• Editor

Factory-Custom Look

BMW G310S (GDZH Custom).

Sekilas, tampangnya memang seperti BMW G310S custom versi pabrikan. Tapi sebenarnya, motor milik Herry Prasetyo Go ini adalah hasil garapan Dana Prasetya dari workshop GDZH, Jombang.


“Tujuan modifikasinya adalah untuk memperkuat identitas BMW G310S sebagai motor dual purpose tangguh, tanpa menghilangkan ciri khas pabrikan,” buka builder berbakat ini.

Untuk itu, konsep street tracker dianggap paling cocok. “Sebab rombakan dengan konsep seperti ini, tak mengharuskan ubahan pada rangka,” lanjut Dana. “Jadi tetap standar. Apalagi desain rangka pada BMW G310S ini adalah salah satu kelebihan motor ini.” Baca juga: Hindari Memodifikasi Mesin & Rangka BMW G 310. Kenapa?


Kaki-Kaki

Karena rangka masih utuh, maka proses modifikasi dimulai pada kaki-kaki. “Itu pun sebatas penggantian ban dual purpose, Metzeller Karro3, spek 160/70 -17 belakang, dan 130/80-17 depan,” tunjuk Dana.


Sementara untuk pelek dan suspensi, semua asli bawaan motor. “Sebab dirasa sudah cukup mumpuni untuk melibas trek semi off-road,” jelasnya.


Bodi

Rombakan terbesar ada pada sektor ini. Hampir semuanya dirombak, kecuali tangki. Sebut saja sepatbor depan, batok lampu, dan bodi belakang, yang dibuat dari plat besi, 1.4mm. Khusus untuk skid plate dibuat dari bahan aluminium 3mm.


Menurut Dana, tak mudah untuk mendesain dan membuat bodi baru ini. “Sebab kami ingin setiap transisi pada bodi dibuat se-natural mungkin menyatu dengan tangki dan jok orisinal BMW. Sehingga kesannya seperti steet tracker berotot keluaran pabrik,” kata Dana.

Dan untuk memperkuat tampilan muscular street tracker, ­Dana menambahkan komponen variasi berupa engine guard, yang dibuat dari pipa besi 1.4". Begitu pula untuk header knalpot yang dibuat sendiri dan didesain melintang ke atas seperti motor off-road.

Dengan tambahan livery khas BMW, alhasil G310S ini jadi benar-benar seperti motor factory-custom!


Data modifikasi:

Ban depan: Metzeller Karoo3 130/80-17 Ban belakang: Metzeller Karoo3 160/70-17 Pelek: stock Body: custom

Tangki: stock Setang: Protaper Swingarm: stock Fork: stock Shockbreaker belakang: stock Silencer knalpot: Akrapovic

Handguard: Barkbuster

Builder: GDZH CUSTOM CYCLE IG: @gdzhcustom_mc Ownwer: Herry Prasetyo Go IG: @herry_prasetyo_go


Naskah: Indramawan

Foto: ICEC for OTOPLUS-ONLINE


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online