• Editor

H-D Fat Boy 'Speedster' Besutan Entrepreneur Belanda Ini Kalem Tapi Sangar!

Teks & Foto: Onno “Berserk” Wieringa (madnessphotography.nl)

Editor: Indramawan

OTOPLUS-ONLINE I Berkendara motor memberikan kedamaian dalam hati dan pikiran seseorang. Hal seperti ini sangat dibutuhkan Ard, seorang entrepreneur yang punya kesibukan tinggi. Hingga akhirnya suatu hari, dia putuskan datang ke Motor Saloon, dealer resmi Harley-Davidson yang ada di Amersfoort, Belanda.

Ketika bertemu Ard pertama kali, saya langsung tahu, dia adalah orang yang tahu apa keinginannya. Sebuah custom version dari Fat Boy Softail yang bisa diandalkan dalam hal performa dan mudah dikendarai.

“Saya sudah sering melihat iklan dan pemberitaan Harley-Davidsons custom yang dibangun Motor Saloon selama lebih dari 50 tahun. Jadi setelah kunjungan saya ke dealer itu, saya langsung putuskan pengin punya motor custom garapan mereka,” buka Ard.

Ditambahkannya, dia sudah ada bayangan, harus bagaimana motor itu jadinya. “Hanya saja, saya tidak ada gambaran catnya. Saya kesulitan membayangkan warna yang tepat untuk motor ini. Jadi saya berikan saja urusan yang satu ini pada Marco (Marco van Velzen - pemilik Motor Saloon).”

Soal konsep desainnya sendiri, Ard menjelaskan, motor ini harus memiliki taste, tapi tetap terlihat kalem tapi sangar. “Sebab saya tidak cocok dengan hal-hal yang berbau bling-bling.”

Marco pun langsung memilihkan warna hasil perpaduan matte black dan gloss black, dengan aksentuasi striping putih, yang juga dibentuk menjadi siluet logo Bar & Shield H-D sehingga menambah kedalaman desainnya.

Selama pengerjaan motor ini, Ard bersama dengan Mark v / d Laar, mekanik top Motor Saloon membuka-buka hampir semua catalog, melihat foto-foto proyek sebelumnya, untuk dijadikan acuan, hingga akhirnya motor pun jadi.

Dari sini kita bisa lihat, custom bike bisa terlihat sangat cantik dan nyaman dikendarai. Hal kecil seperti sadel, pijakan kaki, setang dengan pemilihan bentuk yang tepat memberikan kontribusi yang besar.

Sepatbor custom dengan lampu belakang LED yang tertanam di dalamnya, tampak serasi dengan ban belakang ekstra gambot dan terkesan penuh.

Begitu pula cat pada tangki terlihat padu dengan hal-hal kecil seperti tutup bensin. Semua memberikan tampilan yang kalem, di balik nama sangar yang diberikan pada motor ini, Speedster! Ya nama ini diambil dari salah satu model knalpot keluaran Cobra.

Sementara suspensi udara Airride menjadi cara yang tepat untuk memberikan tongkrongan ceper, sekaligus posisi berkendara yang nyaman.

Tapi ada satu yang kurang, yaitu pelek. Ard tidak bisa langsung menunjuk model seperti apa yang dia inginkan. Tapi saat berkunjung untuk melihat bagaimana proses pengerjaan motornya, dia tiba-tiba langsung mengerti, solid wheels bawaan harus digantikan dengan pelek jari yang menempel pada salah satu motor di showroom.

“Saya langsung tahu, pelek Digger aluminium itu akan melengkapi tampilan keseluruhan motor ini,” sergah Ard yang paham konsekuensinya. Dia harus bersabar menunggu pelek itu datang dikirim.

Dan benar saja. Begitu pelek datang, motor pun siap untuk dikendarai. Ard yang tinggal di wilayan bagian timur negara ini langsung tidak sabar mengendarainya. Tak peduli cuaca yang cerah itu berubah cepat menjadi mendung, dan hujan pun mulai turun tepat ketika pemotretan ini selesai. Namun Ard tak peduli meskipun menurut saya, dia akan butuh waktu seharian mencuci motornya setibanya di rumah....


Specification:

Builder: H-D / Motor Saloon Model: Harley-Davidson FLFB Softail Fat Boy Engine: H-D M8 Air filter: Screamin 'Eagle Ventilator Extreme Exhaust system: Cobra Speedster Engine covers: Arlen Ness Derby & Timer cover

Wheels: 21 ”Digger front wheel / spoke disc / Metzeler tire, 18 ”Digger rear wheel / spoke disc & pulley / Metzeler 260 tire Rear fender: custom made, steel with mini lights Front fender: "Short" custom Saddle: custom made Leather saddle bag: custom made Grips: H-D Edge Cut Collection Turn indicators: mini front, rear: integrated in rear fender Shift pedal and shift rod: H-D Edge Cut Collection Brake pedal: H-D Edge Cut Collection Running boards: H-D Edge Cut Collection Mirrors: Profile custom Billet H-D Axle Covers

Side Mount license plate holder: custom made Shock absorbers: TB Air Ride Paintwork: Special Paint


Thanks to: Marco van Velzen - Motor Saloon, Koen & Mark v / d Laar

© 2021 OTOPLUS-ONLINE

This website is owned and published by PT Media Kreasi Indonusa.

Reproduction of text, photographs or illustrations is not permitted in any form.