• Editor

Daihatsu Implementasikan Konsep Inovasi Berbasis DNGA


“Sebagai produsen mobil kompak bagi generasi dan keluarga milenial, Daihatsu ingin selalu berinovasi dalam menampilkan mobil model teranyar keluaran Jepang yang menggunakan platform terbaru berbasis DNGA.” (Anjar Rosjadi - Head of Marketing Product Planning Division PT Astra Daihatsu Motor).

DNGA (Daihatsu New Global Architecture) sebagai basis dari platform yang merupakan satu konsep inovasi terbaru mulai diperkenalkan pabrikan Daihatsu.


Platform terbaru yang telah dikembangkan sejak tahun 2017 oleh Daihatsu Jepang ini telah diimplementasikan ke beberapa model mobil Daihatsu yang ada di Jepang.


Hingga saat ini, Daihatsu di Jepang telah merilis 3 (tiga) model anyar yang menerapkan platform terbaru ini, yaitu New Tanto, Rocky, dan New TAFT.


Daihatsu New Tanto menjadi kendaraan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA.


New Tanto merupakan Daihatsu pertama yang menerapkan platform DNGA, dan telah diluncurkan pada Juli 2019 lalu di Jepang.


Pada mobil berkapasitas mesin mungil 660cc itu tersemat Turbocharged. Alhasil, performanya setara mesin kapasitas 1.000cc, tapi tetap usung efisiensi konsumsi bahan bakar.


New Tanto terasa lebih solid dan stabil dalam bermanuver di jalan perkotaan atau jalan sempit. Telah dilengkapi teknologi Smart Assist generasi terbaru.


Sebuah teknologi yang bisa mendeteksi, mencegah, dan meminimalisir risiko benturan pada kendaraan atau pejalan kaki. Didukung pula oleh sistem pengereman darurat otomatis.

Daihatsu Rocky sebagai SUV kompak pengusung DNGA yang diperkenalkan di Jepang.


Rocky, SUV kompak yang telah diluncurkan di Jepang pada November 2019 dan mendapat sambutan baik dari masyarakat Jepang.


Tak lama sejak dirilis, mobil ini langsung meraih rating tertinggi bintang 5 (lima) dalam uji keselamatan kendaraan Japan New Car Assessment Program (JNCAP) dari Kementerian Transportasi Jepang dan National Agency for Automotive Safety & Victims’ Aid (NASVA).

Daihatsu TAFT dengan akronim Tough & Almighty Fun Tool menjadi mobil ketiga yang mengusung konsep inovasi DNGA.


TAFT atau Tough & Almighty Fun Tool menjadi mobil ketiga yang menerapkan platform DNGA, dan diluncurkan pada Juni 2020. Didesain sebagai mini crossover tangguh dengan gaya baru bagi pengguna aktif berkendara harian.


Mobil ini mengadopsi atap kaca (glass roof), memberi kesan visibilitas penumpang lebih luas, agar dapat menikmati pemandangan. Ruang bagasi pun diseting luas dan fleksibel, memudahkan peletakkan barang bawaan.


“Sebagai produsen mobil kompak bagi generasi dan keluarga milenial, Daihatsu ingin selalu berinovasi dalam menampilkan mobil model teranyar keluaran Jepang yang menggunakan platform terbaru berbasis DNGA,” ujar Anjar Rosjadi, Head of MPPD (Marketing Product Planning Division) PT Astra Daihatsu Motor (ADM).


Sehingga sambung Anjar, masyarakat dapat benar-benar mengetahui ragam keunggulan dan kecanggihan dari teknologi mobil Daihatsu.


Apakah DNGA Itu?

Secara teknis, platform DNGA punya banyak keunggulan. Seperti pada penerapan seluruh fitur teknologi canggih yang dimiliki Daihatsu, dapat diimplementasikan ke semua model Daihatsu apapun yang telah berbasis DNGA.


Selain itu, platform ini juga memiliki waktu yang lebih cepat, dalam proses pengembangan atau perubahan desain di setiap modelnya.


Hal ini dimungkinkan karena Daihatsu memperkenalkan platform khusus ini dengan konsep (1-1-1-1). Memiliki filosofi 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik.


Maknanya, bahwa setiap pengembangan produk berbasis DNGA ini memperhitungkan segala aspek detil meliputi ukuran, bobot, harga, dan waktu, agar menghasilkan kendaraan yang efisien.


Dengan begitu, mobil Daihatsu yang mengusung platform ini akan memberi pengalaman dan sensasi berkendara lebih halus, nyaman, stabil, efisiensi bahan bakar lebih baik, performa lebih maksimal, desain stylish dan modern, serta harga terjangkau.


Teks: Setiawan AS

Foto: ADM

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online