• Editor

Honda Astrea 800 1982 Asal Pati ini Bisa Digas, Bisa Juga Digowes


Yup, siapa sangka kalau ternyata motor custom tunggangan Prasojo ini multifungsi. "Untuk sepeda bisa, motor juga bisa", tutur cowok asli Juana - Pati ini.

Tak disengaja, "Awalnya saya pengin bikin sepeda low rider untuk kontes", ujar Pras, sapaan akrabnya. Itu sebabnya bengkel custom yang dipilihnya adalah 303 Garage, yang dikenal piawai bikin sepeda low rider. Tapi setelah frame terlihat setengah jadi, Pras malah berubah pikiran, dan kepingin tungganganya jadi motor custom saja.

Oleh Heri Nur Khamid dedengkot 303 Garage, frame yang sudah terlanjur jadi pun dibuat multi fungsi sekalian. "Kalau mau dibuat sepeda, mesin tinggal dilepas dan dipasang pedal dan gir sepeda. Dudukannya sudah saya siapkan", papar builder yang akrab disapa Qemix ini. Itu sebabnya basis mesin menggunakan Honda Astrea 800, yang dimensinya kecil.

  • Springer double per, kuat dan nyaman

  • Sissy bar tombak ikan

  • Lampu mata kecoak

Untuk rangka, Qemix membangunnya mulai dari nol menggunakan pipa seamless ukuran 3.2 mm tebal 3mmm. Konsep mengadopsi frame sepeda low rider.

  • Dudukan cakram bisa diubah jadi dudukan gear sepeda

  • Pelek lebar handmade ala Cuztom 303 Garage

Demikian juga suspensi depan model springer. Meskipun sejatinya suspensi ini dibuat untuk sepeda low rider, namun soal kekuatan dan kenyamanannya usah ditanya. "Jaminan mutulah", ujar Qemix.

  • Tangki model peti

  • Wadah peranti kelistrikan tersembunyi apik

Untuk proses pengerjaan sendiri makan waktu kurang lebih 3 bulan saja, dengan total biaya kurang lebih 20 juta. Selanjutnya untuk proses pewarnaan diserahkan pada Exsoutheas Paint Blora.


Data modifikasi

Suspensi depan: springer dobel per Suspendi belakang: rigid Ban depan: Delitire 20x3.00 Ban belakang: Delitire 20x3.00 Pelek depan-belakang: handmade ukuran 20L 6cm Lampu depan: custom model mata kecoak Lampu belakang: rembulan Stang: dragster Tangki: Peti Sissy bar: handmade model tombak ikan ukuran besi 14mm tebal 2mm Knalpot: handmade model suling sakti ukuran 3.2mm tebal 2mm Handgrip: Doraemon transparan Persneling: handshifter Teromol depan-belakang: handmade Jok: Snake head

Builder: Custom 303 Garage Alamat: Jl. Pati - Tambakromo Ds. Karangmulyo Rt 06/01, Kec. Tambakromo Kab Pati

HP. 085 727 774 808 Painter: Exsoutheast (Titah Blora) Krom: G Chrome Juwana


Naskah & Foto: dJansen