• Editor

Exclusive Interview: Carlos Rodrigues (Mortagua Fighter)


Carlos Manuel Almeida Rodrigues, bersama karya terbarunya Infernal Chaos.

Mortagua Fighter adalah rumah modifikasi spesialis streetfighter yang ada di kota Mortagua, Portugal. Seperti proyek-proyek sebelumnya (Mortagua Fighter 1 – 8), Carlos Manuel Almeida Rodrigues, sang builder selalu mengekspresikan idealismenya dalam membangun motor petarung jalanan.


Sebagaimana musik death metal yang kerap mengilhaminya, pria 44 tahun pecinta Amon Amarth, kelompok musik aliran melodic death metal asal Swedia ini mewujudkan konsep itu ke dalam tiap detail cadas dan rumit yang dikerjakannya, dengan polesan keterampilan tangannya sebagai seorang glassmaker berpengalaman selama 25 tahun.


Karena semua dilandasi dengan passion dan skill mumpuni, tak heran jika karya-karya Carlos kerap memenangkan kejuaraan dunia untuk kategori Streetfighter.

Seperti Mortagua Fighter 8 yang pada gelaran International Custombike Championship Germany (ICCG) di Bad Salzuflen, Jerman (01-03/12) tahun lalu berhasil menyabet predikat Best Fighter.


Mortagua Fighter 8 menyabet predikat Best Fighter pada gelaran International Custombike Championship Germany (ICCG) di Bad Salzuflen, Jerman (01-03/12) tahun lalu.

Nah info terbaru, Carlos yang punya hubungan khusus dengan OTOPLUS bahkan sempat berlangganan versi tabloidnya dulu, baru saja berkirim email untuk mengabarkan bahwa proyek terbarunya, Mortagua Project 9 baru saja rampung.

Berikut ini obrolan OTOPLUS-ONLINE bersama Carlos seputar motor yang terinspirasi band death metal asal Taiwan tersebut.


Mortagua Fighter 9 (Infernal Chaos)

Ide apa yang melatarbelakangi Mortagua Fighter 9 ini?

Ide pada project 9 ini adalah mengikuti garis desain dari dunia penerbangan.

Kenapa diberi nama Infernal Chaos?

Infernal Chaos adalah nama sebuah band metal yang kebetulan sesuai dengan jenis music kesukaan saya. Dari situlah saya ambil nama Infernal Chaos (band thrash metal asal Taiwan).

Apa konsep desain yang Anda pakai untuk Mortagua Fighter 9?

Konsep yang saya pakai mengacu pada gaya yang lahir di Eropa yaitu street fighter. Tapi saya ingin memunculkan lagi gaya baru, yaitu radical fighter yang lebih agresif.

Bagaimana Anda membuat sasis dan rangka, serta body?

Saya bikin sendiri rangka motor ini dari bahan baja mulai dari nol. Begitu juga dengan lengan ayun (swingarm). 100% buatan saya. Baru untuk bodywork termasuk semua cover kamuflase itu saya buat dari aluminium, sehingga tidak terlalu berat.

Anda butuh waktu hampir 2 tahun untuk membangun motor ini. Apa yang paling sulit dari proyek ini?

Memang benar saya butuh waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan motor ini. Sebab proyek ini adalah hobi. Jadi saya suka melakukannya perlahan.

Apakah Anda sudah pernah menjajal motor ini? Bagaimana kesan Anda?

Motor ini akan menjalani test pertama bulan depan. Kami akan melakukan sesi fotografi juga bersamaan dengan itu. Yang jelas, ketika saya coba duduk di atas motor ini, posisi berkendara sangat menunduk sekali.

Ceritakan sedikit tentang proyek selanjutnya Mortagua Fighter 10

Project 10 nanti saya akan gunakan mesin Honda 600 Shadow dan menggunakan sistem penggerak roda depan...

Spesifikasi

Nama motor: INFERNAL CHAOS (Mortagua Fighter 9) Tahun: 2019 Negara: Portugal Builder: Carlos Rodrigues Mesin: Suzuki Bandit 600 Sistem pendingin: udara & oli Knalpot: Mortagua Karburator: Suzuki (original) Frame: Mortagua Fork depan: Mortagua Pelek depan: Suzuki (original) Pelek belakang: Suzuki (original) Ban: 120-60-17 (depan) 190-60-17 (belakang) Cakram rem depan: Mortagua Cakram rem belakang: Suzuki (original) Sistem elektronik: Suzuki (original) Cat: Joe Garage Designs Tangki bahan bakar: Mortagua Headlight: Mortagua Bodywork: Mortagua Polishing & chrome: Perbal.pt Builder: Carlos Rodrigues, Mortagua - Portugal


Naskah: Indramawan

Foto: Mortagua Fighter for OTOPLUS-ONLINE


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online