• Editor

Daihatsu Genjot Penjualan Sigra & Ayla di GIIAS 2019 Surabaya


Penyelenggaraan Pemilu berdampak pada menurunnya penjualan mobil di awal tahun 2019 ini. Menurut data Gaikindo secara nasional penjualan mobil turun 9% dari bulan Januari – Februari 2019. “Namun penjualan Daihatsu berhasil tumbuh sedikit, 0,6%,” ungkap Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor.


Penjualan Daihatsu tertolong oleh tingginya penjualan Daihatsu Sigra yang memiliki kontribusi hingga 40% dari seluruh penjualan Daihatsu. Karena itu di 2019 strategi Daihatsu tetap akan menggenjot penjualan Daihatsu Sigra dan Daihatsu Ayla.

Di Jawa Timur Sigra berkontribusi sebesar 30% dari seluruh penjualan Daihatsu.

Beragam program promosi menarik selama GIIAS 2019 Surabaya berlangsung.

“Di event GIIAS ini khusus pembelian secara kredit, kami menawarkan promo bebas biaya administrasi untuk produk Sigra dan Daihatsu yang akan dikompensasi menjadi tambahan uang muka (down payment),” ujar Tunjung, Kepala Wilayah Daihatsu Sales Operation Jawa Timur.

Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CS Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, Tunjung, Kawil Daihatsu Sales Operation Jawa Timur & Bali, dan Soni Satriya R&D Division Head saat memaparkan konsep Ayla Turbo pada Daihatsu Media Press Conference di GIIAS 2019 Surabaya (30/3) kemarin.

“Kami menargetkan tahun ini bisa meraih 17% market share nasional. Sedikit turun dari raihan aktual 2018 yang 17,4% tapi realistis di tengah menurunnya penjualan mobil nasional,” imbuh Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CS Division Head PT Astra International – Daihatsu Sales Operation.


Selain produk, untuk mempertahankan dan meningkatkan market share PT AI-DSO berencana meningkatkan network coverage melalui penambahan outlet. “Tahun ini target kami menambah 5 outlet baru yang akan mengcover layanan penjualan dan layanan aftersales,” jelas Hendrayadi.


Pamerkan Ayla Turbo Concept

Daihatsu Ayla Turbo Concept yang merupakan kreasi tim Research & Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor banyak menarik perhatian publik.

Di event GIIAS 2019 kali ini, Daihatsu memamerkan mobil konsep Daihatsu Ayla Turbo yang merupakan kreasi tim Research & Development (R&D) PT Astra Daihatsu Motor dalam menunjukkan rancang bangun R&D Daihatsu Indonesia. Konsep ini ditelurkan sebagai respon dari tren turbo aspirated yang mendunia.

Dengan penambahan turbo tenaga melonjak hingga 200 ps pada 5500 rpm dan torsi 242 Nm di 5000 rpm.

“Aplikasi turbo memungkinkan mesin menghasilkan performa tinggi namun tetap efisien dalam penggunaan bahan bakarnya,” jelas Soni Satrya, Design Engineering Executive Coordinator R&D PT Astra Daihatsu Motor.


Seperti pada mobil konsep Ayla Turbo ini, mesin berkode 3NR-VE berkapasitas bersih 1197 cc dipertahankan. Jika pada keadaan standar mesin ini dapat menghasilkan tenaga sebesar 88 ps pada 6000 rpm dengan torsi 108 Nm di 4200 rpm maka dengan penambahan turbo tenaganya melonjak hingga 200 ps pada 5500 rpm dan torsi 242 Nm di 5000 rpm.


Apakah konsep ini diperkenalkan lantaran Daihatsu akan memiliki line up produk bermesin turbo dalam waktu dekat? Amelia Tjandra menuturkan, “Mobil ini kami perkenalkan untuk menunjukkan kalau R&D ADM memiliki kemampuan riset dan rekayasa membangun mobil turbo.”


Anyway, kalau ingin mengetahui bagaimana impresi lengkap berikut driving impression Daihatsu Ayla Turbo, simak terus www.otoplus-online.com.


Baca juga: Daihatsu Ayla Turbo Bakal Mass Production?


Naskah & Foto: Nugroho Sakri Yunarto