• Editor

Gymkhana Moto Academy 2021 Jadi Ajang Pembelajaran Safety Riding yang Menyenangkan

"Kami melihat, penyampaian materi safety riding saat ini terkesan terlalu formal. Dari sini kami tergerak untuk mengajak teman-teman meningkatkan pemahaman safety riding melalui peningkatan skill berkendara dengan konsep slalom yang lebih menyenangkan..." (Hari Wicaksono - Trailveller)

OTOPLUS-ONLINE I Gymkhana Moto Academy 2021 yang digelar oleh Trailveller di Lapangan Parkir Timur Plasa Surabaya (14/03) kemarin mendapat respon positif dari komunitas roda dua di Surabaya.

  • Konsep Gymkhana Moto Academy adalah pemberian materi skill berkendara dan safety rdiing melalui teknik slalom yang fun dan edukatif

Pasalnya, dengan mengusung konsep fun slalom battle, Gymkhana Moto Academy yang turut didukung oleh OTOPLUS-ONLINE ini jadi ajang pembelajaran safety riding yang menyenangkan.

  • Soya Angie peserta dari komunitas Honda CRF150L Surabaya

Seperti yang dituturkan Soya Angie dari komunitas Honda CRF150L Surabaya. "Saya sering ikut trabasan. Dari situ, saya ingin membekali diri dengan penguasaan safety riding yang benar. Sebab kalau di hutan kan kita main trabas aja, Tapi ketika di jalan raya, saya merasa masih banyak yang harus saya pelajari, terkait dengan keterampilan berkendara dengan teknik slalom. Terutama bagaimana ambil ancang-ancang membelok yang benar. Apalagi dengan rintangan berupa kun yang harus dilewati dengan teknik menikung ke kiri dan kanan. Ternyata lebih sulit ini lho ketimbang trabasan," senyum Soya.

  • Sigit Krisdiyanto (kiri), peserta dari komunitas R15 V3 Indonesia Chapter Surabaya

Hal senada juga disampaikan Sigit Krisdiyanto dari komunitas R15 V3 Indonesia Chapter Surabaya. "Saya tertarik mengikuti kegiatan latihan bersama gymkhana ini karena ingin melatih keterampilan berkendara, terutama dalam hal cornering, atau zig zag. Sebab selama ini saya belum pernah dapat kesempatan belajar dan berlatih dengan instruktur seperti ini . Padahal mengendarai motor sport full fairing itu butuh teknik yang beda, terutama ketika cornering atau zig zag tadi. Jadi saya pikir kegiatan ini positif dan menyenangkan," ujar Sigit yang datang bersama dua orang temannya.

  • Benedict Siswoyo, seorang peserta dengan latar belakang pekerjaan wiraswasta

Tak hanya dari kalangan komunitas. Peserta Gymkhana Moto Academy ini juga datang dari latar belakang perorangan. Salah satunya adalah Benedict Siswoyo, seorang wiraswasta di Surabaya. "Saya ikut kegiatan ini karena pengin tahu cara berkendara yang baik dan benar seperti apa. Dan yang paling berkesan adalah riding position. Ternyata dari hal sepele seperti ini, saya justru paling banyak dikoreksi oleh instruktur. Ini menunjukkan bahwa berkendara motor itu tidak asal bisa naik motor saja, tapi banyak hal lain yang perlu diketahui. Karena itu saya usulkan, event seperti ini lebih banyak lagi diadakan," ujar Benedict yang membawa serta motornya, Honda Astrea Star 1987 full restorasi karena sekaligus ingin tahu, apakah motor lawas seperti ini masih mampu dipakai untuk menaklukkan rintangan,

  • Hery Mardi dari Pengprov Komisi Digital Motorsport Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim

  • Tata cara pelaksanaan diawasi dan telah sesuai dengan ketentuan IMI selaku regulator

Menanggapi hal ini, Hery Mardi dari Pengprov Komisi Digital Motorsport Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jatim menyambut positif kegiatan latihan bersama gymkhana atau slalom ini.

  • Pada sesi latihan, instruktur memberikan materi basic slalom seperti zig-zag, circle atau berputar mengitari putaran besar dan kecil

"Memang harus ada yang memulai, karena kalau enggak, kegiatan yang punya tujuan sangat positif ini tidak akan jalan-jalan," semangat Hery.


Ditambahkannya, IMI Jatim dulu pernah bikin kegiatan seperti ini juga di lokasi ini dengan peserta komunitas motor anggota IMI Jatim. "Waktu itu namanya Riding Game 2019. Kita sebut 'game' karena formatnya bukan kejuaraan slalom, tapi sebatas fun. Meskipun konsepnya sama, yaitu menanamkan dasar-dasar ketangkasan berkendara, ketepatan waktu, pembacaan soal yang diberikan," ungkap Hery.

