• Editor

GL Max Cafe Racer Wakil Region Surabaya di Grand Final ICEC Jakarta 2019

(Timbul Motor Custom)

Dulu Timbul Motor Custom pernah bikin motor café racer dengan basis Yamaha Scorpio untuk gacoan kontes. Sesuai harapan, motor itu kerap dapat nomor di beberapa acara motor custom. Namun sayang, motor itu justru akhirnya dijual sama pemiliknya.


“Jujur kami eman… campur kecewa juga pada akhirnya,” buka Agus Brewok, builder Timbul Motor Custom.

Untunglah, datang kesempatan untuk bikin gacoan baru. “Kali ini, justru adik sendiri yang merelakan motornya untuk dimodif,” senyum Agus.


Seolah masih sulit move on, Agus mengulang konsep yang sama dengan motor gacoan yang sudah laku tersebut, yaitu café racer. “Semuanya saya kerjakan sendiri,” sergah Agus yang punya misi unjuk kebolehan bahwa bengkelnya bisa bikin motor custom sesuai konsep yang diinginkan.

Dan terbukti! Meski mengalami kesulitan dalam hal pendanaan, namun café racer gacoan baru Timbul Motor Custom ini banyak dipilih oleh juri peserta (semua builder peserta berhak jadi juri di kelas yang diikutinya, Red.) di ajang Indonesian Custombike Expo & Championship (ICEC) region Surabaya bulan November lalu. Alhasil Agus berhasil keluar sebagai juara 1 kelas Café Racer, dan berhak maju ke grand final di Jakarta bulan April mendatang.


Rangka

Basis rangka masih mengambil dari orinya. “Cuma bagian belakang saya ubah total. Dibikin simpel tapi kelihatan ekstrem,” tunjuk Agus.


Kaki-kaki

Lanjut ke kaki-kaki, fork depan memakai punya Suzuki GSX 250. Yang menarik ada di sektor belakang. Agus membuat sendiri swingarm yang didesain supaya monoshock Scorpio bisa terpasang dengan baik. Secara desain memang lengan ayun ini terlihat matching dengan rangka.

Juga teromol limbah CBX 550 yang diduetkan dengan pelek Rossi, serta dibalut ban merk Zeneos Torino. “Biar kelihatan gagah dan garang, meski konsepnya café racer, tapi menggunakan ban semi pacul,” kata Agus.


Bodi

Urusan bodi, Agus memang suka main simple tapi garang. Berbekal bodi ori yang dicustom, Agus berhasil membuatkan tangki custom sehingga motor terlihat ramping.


Data modifikasi

Ban depan: Zeneos Turino 120/70 – 17 Ban belakang: Zeneos Turino 160/70 – 17 Pelek depan: Rossi 350 – 17 Pelek belakang: Rossi 450 - 17 Bodi: ori custom Tangki: custom Setir: KTC clip on Swingarm: custom Headlamp: custom Fork depan: Suzuki GSX 250 Shockbreaker belakang: Scorpio Builder: Agus Brewok (Timbul Motor Custom) Alamat: Jl. Raya Banyu Urip 187, Surabaya HP: 62 822-3243-5315


Naskah: Indramawan

Foto: ICEC for OTOPLUS-ONLINE


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online