• Editor

Driving Impression BMW X5 xDrive40i xLine (Bagian 2): Teknologi dan Fitur Keamanan


  • Klasterisasi di kabinnya memudahkan pengemudi memahami berbagai sistem dan teknologi  yang disodorkan X5.


The All New BMW X5 dibekali dengan generasi terbaru BMW Connectivity Technologies, layanan digital cerdas yang dinamai BMW Operating System 7.0. Sistem terbaru ini kian memudahkan pengemudi untuk mengoperasikan berbagai fungsi dari kendaraan baik melalui sentuhan seperti umumnya pada layar sentuh, gerakan (gesture control) sampai perintah suara. Komando dapat juga dilakukan dengan menyentuh touch pad di bagian atas swivel wheel i-Drive atau dengan menggerakkan roda swivel wheel i-Drive.   

  • Layar di balik kemudi (Live Cockpit Professional) berukuran 12,3 inci yang dapat dipersonalisasi selain  menampilkan informasi kendaraan juga dapat menampilkan informasi sistem hiburan dan peta sebagai alat bantu navigasi.


Seperti halnya BMW 730Li M Sport yang kami coba sebelumnya, X5 juga dibekali  Driver Assistant System yang mencakup teknologi-teknologi Steering and Lane Control Assistant incl. narrow places, Emergency Stop Assistant, Local Hazard Warning, Lane Keeping Assistant with Active Side Collision Protection, Cruise Control, Road Sign Recognition, Distance Control, Speed Limit Assist dan Park Assist. Untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan fungsi-fungsi yang ada, sistem tersebut dapat dipersonalisasi dengan pengaturan pada layar BMW Live Cockpit Professional.

  • Untuk setting dan sistem multimedia dikontrol melalui layar widescreen infotainment system berukuran 7 inci yang ada di tengah dasbor.


Layanan digital cerdas dan sistem bantuan pengemudi selain menghasilkan koneksi tanpa batas juga menawarkan kenyamanan dan keamanan maksimum berkat sistem operasi yang mudah dipahami atau intuitif.

  • Selain sentuhan  atau gesture pada layar,Pengaturan dapat dilakukan dengan memainkan tombol, iDrive touch controller atau melalui perintah suara yang akan ditangkap mic yang ada di headliner sisi pengemudi dan penumpang depan.


Akan butuh waktu untuk mengoperasikan dan membiasakan dengan fungsi yang demikian banyak. Untungnya BMW mengklasterisasi fungsi-fungsi tersebut untuk  memudahkan pengemudi mengoperasikannya. Untuk setting dan sistem multimedia diatur dengan memantau layar di tengah dasbor, sementara panel meter dan sistem bantuan pengemudi dikontrol melalui layar di balik kemudi. Pengaturan dapat dilakukan dengan menyentuh layar, gerakan atau melalui gerakan fisikal seperti sentuhan di touchpad atau gerakan pada i-Drive touch controller dan tombol di lingkar kemudi.

Safety Feature

  • Melibas tikungan dengan kecepatan tinggi bukan masalah berkat keberadaan fitur Cornering Brake Control (CBC).


BMW X5 dilengkapi dengan sistem keamanan luar-dalam standar sebuah luxury SUV meliputi sistem keamanan pasif yaitu 7 airbag, jok ISOFIX, safety battery clamp, dynamic braking lights, runflat indicator, warning triangle+first aid set dan attertiveness assistant. Dengan sistem keamanan aktif berupa Dynamic Stability Control (DSC) incl. traction mode (DTC), Anti-lock Braking System (ABS), Cornering Brake Control (CBC), pullaway assistant, braking readiness, Electromechanical Parking Braking dengan fungsi Automatic Hold Function dan sistem penggerak 4 roda xDrive incl.variable torque distribution & Hill Descent Control.

  • Ada 7 airbag di sekeliling kabin, salah satunya curtain head airbag di pilar C ini.

  • Jok baris kedua punya fitur ISOFIX, child seat mounting incl, top tether.


Oh iya, pada fitur Hill Descent Control, kita dapat mengatur kecepatan ketika melewati jalan menurun melalui tombol di sisi kiri setir. Jika turunan panjang dan tidak terlalu curam, kita tidak menyesuaikan kecepatannya tanpa harus repot mengatur tekanan pada pedal gas dan memainkan rem. Semua dikontrol secara otomatis oleh sistem cerdasnya.

  • Kamera tertanam di balik spion dalam, digunakan sebagai input data diantaranya untuk sistem pullaway assistant dan Lane Departure Warning.


Baca juga: Driving Impression BMW X5 xDRIVE40i xLINE (Bagian 1): The Intimidating Boss


Teks & Foto: Nugroho Sakri Yunarto

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online