• Editor

Dilengkapi STNK dan BPKB, BMX Cub Ini Dipasarkan Dari Mulai Rp 14 Juta


Bisa dibilang Enggal Modified, sebuah bengkel custombike ternama yang ada di Banyuwangi ini sebagai salah satu trendsetter maraknya BMX Cub. Tak hanya di Pulau Jawa, tapi hampir di setiap daerah di Tanah Air.


Mulai mengerjakan BMX Cub tahun 2019 lalu, Enggal Purna Prahara selaku owner mengaku sampai sekarang sudah memproduksi kurang lebih 1.000 unit frame, dan 100 unit BMX Cub.


“Kami juga memproduksi frame karena ada banyak juga konsumen yang memesan rangka saja untuk kemudian dirakit sendiri sesuai dengan mesin yang dimiliki,” jelas Enggal sambil menambahkan kapasitas produksi bengkelnya dalam 1 bulan siap memproduksi 30 frame.

  • Enggal Purna Prahara, owner Enggal Modified jadi juragan BMX Cub Banyuwangi.

Frame ini sendiri dibuat sesuai dengan permintaan, mengikuti basis mesin yang dipakai. “Memang kebanyakan pakai mesin tidur punya Karisma, Grand, atau Jupiter. Tapi ada juga lho yang pesan untuk mesin berdiri Ninja 150 atau Jupiter MX,” kata Enggal.


Dan soal desain, ternyata tak terbatas model BMX saja. “Kadang ada juga yang desainnya tinggi menyerupai MTB (mountain bike) gitu,” tukas pria yang menekuni usaha bengkel custombike ini sejak 2005 selepas lulus SMA.

Soal unit BMX Cub yang dirakitnya, Enggal mengatakan untuk harga dimulai dari harga paling murah, yakni Rp 14 juta hingga paling mahal yang pernah dibikin seharga Rp 35 juta.

  • Contoh BMX Cub garapan Enggal Modified yang ditawarkan dengah harga Rp 35 juta.

“Tapi yang paling banyak peminatnya, unit BMX Cub yang kami pasarkan di kisaran Rp 20 – 25 jutaan,” info Enggal yang kini memiliki 24 karyawan ini.


Ditambahkannya, perbedaan range harga ini ditentukan dari detailing pengerjaan berupa bahan, dan komponen yang dipakainya, seperti fork depan, suspensi belakang, pelek, dan lain-lain.

  • Kualitas komponen aftermarket yang dipilih turut menentukan harga BMX Cub.

“Hampir semuanya kami gunakan parts aftermarket sepeda motor. Tahu sendiri kan ada merek premium dan ada juga yang biasa. Inilah yang berpengaruh ke harga,” jelas pria Banyuwangi kelahiran tahun 1987 ini, sambil menambahkan dengan banyaknya pesanan ini pengerjaan 1 unit BMX Cub bisa makan waktu 2 - 3 bulan.

Kelengkapan Surat & Legalitas

  • BMX Cub menggunakan basis mesin sepeda motor produksi massal yang beredar di jalanan sehingga memiliki surat dan dokumen berupa STNK dan BPKB.

Ketika ditanya soal kelengkapan surat dan legalitas BMX Cub produksinya, Enggal menjelaskan, basis mesin yang dipakai untuk BMX Cub ini mengambil dari motor-motor yang ada di pasaran dan dibeli secara seken sesuai permintaan konsumen. Karena itu, motor-motor ini sudah dilengkapi BPKB dan STNK. “Dari sini, kami hanya ambil mesinnya saja, dan potongan frame yang ada nomor rangka sesuai STNK,” jelas Enggal.


Nah potongan rangka dengan nomor sesuai STNK ini kemudian dikirimkan ke konsumen sebagai bukti, bahwa motor ini ada suratnya. “Kami tidak berani menempelkan potongan rangka dengan nomor sesuai STNK ini ke rangka BMX Cub yang kami bikin, karena tidak mau dianggap sebagai pemalsuan.”

  • Dengan wadah bahan bakar menyatu rangka dan berkapasitas hanya 800 ml, maka secara otomatis BMX Cub tidak direkomendasikan untuk pemakaian jarak jauh di jalan raya.

Menurut Enggal, sejauh ini prosedur yang dia pakai sudah aman karena tidak pernah ada keluhan. “Karena sebelum masuk proses produksi, biasanya konsumen sudah tanya hal-hal seperti ini, dan kami jelaskan apa adanya secara lengkap.”


Selain itu menurut Enggal, BMX Cub ini hanya dilengkapi wadah bahan bakar yang dibuat menyatu ke rangka, dan kapasitasnya hanya 800 ml. “Jadi rasanya enggak mungkin buat jalan jauh, dan rata konsumen memang pakai BMX Cub ini buat iseng-iseng di komplek perumahan, bukan perjalanan jauh di jalan raya.”


Malahan kalau dilihat dari video yang di-upload di Youtube channel milik Enggal Modified (https://www.youtube.com/c/ENGGALMODIFIED), BMX Cub ini lebih sering dipakai untuk ber-adventure ria di medan off-road.


Terkait Safety

  • BMX Cub tidak direkomendasikan untuk anak-anak karena performanya sudah seperti sepeda motor beneran.

Sementara soal safety, Enggal mengingatkan, BMX Cub ini sudah seperti sepeda motor pada umumnya, secara performa. “Karena itu kami tidak merekomendasikan BMX Cub bikinan kami ini dipakai untuk anak-anak di bawah usia. Paling ideal yang sesuai usia permohonan SIM (Surat Izin Mengemudi).” tandas Enggal yang sudah mengirim BMX Cub bikinannya hampir di setiap kabupaten dari Sabang sampai Merauke.

“Malah kami juga sudah sering melayani pemesanan dari Malaysia. Pernah beberapa kali dari Jepang dan Amerika meskipun agak susah dalam hal pengirimannya," tutup Enggal yang sudah punya rencana untuk membesarkan bengkelnya untuk melayani pesanan yang semakin ramai ini.


Enggal Modified

Dusun Krajan 2, RT 02 / RW 06

Desa Gambiran, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi

HP 085236888419


Teks: Indramawan

Foto & Video: Enggal Modified for OTOPLUS-ONLINE

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online