• Editor

Garuda UNY Eco Team Menangkan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 Kategori Urban Gasoline

Capaian 498,75 Km/liter pecahkan rekor Asia Pasifik Shell Eco-Marathon (SEM) dan rekor nasional KMHE 2017.

Garuda UNY (Universitas Negeri Yogya) Eco Team


OTOPLUS-ONLINE I Digelar sejak 15 November 2021, di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, rangkaian gelaran Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 diakhiri dengan Closing Ceremony yang digelar pada Jumat, 19 November 2021 kemarin di Graha UNESA Surabaya.


Pada kesempatan itu, diumumkan sekaligus diberikan penghargaan kepada para pemenang lomba mobil irit hemat energi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

DR. Sutiman, MT (kanan) selaku Dosen Pembimbing Garuda UNY Eco Team


"Alhamdulillah, kami berhasil keluar sebagai Juara Pertama Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 untuk kategori Urban Gasoline, dan berhasil memecahkan rekor dengan capaian hampir 500 km per liter," buka DR. Sutiman, MT selaku Dosen Pembimbing Garuda Universitas Negeri Yogya (UNY) Eco Team kepada OTOPLUS-ONLINE.

Penampilan Garuda Universitas Negeri Yogya (UNY) pada Eco Fun Race sebagai ajang eksebisi di KMHE 2021. Sayang sekali, pada kesempatan ini mengalami masalah pada girboks sehingga dinyatakan DNF (did not finish)


Ditambahkan oleh Sutiman, karena kompensasi temperatur, akhirnya capaian yang diraih dihitung jadi 498,75 Km/liter, yang diukur dari jarak gelinding.


Capaian Garuda Universitas Negeri Yogya (UNY) Eco Team ini sekaligus memecahkan rekor Asia Pasifik Shell Eco-Marathon (SEM) 392 km/liter. Juga rekor nasional KMHE 2017 yang dibuat oleh tim Sapuangin ITS dengan capaian 404 km/liter.

Tim Nogogeni dari ITS Surabaya sebagai Juara 1 KMHE 2021 Kategori Urban - Electric


Menurut Sutiman, prestasi ini bukan yang pertama mereka ukir. "Tahun 2018 lalu, kami bersama tim ITS bersama tim Semar UGM mewakili Asia Pasifik di International Championship," kata Sutiman.


Sebagai informasi, tahun 2018 itu, Tim Semar Urban UGM Indonesia dari Universitas Gadjah Mada, Tim ITS Team 2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, dan Tim Garuda UNY Eco Team dari Universitas Negeri Yogyakarta menjadi pemenang ajang adu cepat mobil hemat energi Drivers’ World Championship Regional Asia yang digelar di Singapura.

Tim IST AKPRIND 2 dari Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta sebagai Juara 1 KMHE 2021 Kategori Prototype - Diesel


Atas raihan ini mereka berhak mewakili region Asia Pasifik untuk berhadapan dengan tim-tim UrbanConcept terbaik dari kawasan Amerika dan Eropa dalam putaran Grand Final yang digelar di ajang Make the Future Live di London, Inggris pada 8 Juli 2018.


Selain itu pada Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2019 Garuda UNY ECO Team berhasil menjadi juara kedua untuk kategori Internal Combustion Engine dengan capaian 382.9 kilometer/liter.


Baca juga: Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021 Dimeriahkan Fun Drag Race dan Eco Race


"Mobil kami waktu itu mengalami masalah aerodinamika," kata Sutiman. Karena itulah diputuskan untuk ganti bodi, dengan tetap menggunakan konsep mobil yang sama, yakni dengan basis mesin 110cc yang dimodifikasi agar bisa seiirit mungkin.


"Dan Alhamdulillah, desain yang kami buat ini membawa kami pada peringkat ke-5 dunia di ajang Shell Eco Marathon (SEM) Virtual League 2021 lalu," lanjut Sutiman.

Tim Marawa dari Universitas Andalas Padang sebagai Juara 3 KMHE 2021 Kategori Prototipe - Gasoline


Selain itu pada SEM Virtual League 2021 yang diselenggarakan melalui rangkaian kompetisi yang berlangsung dari September 2020 hingga Juli 2021, Tim GARUDA ECO Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) berhasil merebut juara ke-2 Virtual Technical Inspection untuk kategori Urban Concept.


Berikut ini para pemenang Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2021:


Teks: Indramawan

Foto: Indramawan, Arsyad Mustaqim