• Editor

IIMS Surabaya 2019 Sebagai Ajang Pameran, Hiburan, Edukasi & Lifestyle


  • Prosesi pembukaan IIMS Surabaya 2019 (30/10) dilakukan oleh Suharto Direktur SDM PT PJB, Bob Saril, GM PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Budi Priyo kepala Bappeda Jatim, DR Ir Drajat Irawan SE MT Kadisperindag Jawa Timur, Sundoyo, Manajer Logistik PT Pegadaian, Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

Indonesia International Motor Show Surabaya 2019 diselenggarakan pada 30 Oktober – 3 November 2019 di Grand City Convex Surabaya. Pameran otomotif yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo ini tak hanya memamerkan kendaraan roda empat dan roda dua berikut industri pendukungnya, namun juga dimeriahkan dengan hiburan, edukasi serta gaya hidup terkini terkait perkembangan di dunia otomotif.

  • Kehadiran kendaraan listrik memungkinkan PLN membuat test track di dalam arena indoor untuk pertama kalinya di IIMS

Beberapa ide segar dimunculkan oleh penyelenggara. “Untuk pertama kalinya di IIMS ada test track di dalam arena indoor. Hal itu dimungkinkan karena yang dites adalah kendaraan listrik yang ramah lingkungan karena tidak menghasilkan gas buang berbahaya seperti CO. Terima kasih kepada PLN sebagai official sponsor yang memungkinkan ide segar tersebut bisa dimunculkan dan diawali di IIMS Surabaya 2019,” kata Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo.

  • Program Builder Fest menjadi ajang pamer olah kreatif otomotif. Tak hanya dimeriahkan custombike contest, tapi juga student experience, live garage, craftsmanship display, slow ride game, custom ride (test ride motor custom) dan masih banyak lagi

Juga digelarnya Builder Fest kali perdana sebagai ajang pamer industri otomotif kreatif Tanah Air hasil kerjasama PT Dyandra Promosindo dan INCREASE Indonesia sebagai asosiasi para pelaku industri kreatif otomotif. Dalam kegiatan ini banyak dipamerkan hasil olah kreatif di bidang otomotif, sebagai upaya untuk mendorong entrepreneurship terutama di kalangan muda.

  • Unveiling DFSK Glory i-Auto untuk pertama kalinya ke masyarakat Jawa Timur di IIMS Surabaya 2019

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, DR Ir Drajat Irawan SE MT yang mewakili pemerintah provinsi Jawa Timur memaparkan, “Tidak salah melaksanakan pameran IIMS di Jawa Timur. Pada semester I 2019, pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur mencapai 5,64% melebihi pertumbuhan nasional yang berada di angka 5,05%. Sementara inflasinya 1,3%. Lalu untuk pertumbuhan industrinya Jawa Timur di atas 7% sementara nasional 3,7%. Angka pertumbuhan perdagangan Jawa Timur ada di 6%, nasional hanya 4%. Itu mengindikasikan kalau ada potensi daya beli yang luar biasa di Jawa Timur.”

  • Benelli meluncurkan TRK 502 X salah produk terbaru mereka di IIMS Surabaya 2019

Drajat menambahkan, sektor industri otomotif menyumbang pendapatan daerah sebesar 5,86 triliun karena itu pemerintah provinsi Jawa Timur memprioritaskan pengembangan sektor industri termasuk otomotif karena sektor ini banyak menyerap tenaga kerja kemudian dapat memberi nilai tambah dari yang sebelumnya hanya mengirim bahan mentah, saat ini diolah agar memiliki nilai yang lebih besar lalu dapat menjadi bagian dari peningkatan pendapatan masyarakat.

  • Bob Saril, GM PLN Unit Distribusi Jawa Timur menjelaskan skema bisnis Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Ada skema Corporate Owned Corporate Operated ada juga skema Partner Owned, Partner Operated

“Tahun 2018 ekspor komponen otomotif Jawa Timur ke luar negeri tercatat US$ 253 juta. Kami kehadiran kendaraan listrik dapat menjadi peluang investor menanamkan modalnya seperti membangun pabrik baterei yang saat ini masih mahal harganya,” tambah Drajat sembari berharap kalau IIMS Surabaya 2019 dapat mendorong perkembangan otomotif, menambah daya saing industri serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Jawa Timur.


Naskah: Nugroho Sakri Yunarto, Indramawan

Foto: Tim OTOPLUS-ONLINE

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online