• Editor

First Impression MINI Cooper Convertible 2021 yang Dipasarkan Mulai Rp 900 Jutaan

MINI generasi ketiga hadir dengan desain segar dan murni, mengusung layanan digital dan teknologi kendaraan revolusioner.

Aksen krom digantikan dengan aksen piano black untuk kesan lebih modern


OTOPLUS-ONLINE I MINI Indonesia meluncurkan versi LCI (Life Cycle Impulse) dari MINI generasi ketiga yang hadir dengan desain segar dan murni, dengan mengusung layanan digital dan teknologi kendaraan yang revolusioner pada hari Jumat, 20 Agustus 2021 lalu, .

Soft top dapat membuka dalam 18 detik, termasuk dalam kondisi berjalan selama pada kecepatan maksimal 30 km/jam


Ada 8 varian yang diluncurkan dua varian MINI 3-Door, dua varian MINI 5-Door, dua varian MINI Cabrio, dan MINI John Cooper Works yang tersedia dalam varian 3-Door dan Cabrio.


Baca juga: MINI Indonesia Luncurkan 8 Varian Baru Bersamaan, Sekarang dengan Harga On The Road

Mesin 3 silinder 1.500 cc twin power turbo. Mesin ini menghasilkan tenaga sebesar 136 ps dan torsi 220 Nm/1.480-4.100 rpm


Kebetulan ada MINI Cooper Cabrio LCI yang terpajang di showroom Plaza Mini Surabaya. Di Surabaya, MINI Cooper Cabrio 2021 dipasarkan dengan harga OTR Rp 930 juta (Cooper), Rp 1,070 miliar (Cooper S) dan Rp 1,23 miliar (John Cooper Works). Kita amati yuk detail ubahannya.

Gril model hexagonal, memberikan kesan lebar dan semakin rendah ke tanah


Tampak depan, perubahan jelas terlihat pada desain gril yang kian menegaskan bentuk hexagonal dengan bingkai berwarna piano black.

Dimensi panjang total hanya 3.876 mm


Mengamati sekeliling bodi jelas terlihat kalau MINI menggantikan semua aksen krom dengan rona piano black untuk menghadirkan kesan modern.

MINI menyediakan 9 pilihan pelek untuk model 2021


Dimensi gril hexagonal yang terlihat dominan itu memberi kesan lebih lebar dan rendah seakan lebih dekat dengan jalan.

Antena shark fin diletakkan di depan


Masih di area depan, posisi foglight pada MINI terbaru ini digantikan dengan air curtain yang diklaim efektif meningkatkan aspek aerodinamika dan menegaskan kesan lebar tadi.

Lampu belakang Union Jack


Headlight-nya LED sebagai standar namun MINI juga menyediakan headlight adaptive technology sebagai opsional. Headlight itu dibingkai dengan panel berwarna piano black untuk menguatkan bentuknya.


Mengamati bagian samping, terlihat tidak berubah. MINI mempertahankan overhang depan-belakang yang pendek untuk mempertahankan go-kart feel.

Side scuttels dengan desain baru sekaligus menjadi rumah sein LED


Kalaupun ada perbedaan hanya pada side scuttels yang sekaligus berfungsi sebagai rumah sein LED dan desain pelek baru. MINI menyediakan 9 pilihan pelek berukuran 17-18 inci untuk model 2021 yang dipasarkan di Indonesia.

Bagasi berkapasitas 215 liter yang dapat ditingkatkan menjadi 433 liter dengan melipat salah satu kursi belakang yang masih dapat ditingkatkan lagi menjadi 661 liter


Perubahan signifikan juga tampak pada bumper belakang. MINI juga menerapkan desain hexagonal di area itu. Upgrade lain terlihat dari lampu belakang model Union Jack seperti yang sudah tersemat di varian John Cooper Works pra LCI.


Bagaimana dengan interior? Yuk kita masuk ke dalam!

Kabinnya menggugah untuk dinikmati


Kabin belakang jelas bukan untuk orang dewasa, sempit banget!


Desain setir baru dengan setelan reach dan rake yang memiiki rentang penyetelan luas


Digital instrument cluster berukuran 5 inci


MINI Visual Boost dengan layar sentuh beresolusi tinggi ukuran 8,8 inci. Sistem multimedianya memiliki konektivitas wireless Apple Carplay


Rollbar pengaman ini akan pop up seandainya terjadi kecelakaan sampai menyebabkan mobil terbalik



Teks dan Foto: Nugroho Sakri Yunarto