• Editor

Dishub Pati dan IOF Pengcab Pati Dropping Bantuan Korban Bencana Banjir

Mengingat daerah terdampak banjir relatif banyak, dropping bantuan dilaksanakan dalam 3 tahap.

OTOPLUS-ONLINE I Ini memang bukan untuk yang pertama kalinya Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pati dan Indonesia Offroad Federation (IOF)Pengcab Pati melakukan kerjasama. Sebelumnya sudah banyak kegiatan dilakukan bersama, terutama dalam kegiatan sosial.


Kali ini bertepatan dengan musibah bencana banjir yang sedang melanda wilayah Kabupaten Pati dan sekitarnya, Dishub Pati dan IOF Pengcab Pati kembali bersinergi dalam kegiatan bakti sosial berupa dropping bantuan bagi warga masyarakat yang terdampak banjir.


Bantuan yang diberikan pada kegiatan baksos kali ini dalam bentuk sembako, air mineral, dan makanan siap santap berupa roti dan nasi bungkus khusus untuk daerah yang terdampak parah yang tidak memungkinkan untuk bisa memasak.

  • Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Plt. Kadishub Pati

"Ini wujud dari empati kami untuk meringankan beban warga masyarakat yang menjadi korban banjir di wilayah Kabupaten Pati," tutur Teguh Widyatmoko, AP.,M.Si., selaku Plt. Kadishub Kabupaten Pati.


Mengingat daerah yang terdampak banjir relatif banyak, dropping bantuan dilaksanakan dalam 3 tahap. Tahap pertama dilakukan pada hari Minggu (7/2), daerah yang dituju adalah wilayah Desa Banjarsari dan Desa Mintobasuki di Kecamatan Gabus, Pati.


Tahap kedua dilaksanakan pada hari Rabu (10/2), tim menyasar 3 desa di wilayah Pati Selatan yang ketinggian airnya masih relatif tinggi. Tepatnya di Desa Gadudero dan Desa Kasian Kecamatan Sukolilo, kemudian desa selanjutnya yang berada di wilayah Kecatan Kayen adalah Desa Srikaton. Osekan, wilayah Pati Selatan.


Dan tahap ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu (13/2). Kali ini sasaran dropping bantuan dialihkan Desa Karangrowo dan Ngastorejo di wilayah Pati Timur. Ketinggian air di kedua desa ini juga terbilang masih relatif tinggi karena imbas luapan air dari Sungai Silugonggo yang alirannya melintas di kedua desa tersebut.

  • Akses menuju lokasi terendam banjir

Seluruh bantuan diusung dengan menggunakan beberapa kendaraan offroad dan kendaraan rescue milik IOF Pengcab Pati. "Dengan kendaraan offroad kami bisa dengan leluasa masuk ke lokasi yang terisolir dan susah dijangkau, apalagi di titik terparah yang ketinggian airnya sampai sepinggang orang dewasa hanya kendaraan dengan postur jangkung yang aman menerabas banjir," papar Benny Noegroho, SH, selaku Ketua IOF Pengcab Pati.

  • Dropping bantuan langsung ke sasaran korban banjir

Saat berita ini disusun pun tim masih bergerak melakukan dropping bantuan. "Semoga banjir segera surut dan ke depannya kami berharap kerjasama yang sudah terjalin baik antara Dishub Pati dan IOF Pengcab Pati ini semakin solid dan berjalan terus terutama dalam kegiatan-kegiatan kemanusiaan," pungkas Teguh.


Teks & Foto: dJansen