• Editor

Dibela Marquez, Lorenzo Lolos Dari Penalti Setelah Insiden di Catalunya


Jorge Lorenzo yang lolos dari penalti bersama Marc Marquez yang telah membela dirinya.

Jorge Lorenzo, pembalap tim Repsol Honda akhirnya lolos dari penalty setelah menjadi penyebab kecelakaan berantai yang melibatkan tiga pembalap lain saat berlangsungnya MotoGP Catalunya (16/06) kemarin.


Saat kejadian, tampak mantan juara dunia MotoGP 3 kali ini kehilangan kontrol motornya saat berusaha menyalip Maverick Vinales di posisi ke-3, pada tikungan 10 di putaran kedua. Setelah menyentuh aspal, motor Lorenzo mengenai Vinales, dan selanjutnya beruntun mengenai Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi.

Maverick Vinales merasa Lorenzo pantas dijatuhi penalti atas kesalahan yang dilakukannya.

Kontan Vinales berang dengan kejadian ini. “Dia melakukan kesalahan seperti pembalap pemula saja. Padahal dia itu juara dunia 5 kali (termasuk GP250),” sinis Vinales yang sangat berharap Race Direction menjatuhkan sanksi start dari urutan buncit pada race selanjutnya di Assen.


“Sebab selain merugikan pembalap lain seperti saya dan Valentino, dia juga merusak peluang pembalap lain yang sedang memperebutkan gelar juara dunia, seperti Andrea. Tahu sendiri kan, sangat sulit untuk menambal kehilangan 25 poin,” jelas Vinales.

Saat-saat menjelang terjadinya insiden kecelakaan beruntun yang terjadi Catalunya, dan dipicu oleh Lorenzo (#99).

Lorenzo sendiri pun mengakui kesalahan yang dilakukannya. “Sebelum kejadian itu terjadi, saya melihat Maverick menutup gas agar tidak menyentuh Marquez. Dari sini saya coba memanfaatkan kesempatan dan coba menyalip. Tapi mungkin saya salah dalam memutuskan moment dan tempat untuk menyalip Maverick,” tutur Lorenzo yang mengaku dirinya terlalu bersemangat setelah merasa nyaman dengan motornya sehingga bisa melaju kencang,


Atas kesalahan yang dilakukannya ini, Lorenzo meminta maaf kepada pembalap yang jadi korban kecelakaan beruntun ini. Terutama kepada Dovizioso yang sedang bertarung memperebutkan gelar juara dunia.

Andrea Dovizioso sangat dirugikan atas insiden ini karena kehilangan 25 poin. Dengan demikian perolehan poinnya sementara ini terpaut sangat jauh dari Marquez yakni 37 poin.

Hal ini disampaikannya saat mendatangi langsung mantan rekannya di tim Ducati tersebut. “Terima atau tidak terima, hal ini tidak mengubah apapun. Jadi saya bilang saja, ‘OK’” komentar Dovi.


Meskipun demikian, pembalap lain seperti Marc Marquez dan Cal Crutchlow menganggap Lorenzo tak patut dijatuhi penalti.

“Sebab saat itu Lorenzo berada di jalurnya. Hanya saja, dia kehilangan cengkeraman roda depannya saat Dovi dan Vinales keluar dari jalur mereka. Apesnya ketika motor Lorenzo tergelicir, mereka berdua ada di jalur itu sehingga terkena motor itu,” jelas Marquez.


Dan akhirnya, setelah melakukan review, petugas FIM (federasi dunia balap motor) yang diketuai Freddie Spencer, juara dunia GP500 dua kali memutuskan tidak perlu dijatuhkannya sanksi kepada Lorenzo atas kejadian ini.

Marquez sangat diuntungkan insiden ini apalagi posisi kedua dan ketiga dihuni pembalap yang tidak sedang memperebutkan gelar juara dunia.

Sementara itu, MotoGP Catalunya berhasil dimenangkan oleh Marc Marquez disusul oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati).


Naskah: Indramawan

Foto: motogp.com


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online