck tail alias ekor bebek. “Tentu saja, bagian belakang jok juga ikut dikepras lebih pendek,” lanjut Eko yang suka bermain dengan krom sebagai finishing, untuk tampilan lebih mewah.

Justru inilah menurut Eko yang jadi kesulitan dalam modifikasi ini. “Di Singkawang agak sulit untuk pengerjaan krom. Jadi terpaksa kami harus kirim beberapa komponen keluar Kalimantan, meskipun harus banyak keluar biaya untuk pengirimannya,” tutup Eko. Ya, semua ini demi perfection kan?


Data modifikasi:

Pelek: custom RHC 1.60-21 (depan), 4.00-17 (belakang)

Ban depan: Swallow Sprinter 201 3.00-21

Ban belakang: Swallow SB117 140/70-17

Suspensi depan: custom springer

Suspensi belakang: bobber The Gladiator

Knalpot: custom Apocalipto

Lampu depan: custom

Handgrip: Vans

Kaliper belakang: KTC

Selang rem: custom

Stang: custom

Footstep: custom

Cat: Chandro Motor

Bengkel Custom: Chandro Motor


Naskah: Indramawan

Foto: Istimewa

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.