• Editor

Hyundai dan Boston Dynamics Perkenalkan Spot, Robot yang Dikomersialisasikan

Boston Dynamics telah memasarkan Spot seharga $74.500 atau sekitar Rp1 miliar lebih.

OTOPLUS-ONLINE I PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) secara resmi memperkenalkan Spot, robot pintar berkaki empat hasil kolaborasi dengan Boston Dynamics kepada masyarakat di Indonesia.


Robot ini berjalan dan menari mengitari area Hyundai Exhibition, untuk menyambut para pengunjung dan pelanggan di The Forum, Mall Kelapa Gading 3, dari tanggal 1-5 September 2021 sambil mempertontonkan aksi-aksinya.

Dilanjut kemudian dengan serangkaian penampilan di Hyundai City Stores.


"Saya mengajak semua pelanggan Hyundai dan penikmat otomotif untuk mengunjungi area pameran kami di Mall Kelapa Gading, dilanjutkan kehadiran di Hyundai City Store yang ada di berbagai lokasi di Jakarta, untuk menyapa Spot,” kata SungJong Ha, President Director of HMID dalam keterangannya Kamis, 2 September 2021 hari ini.


Baca juga: First Impression Hyundai Staria: Fitur Setara Toyota Alphard!


Lebih lanjut SungJong Ha menjelaskan, dengan membawa Spot ke Indonesia, HMID ingin menunjukkan visi global Hyundai, ‘Progress for Humanity’, yang menghadirkan era baru robotik.

Kehadiran Spot di Indonesia menekankan bahwa kepiawaian Hyundai secara global tidak hanya terbatas pada menghadirkan mobil-mobil berkualitas, tapi juga berfokus dan tanpa henti menghadirkan beragam inovasi.


Melalui sinergi Hyundai Motor Group dan Boston Dynamics, ke depannya mereka akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya mencakup autonomous car, logistik, dan Urban Air Mobility.


Baca juga: Hyundai IONIQ dan KONA, Mobil Listrik Murni yang Pertama Hadir di Indonesia


Spot sendiri adalah robot pintar berkaki empat, dan merupakan robot pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Pengin tahu harganya?


Dari website resmi Boston Dynamics didapat informasi, sebelum diakuisisi oleh Hyundai Motor Group, perusahaan robotika ini telah memasarkan produk berupa anjing robotik Spot seharga $74.500 atau sekitar Rp1 miliar lebih.


Apakah Hyundai juga ikut memasarkannya?

Spot dirancang untuk dapat menyesuaikan tugas-tugas yang diberikan. Keempat kaki Spot bergerak dengan lincah serta mampu menghindari rintangan dan melewati permukaan kasar secara jauh lebih baik dari pada menggunakan roda.


Selain itu, keempat kaki tersebut juga cukup kokoh untuk menopang beban hingga maksimal seberat 13,6 kg barang bawaan atau kargo.

Spot juga telah ditampilkan dalam sebuah video dari Hyundai di mana robot cerdas ini mendemonstrasikan sebuah tarian menggunakan lagu single BTS yang berjudul ‘IONIQ: I’m On It,’ yaitu sebuah lagu yang menyemarakkan peluncuran merek kendaraan listrik spesial dari Hyundai, IONIQ Electric.


Baca juga: Seperti Apa Naik Hyundai Ioniq, Mobil Listrik Murni di Kondisi Sesungguhnya?


Melalui video tersebut, Hyundai secara global turut ingin merayakan masuknya Hyundai ke dalam lini bisnis robotik dengan cara mengkombinasikan beragam elemen robotik ke dalam kegiatan sehari-hari.


“Masa depan di mana manusia dan robot akan hidup berdampingan telah datang lebih cepat dari yang selama ini kita fikirkan. Di mana saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang juga," pungkas SungJong Ha.


Teks: Indramawan

Foto: Hyundai Motors Indonesia