• Editor

Dijual: Custom Parts Plug and Play Untuk Yamaha XSR155


"Tujuan dari modifikasi ini lebih ke penjualan custom parts yang menempel pada Yamaha XSR155 ini. Semua bisa diorder di JS Modify..."

Motor terbaru Yamaha XSR155 diperkenalkan pertama kali akhir 2019 lalu. Tampilan motor bergaya retro ini menginspirasi

Johan Suy, owner dari JS Modify Pontianak untuk membuat komponen custom-nya. "Memang tujuan dari modifikasi ini lebih ke penjualan parts custom yang menempel di motor. Semua bisa diorder di JS Modify," promo Johan Suy.

Secara konsep desain, pada XSR155 Project ini Johan Suy mengusung gaya scrambler. "Ini menjadi tantangan bagi kami, bagaimana memasukkan unsur scrambler ke dalam motor, tanpa menghilangkan rangka deltabox bawaan pabrik, yang sebenarnya lebih cocok untuk konsep cafe racer," tunjuk Johan Suy.

Namun karena targetnya adalah bagaimana supaya komponen custom yang diproduksi ini bisa terpasang langsung tanpa modifikasi lagi, atau istilahnya plug and play, maka Johan Suy tidak terlalu mempedulikan delta box itu. Kebetulan keberadaannya cukup tersamarkan dengan warna hitam senada rangka dan sasis secara keseluruhan.

"Kami hanya membuat crash bar custom lengkap dengan frame slider custom yang secara tampilan bisa untuk menyamarkan delta box dengan warnanya yang sengaja dibuat mencolok merah, selain berguna untuk melindungi radiator saat terjadi benturan," tunjuk Johan Suy.

Penambahan skid plate berbahan aluminium mengganti-kan aslinya yang berbahan plastik juga berperan memberikan kesan macho. "Untuk memasang skid plate baru ini kita harus lepas dulu skid plate bawaan berikut tabung cadangan air radiator, dan kemudian kita pindah ke dalam deltabox di sisi kiri. Posisi ini hampir sama dengan Yamaha V-ixion," tutur Johan Suy,

Ubahan berikutnya merambah bagian kaki-kaki. "Kita tambahkan mudguard dan stabilizer fork custom untuk bisa menyeimbangi fork bawaan pabrik yang sudah kita tinggikan dari orisinalnya, sehingga awalnya terlihat lebih kurus," kata Johan Suy. Maklum, motor ini sudah dicangkoki ban Shinko Big Block 130/80-17 yang super gendut. Otomatis tidak proporsional dengan fork bawaan pabrik. "Tapi setelah dipasang mudguard custom dan stabilizer fork ini, kaki terlihat kokoh kembali," ujar Johan Suy sambil menambahkan stabilizer fork custom ini bisa difungsikan juga sebagai paddock stand depan.

Pemasangan ban gendut ini juga membawa masalah ketika pengerjaan bergeser ke sektor belakang. "Mudguard custom dan ban gambot Shinko Big Block menjadi kendala saat kita tes jalan motor. Tenaga kurang maksimal karena ukuran rantai dan gir ukuran 428 yang sepertinya kekecilan. Untuk mengakalinya, kita coba pasangkan sproket depan orisinal dengan sproket belakang 520 punya Yamaha R25, berikut rantai 520. Kebetulan sprocket set punya Superspox ini punya posisi lubang pengunci gir belakang yang sama dengan orisinal Yamaha R25."

Masuk ke tahap akhir, Tim JS Modify membuat pernak-pernik custom untuk XSR155 Scrambler ini. "Kebanyakan komponen yang kita bikin dan pasang ini enggak cuma kejar tampilan. Tapi juga ada manfaatnya, terutama sebagai proteksi," kata Johan Suy sambil menyebut grill headlamp dan cover radiator serta handguard. Bagaimana, tertarik untuk pesan?

Data modifikasi

Pelek depan: Sprint 350.17 Pelek belakang: Sprint 450.17 Teromol: VND Knalpot: custom (full system)

Disc brake depan: PSM Selang rem depan - belakang: HELL Proguard: custom Cover deltabox: custom (aluminium deltabox) Skid plate: custom (aluminium) Dudukan plat nomor belakang: custom (aluminium) Cover gear depan: custom (aluminium) Cover side atas: custom (aluminium) Visor lampu: custom Spatbor depan: custom Foostep depan: Nui Kaliper belakang: Brembo 2 piston Kaliper depan: PN Racing Gear: Super Sporx 520 Rantai: MVXZ 520 Mudguard: custom Lampu sein depan: Shock universal Stang: Protaper Master dan kopling: KTC Tuas rem: Brembo Tabung minyak rem: Rizoma Ban depan: Shinko Big Block 130.80.17 Ban belakang: Shinko Big Block 150.70.17 Jalu paddock: Evotech

Raiser stang: universal Peninggi shockbreaker: custom Lampu sein belakang: LED Lampu stop belakang: custom Handgrip: Rizoma Jalu as roda depan: Biker Cover tutup oli: Fast biker Volt meter: universal Jok: custom Tubular: custom Frameslider: R&G Fork guard: custom (aluminium) Grill lampu: custom Cover radiator: custom


Modifikasi Kiriman: JS Modify

Alamat: Jl. Sungai Raya Dalam Ruko Villa Mutiara Mas 4, Pontianak

HP: 0813-4502-6690


Teks: Indramawan

Foto: JS Modify for OTOPLUS-ONLINE

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online