• Editor

Honda Dream Cup (HDC) Malang 2019 Jadi Pestanya Pecinta Balap


Prosesi pembukaan HDC 2019 Malang dilakukan langsung oleh Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor

Dari data entry list yang OTOPLUS-ONLINE terima tercatat sekitar 116 pembalap dan 155 starter meramaikan gelaran putaran ke-4 Honda Dream Cup (HDC) 2019 yang digelar di sirkuit Stadion Kanjuruhan – Malang (14-15/09) kemarin.

Kela
Kelas Honda Sonic 150R/Supra GTR150 Std Pemula U-16 (HDC 3) dengan 33 starter, jumlah peserta terbanyak di HDC 2019 Malang (sumber: MPM)

Hal ini tak lepas dari kualitas event yang secara konsisten digelar PT Astra Honda Motor (AHM) setiap tahun, dengan tujuan mewujudkan impian pembalap untuk berlaga di event lokal, nasional hingga internasional seperti Thailand Talent Cup, Asia Talent Cup, Asia Road Racing Championship (ARRC), Suzuka Endurance, serta CEV (Moto 2 European Championship dan Moto 3 World Championship) sebagai upaya menuju kejuaraan paling bergengsi dunia, yakni MotoGP.

Tim MPM Honda TS75 mendapat kunjungan dari petinggi PT AHM & PT MPM Distributor. Dari kiri: Andy Wijaya - General Manager MPA PT AHM, Toshiyuki Inuma - Presiden Direktur PT AHM, Suwito - Presiden Direktur PT MPM Distributor, dan Suhari - Suhari selaku Marcomm & Development Division Head PT MPM Distributor

Khusus pada putaran ke-4 ini AHM bekerjasama dengan PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM) selaku main dealer sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT. "Melalui gelaran Honda Dream Cup (HDC) di area Jawa Timur ini diharapkan muncul bibit-bibit pembalap yang bisa membanggakan sampai level internasional," kata Suhari selaku Marcomm & Development Division Head MPM.

Honda Sonic 150R/Supra GTR150 Std Pemula U-16 HDC 3 menjadi kelas pembibitan pembalap bertalenta

Sementara itu, Andy Wijaya selaku General Manager MPA AHM mengatakan, HDC ini sekarang sudah berkembang menjadi pestanya pecinta balap. “Sebab semakin ke sini, animo pecinta balap di Indonesia semakin tinggi. Dari sini akhirnya, kita melihat HDC ini tak lagi hanya menjadi event penjenjangan karier pembalap. Tapi berkembang menjadi pestanya para pecinta balap secara umum," tutur Andy kepada OTOPLUS-ONLINE.

Karena antusiasme semakin besar, kelas Supermoto pun mulai dipertandingkan

“Itulah kenapa, kami menambahkan beberapa kelas baru seperti supermoto yang kita ketahui bersama sudah semakin digemari."

Pembalap wanita pun bisa turut mewujudkan mimpi di kelas Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-10)

"Juga kelas motor matik yang tak hanya dibedakan menurut usia, tapi juga khusus dibuka untuk wanita. Dipadukan dengan beragam entertainment. Ini semua menjadikan HDC sebagai pestanya para pecinta balap, baik itu pembalap maupun masyarakat secara luas.”

Toshiyuki Inuma (Presiden Direktur PT AHM) berkunjung ke paddock tim balap dengan didampingi petinggi PT AHM dan PT MPM Distributor

Ya, selain balap, HDC juga semakin meriah dengan beragam kegiatan seperti kompetisi Gymkana (lomba adu kecepatan dan ketepatan peserta dalam melewati rute yang sudah ditentukan dan perlengkapan safety riding), gathering Honda community, pameran produk, panggung hiburan, serta kesenian tradisional.

  • Dimeriahkan beragam hiburan untuk masyarakat pengunjung HDC

Terkait dengan kelas baru yang dilombakan, HDC 2019 mulai menandingkan Honda CRF150L Supermoto Standar Open main dealer / dealer (HDC-7), Honda CRF150L Supermoto Tune Up s/d 180 cc Open (HDC-8), juga kelas Honda Matic Standar s/d 130cc Open (HDC-9), dan Honda Matic Standar s/d 130cc Wanita (HDC-10).

Honda CBR150R Standar Open (HDC-5)

Sehingga total ada 10 kelas yang dilombakan, termasuk kelas yang sudah ada sebelumnya, yakni Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Seeded (HDC-1), Honda Sonic 150R/Supra GTR Tune Up Pemula (HDC-2), Honda Sonic 150R/Supra GTR Standar Pemula U-16 (HDC-3), Honda Sonic 150R/Supra GTR 150 Standar Pemula U-12 (HDC-4), Honda CBR150R Standar Open (HDC-5), dan Honda Supra GTR 150 Standar Open (HDC-6).


Naskah & Foto: Indramawan