• Editor

Hino Perkenalkan Kendaraan untuk Penanganan COVID-19

“Untuk Hino Flexicab ambulans ini, kami targetkan terdistribusikan sebanyak 300 unit dalam setahun.” (Santiko Wardoyo - Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI).

OTOPLUS-ONLINE I PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menghadirkan beberapa line up kendaraan yang dapat membantu masyarakat melawan pandemi COVID-19.


Bertempat di Hino Total Support Centre, yang berlokasi di daerah Jatake, Tangerang, Selasa (16/2), Hino menunjukan empat unit bus, yaitu Hino Bus R260 yang disulap oleh pemiliknya PO Sumber Alam menjadi Bio Smart & Safe Bus.

  • Hino untuk Indonesia Bebas Covid-19

Kemudian ada Hino FC Bus dengan aplikasi Mobile Polymerase Chain Reaction (PCR) Lab, dan yang hari ini diluncurkan, produk terbaru dari HMSI, yaitu Hino Flexicab Microbus dengan bodi ambulans dan bodi mobile PCR Lab.


Dikatakan Santiko Wardoyo, Chief Operating Officer (COO) – Director HMSI, bahwasanya Hino berinisiatif membuat produk-produk yang sesuai di masa pandemi ini.


"Sebagai pemain utama dalam industri kendaraan komersial di Indonesia, Hino telah melihat transformasi yang signifikan selama pandemi COVID-19 berlangsung. Mulai dari prosedur pengoperasian baru, hingga ide-ide yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk kebutuhan kendaraan komersial selama pandemi ini,” urai Santiko.


Gagasan-gagasan inilah menurut Santiko yang pada akhirnya dicetuskan melalui kendaraan-kendaraan yang akan dapat membantu, dalam memerangi pandemi ini dan untuk mendukung semangat Indonesia Bebas COVID-19.

  • Bio Smart & Safe Bus (atas), dan Bus Bio Labratorium

Untuk Bio Smart & Safe Bus dirilis, menggunakan bus Hino R260. Dimana PO Sumber Alam bekerja sama dengan Karoseri Laksana, dibantu Universitas Diponegoro (UNDIP), serta dipandu Komite Nasional Keselematan Transportasi (KNKT). Bus ini dirancang guna kebutuhan transportasi masyarakat yang aman dan nyaman di masa pandemi.


Kemudian Bio Labratorium – Mobile PCR Lab. Bus Menggunakan sasis Hino FC Bus, Bio Lab bus merupakan Mobile Lab yang didesain khusus mengikuti standar Biosafety Laboratory Level (BSL) II.

  • Bus Hino Ambulance

Lalu Hino Flexicab hadir dengan diaplikasikan dalam bentuk ambulans, untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam penanganan COVID-19. Microbus 4 (empat) roda ini bermesin 4.000 cc dengan tenaga 110 PS. Sehingga sangat handal di medan berat, termasuk di jalan lurus yang memiliki rute panjang.


“Untuk Hino Flexicab ambulans ini kami targetkan terdistribusikan sebanyak 300 unit dalam setahun,” ucap Santiko yang juga mengatakan, untuk ke depannya Hino masih mengandalkan kendaraan pada sektor Cargo dan Mining sebagai backbone penjualannya.


Teks: Setiawan AS

Foto: HMSI