• Editor

Honda XR400 Enduro Disulap Jadi Chopper


Budi Kurniawan dengan motornya yang menjadi Best of The Best Suryanation Motorland Kota Medan

Gelaran perdana Suryanation Motorland Battle 2019 di Kota Medan, Sumatera Utara, menjadi saksi bisu, terpilihnya motor berbasis Honda XR400 menjadi Best of The Best dari ajang kontes custom bergengsi itu.

Detailing layak mendapatkan nilai tinggi

Motor Honda XR400 yang digarap begitu apik tersebut mengusung konsep Street Chopper, dan merupakan tunggangan custom yang dimiliki, serta dikerjakan Budi Kurniawan, dari Afto Motor, Pekanbaru.


Selain itu, motor custom berbasis Honda XR400 ini juga berhasil menyabet gelar sebagai jawara kategori Chopper/Bobber di atas 250cc, menyisihkan sejumlah pesaing beratnya di kelas yang sama.


Menyikapi prestasinya itu, Budi pun mengaku senang dan bangga, karena karyanya yang ia bawa berhasil menjadi yang terbaik di kota besar seperti Medan.


Apalagi selama ini Medan tergolong sebagai kota penghasil karya-karya custom yang mumpuni.


“Saya sangat senang menjadi yang terbaik di sini. Suryanation Motorland merupakan sebuah acara luar biasa, dan Medan sebagai salah satu kota besar dengan perkembangan custom yang pesat, khususnya di wilayah Sumatera,” ujarnya.

Motor berbasis Honda XR 400 ini aslinya bergenre Enduro sebelum diubah menjadi gaya Street Chopper

Sedikit flashback, sebenarnya motor milik Budi yang berbasis Honda XR400 ini aslinya adalah motor bergenre Enduro. Sebelum pada akhirnya ia ubah menjadi gaya Street Chopper, lewat proses pengerjaan yang signifikan.

Detail yang dihadirkan pada motor ini menarik dengan nuansa krom di bagian sasisnya

Hal tersebut kiranya yang menjadi salah satu pertimbangan bagi dewan juri, untuk memberi nilai tertinggi kepada karya Budi ini. Detail yang dihadirkan juga lumayan ‘cantik’, dengan nuansa krom pada bagian sasisnya.

Menyambut acara final Suryanation Motorland Battle di Jakarta nantinya, pemilik motor akan memperbaiki beberapa bagian, seperti detail krom

“Ubahan pada motor ini menarik, mengingat DNA sebenarnya bukan gaya Chopper. Detailing-nya juga sangat baik, sehingga layak motor custom ini mendapat nilai tinggi,” ujar Dodi Irhas, dan Veroland, dewan juri Suryanation Motorland Battle.


Apakah setelah ini Budi cukup puas dan tinggal berpangku tangan? Sepertinya tidak. Karena selanjutnya untuk persiapan menghadapi final di Jakarta, ia akan memperbaiki beberapa bagian, seperti detail krom pada motornya.


Adapun dalam mengomentari keseluruhan karya peserta Suryanation Motorland Battle seri Medan, Samuele Reali, builder selaku juri tamu, asal bengkel Abnormal Cycles, Italia mengaku sangat kagum.


“Motor-motor custom yang ikut serta dalam gelaran Suryanation Motorland Battle di Kota Medan ini tampil sungguh luar biasa! Pantas mendapatkan apresiasi yang tinggi. Jujur, saya sempat dibuat bingung dalam menilainya,” ujar Reali. Wow, salut guys...!


Naskah: Alun Segoro

Foto: SML for OTOPLUS-ONLINE