  • Video salah satu peserta wanita sedang latihan ketangkasan melewati lintasan di atas CRF150L

  • Menanamkan dasar-dasar ketangkasan berkendara, ketepatan waktu, pembacaan soal yang diberikan

Lebih lanjut Hery mengatakan, dengan terselenggaranya Gymkhana Moto Academy ini paling tidak IMI Jatim sekarang punya partner, dan sangat terbantu. "Jadi silakan kalau ada ide dari komunitas disampaikan saja pada kami. Sebagai regulator, pasti kami akan wadahi dan bantu, paling tidak bisa kita backup dalam hal regulasi, dan pelaksanaannya.

  • Digelar dengan format latihan bersama sesuai protokol kesehatan COVID-19, dan karena itu tertutup bagi penonton umum

Seperti pada pelaksanaan Gymkhana Moto Academy ini, IMI Jatim turut memastikan pelaksanaannya sudah menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Bisa dilihat dari kegiatan Gymkhana Moto Academy ini yang tertutup bagi penonton masyarakat umum.

  • Briefing pemberian soal kepada peserta berupa jalur lintasan yang harus dilalui dengan tanda berupa kun warna hijau dan merah, dan dua kun (double) warna hijau dan merah

  • Untuk membantu menghafal lintasan dan tanda-tanda yang harus dilewati, maka peserta diajak berjalan mengikuti jalur lintasan

Selain itu, pelaksaaan diawali dulu dengan briefing, pemberian materi, latihan basic slalom seperti zig-zag, circle atau berputar mengitari putaran besar dan kecil, pemberian soal berupa lintasan yang harus dilewati dengan tanda berupa kun warna hijau dan merah yang harus dihafalkan. Paling penting ada evaluasi kepada setiap peserta bagaimana tadi cara bawa motornya.

  • Catatan waktu peserta dihitung dengan transponder saat start hingga finish

"Dari sini paling tidak kita ajarkan kepada peserta untuk mengenali motornya terlebih dahulu, karena setiap motor butuh penguasaan berkendara yang berbeda. Cara bawa motor sport berfairing pasti beda dengan motor matik," tunjuk Hery.

  • Kun warna merah harus dilewati dengan posisi pengendara di sebelah kanan

  • Sementara kun warna hijau harus dilewati dengan posisi pengendara di sebelah kiri

  • Dua kun warna merah artinya harus diputari dengan posisi pengendara di sebelah kanan, begitu pula dua kun warna hijau yang harus diputari dengan posisi pengendara di sebelah kiri

Selain itu ditambahkan pula oleh Hery, pada prinsipnya latihan bersama gymkhana atau slalom ini sama dengan upaya menanamkan safety riding yang pada pelaksanaannya harus mentaati peraturan lalu lintas. "Di jalan kalau kita langgar peraturan lalu lintas kita akan kena tilang. Tapi kalau di sini akan terkena penalti," jelas Hery.


Hari Wicaksono dari Trailveller pun membenarkan pernyataan ini bahwa tujuan digelarnya Gymkhana Moto Academy ini adalah mengajak peserta, dalam hal ini komunitas roda dua, untuk memahami safety riding dengan cara yang menyenangkan.

  • Hari Wicaksono dari Trailveller sebagai penggagas kegiatan Gymkhana Moto Academy

"Sebab kami melihat, penyampaian materi safety riding saat ini terkesan terlalu formal. Dari sini kami tergerak untuk mengajak teman-teman meningkatkan pemahaman safety riding melalui peningkatan skill berkendara dengan konsep slalom yang lebih menyenangkan, karena slalom sendiri merupakan simulasi dari kondisi di jalanan. Kita dituntut mampu melakukan zig zag yang benar dan aman ketika harus menghindari sesuatu di depan secara tiba-tiba, atau mengerem mendadak, antispasi sebelum menyalip. Semua ini perlu dilatih karena kami yakin meski teman-teman semua bisa kendarai motor, tapi tidak semuanya tapi belum tentu bagus penguasaannya," ujar Hari yang tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua peserta, termasuk sponsor.

  • Firman S. Permana selaku General Manager Surabaya Suites Hotel sebagai salah satu sponsor

Pada kesempatan ini, tampak turut hadir Firman S. Permana selaku General Manager Surabaya Suites Hotel sebagai salah satu sponsor acara ini.


"Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini, dan semoga bisa jangka waktu yang panjang, karena kami melihat selama pendemi ini banyak aktivitas yang tenggelam. Karena itu kami ingin mengajak teman-teman dan komunitas untuk terus bersemangat mengadakan kegiatan yang positif dan sesuai prokes," ujar Firman.

  • Acara penutupan berupa foto dan doa bersama, makan siang, serta pembagian doorprize dari sponsor

Akhirnya, keguatan Gymkhana Moto Academy yang dimulai jam 08.00 pagi ini diakhiri pada jam 12.00 dengan acara foto bersama, dan makan siang yang diselingi doa bersama dan pembagian doorprize dari sponsor, Sampai jumpa pada Gymkhana Moto Academy putaran selanjutnya.


Thanks to:

  • Pertamina

  • Surabaya Suites Hotel

  • Plasa Surabaya

  • Dunia Racing Motor Sport Surabaya

  • IMI Jatim

  • Para peserta Gymkhana Moto Academy

  • OTOPLUS-ONLINE


Teks, Foto, & Video: Indramawan