• Editor

HBC Terus Salurkan Bantuan Korban Banjir dan Gempa, Meski Anggota Turut Jadi Korban

Lewat Program Pray For Indonesia, Honda Brio Community (HBC) Chapter Banjarmasin dan Mamuju terus bergerak galang donasi dan bantuan untuk korban banjir di Banjarmasin, dan gempa bumi di Mamuju.

OTOPLUS-ONLINE I Setelah banjir besar melanda wilayah Banjarmasin dan sekitarnya (20/01/2021) lalu, Honda Brio Community (HBC) Chapter Banjarmasin yang berdiri sejak 8 Maret 2014 lalu, spontan melakukan koordinasi dengan seluruh member, untuk melakukan bakti sosial membantu para korban.

  • Paket sembako untuk korban banjir Kalsel

Sejatinya kegiatan baksos seperti ini sudah rutin dilakukan HBC Chapter Banjarmasin. "Selain giat Jumat berkah dengan membagi-bagikan makanan kepada warga masyarakat yang membutuhkan, giat baksos rutin juga kami lakukan 3 -5 kali dalam setahun," ungkap Yonatan Sengkey, S.Kom, MI.Kom, selaku Humas HBC Chapter Banjarmasin.

  • Dropping bantuan dilakukan dengan perahu

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Joe ini menuturkan, bahwa mereka tidak sendiri. "Selain dana yang terkumpul dari internal member Chapter Banjarmasin sendiri, kami juga menyalurkan donasi yang terkumpul dari beberapa chapter lain di Kalimantan Selatan seperti Chapter Sampit, Chapter Kapuas, dan Chapter Pangkalanbun," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Koordinatar HBC Wilayah Kalimantan Selatan.


Senada seperti yang dilakukan oleh HBC Chapter Banjarmasin, di Sulawesi Barat HBC Chapter Mamuju juga langsung bergerak setelah terjadi musibah gempa bumi dahsyat yang melanda Mamuju dan sekitarnya, Jumat (15/1/2021) lalu. Sehari setelah gempa, mereka langsung membuka posko.

  • Sebagian member HBC Chapter Mamuju turut jadi korban gempa

Apa yang dilakukan oleh HBC Chapter Mamuju ini cukup menyisakan kesan yang mendalam dan layak diapresiasi. "Nyaris sebagian besar member dari HBC Chapter Mamuju juga menjadi korban bencana gempa bumi dan sebagian besar bangunan rumah kami luluh lantak," kisah Dewi Usman S.IP, M.Ec.Dev selaku Bendahara Umum HBC Mamuju.

  • Rumah salah satu member HBC Chapter Mamuju yang terkena gempa

Yang lebih tragis lagi dialami oleh Adi Rappang. Ketua HBC Regional Sulawesi Barat ini harus kehilangan 5 anggota keluarganya yang turut menjadi korban gempa yang berkekuatan 6,2 Mw ini.


Namun hal ini tak menyurutkan niat mulia mereka untuk bergabung bersama rekan HBC Chapter Mamuju membantu warga masyarakat yang membutuhkan.

  • Posko bantuan korban gempa HBC Mamuju

Dalam waktu singkat mereka berkoordinasi untuk mengumpulkan donasi berupa obat-obatan, sembako, air bersih, terpal, tikar, selimut dan perlengkapan bayi. Beruntungnya HBC Chapter Mamuju memiliki sumber dana yang mereka sisihkan dari iuran bulanan yang digunakan khusus untuk kegiatan sosial.

  • Tim HBC Chapter Mamuju terus bergerak salurkan bantuan

Sampai saat berita ini ditayangkan pun mereka masih terus bergerak membantu korban. "Kami membuka posko bantuan, sehingga warga masyarakat yang membutuhkan bisa langsung datang. Selain itu kami juga berkeliling ke posko-posko pengungsian untuk menyalurkan bantuan," papar Dewi.

  • Adi Rappang, Ketua Regional Sulawesi Barat turun langsung menyerahkan bantuan

"Tak hanya itu saja. Koordinasi dengan chapter-chapter lainnya dan tentu saja dengan Pengurus HBC Nasional untuk penyaluran donasi dan bantuan kepada warga masyarakat yang masih membutuhkan bantuan," tutup Dewi.

Salut dan apresiasi untuk HBC Chapter Banjarmasin dan HBC Chapter Mamuju yang terus bergerak untuk kemanusiaan.


Teks: dJansen

Foto: HBC Chapter Banjarmasin, HBC Chapter Mamuju