• Editor

Indonesia Dress-Up and Build Motorbike Expo (MOTOR-EX) 2021 Goncang Surabaya

Di tengah goncangan gempa 6.1 skala richter yang berpusat di Malang, event kontes modifikasi sepeda motor akbar yang lama dinanti pecinta modif dan custom, setelah vakum satu tahun lebih, akhirnya goncang Surabaya!

OTOPLUS-ONLINE I Gelaran Indonesia Dress-Up & Build Motorbike Expo (MOTOR-EX) 2021 yang digelar di Lenmarc Mall, Surabaya (10 – 11 April) kemarin benar-benar menjadi pengobat rindu bagi insan pecinta modifikasi.

Loading peserta dimulai Jumat (09 April)


Setelah setahun lebih puasa, tidak ada kegiatan kontes modifikasi, event MOTOR-EX hasil kerjasama Adi Pro, Indonesia Auto Modified (IAM), dan OTOPLUS-ONLINE yang sudah didengungkan sejak dua bulan sebelumnya, langsung disambut antusias peserta.


Pecinta modifikasi dan custom dari kota-kota di Jawa Timur, seperti Sidoarjo, Lamongan, Bojonegoro, Mojokerto, Jombang, Malang, Kediri, dan Jember turut ambil bagian.

Ajang silaturahmi para pecinta modifikasi


Lebih wow lagi, peserta dari luar provinsi seperti Solo, Jogja, Bandung dan juga Bali turut hadir menghangatkan suasana kontes yang tetap digelar dalam protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Kunjungan pihak Kelurahan Pradah Kali Kendal bersama Bhabinkamtobmas dan Tim Satgas COVID-19 ke venue untuk memastikan dijalankannya Protokol Kesehatan COVID-19


“Saya jauh-jauh dari Bandung untuk ikut kontes Indonesia Dress-Up & Build Motorbike Expo ini karena sebenarnya saya sudah siapkan motor saya ini untuk ikut kontes motor Yamaha. Tapi karena ada PSBB pandemi COVID-19 maka acara itu urung digelar,” tutur Hendra Purnama dari bengkel Refresh Custom Modified yang hadir dengan Yamaha Lexi.

Para juri dan organizer berdoa bersama sebelum acara penjurian, untuk korban gempa dan kelancaran event


Tak hanya bengkel modifikasi yang menyambut antusias gelaran ini. Bahkan dari kalangan akademik pun menyambut positif gelaran kontes modifikasi berkualitas seperti ini.


Seperti SMK Muhammadiyah 5 Babat yang mengirimkan motor modifikasi bergaya road race dari basis Jupiter Z hasil kreasi Tim Ekskul Modifikasi Sepeda Motor.

Tim SMK Muhammadiyah 5 Babat - Lamongan memamerkan Jupiter Z racing style hasil kreasi Tim Ekstrakurikuler Modifikasi Motor


“Alasan kami mengirimkan motor modifikasi karya siswa mengikuti event MOTOR-EX ini adalah sebagai bagian dari materi pembelajaran,” buka Suyitno,S.Pd. selaku KaKomli TBSM (Teknik dan Bisnis Sepeda motor) sekaligus Instruktur di SMK Muhammadiyah 5 Babat.


Dijelaskannya, sekarang ini jurusan TSM (Teknik Sepeda Motor) telah berubah menjadi TBSM (Teknik Bisnis dan Sepeda Motor).

Peserta diberikan kesempatan menunjukkan kreasinya di depan para juri


Dari sini, siswa diajarkan supaya tak hanya mengenal seluk beluk teknologi sepeda motor beserta perawatan dan perbaikannya, tapi juga diharapkan bisa mengembangkan wirausaha bisnis bengkel sepeda motor.


“Nah, yang ingin kita kembangkan sekarang adalah bengkel modifikasi motor, sebagai alternatif bengkel perbaikan atau perawatan harian,” terang Pak Yit, sapaannya.


Sementara Dwi Prasetya dari Customland yang turut hadir di event MOTOR-EX ini menyambut baik konsep modifikasi yang bisa menampung semua gaya modifikasi maupun custom seperti ini.

Beragam motor kreasi bengkel modifikasi, baik untuk pemula maupun gacoan kontes nasional


“Kalau kita lihat motor-motor yang mengikuti kontes modifikasi ini mewakili hampir semua tingkatan dan ragam modifikasi sepeda motor yang ada. Dari mulai pemula, penghobi hingga yang bisa dikatakan pemain. Kami lihat sementara ini belum ada kontes modifikasi yang bisa merangkul semua elemen seperti ini,” sambut Pras.


Menanggapi antusiasme ini Sofyan Hadi dari Adi Pro selaku organizer menyambut positif dan berterima kasih kepada semua pecinta modifikasi yang telah mensupport acara ini.

Event serupa akan kembali digelar pada bulan Juli mendatang


“Bagi kami, semangat ini harus kita apresiasi karena diharapkan bengkel modifikasi akan semakin berkembang setelah pandemi COVID-19 ini. Kami akan berusaha menyiapkan wadah yang tepat melalui kontes modifikasi yang berkualitas,” komentar Adi Pro selaku organizer event MOTOR-EX.


Keterbatasan Venue

Diikuti 89 kontestan dari Jawa - Bali


Menurut Sofyan Hadi atau akrab disapa Adi Pro selaku event organizer, ada sekitar 89 kontestan yang mengikuti acara dengan prokes COVID-19 ini.

Venue berukuran 10 x 10 meter penuh sesak dengan motor kontestan


“Target kami sebenarnya ada 100 motor,” buka Adi Pro. “Tapi setelah melihat kapasitas lokasi untuk kontes motor ini yang merupakan event pendukung kontes modifikasi mobil IAM atau Indonesia Auto Modified yang jumlah pesertanya juga membludak, maka kami pikir, jumlah 89 kontestan ini sudah maksimal,” lanjut Adi.

Dewan juri bersama Adi Pro event organizer: Jonathan Evan (Minority Custom), Nur Basuki (Otoplus-Online), Sofyan Hadi (Adi Pro Event Organizer), dan Indramawan ((Otoplus-Online))


Keputusan ini disambut positif oleh peserta. “Kami menyambut baik event MOTOR-EX ini karena bisa sebagai penyemangat lagi setelah setahun lebih vakum tidak ada kontes. Harapan kami ke depan, booth bisa lebih luas lagi sehingga pengunjung bisa menikmati motor yang didisplay dengan lebih baik lagi,” tutur Dana Prasetya dari workshop GDZH, Jombang.


Peserta Indonesia Auto Modified Membludak

Sebagai info, Indonesia Auto Modified seri Surabaya ini diikuti 75 peserta yang bahkan pesertanya berdatangan hampir dari segala penjuru pulau di Tanah Air.

Suasana gelaran Indonesia Auto Modified


Padahal di hari yang sama namun di lokasi yang lain, juga digelar kontes modifikasi mobil serupa di Surabaya. Bisa dibayangkan, betapa semaraknya kota Surabaya kemarin.

Diharapkan event seperti ini memunculkan kembali gairah industri otomotif


“Ya, saya pikir ini sangat bagus sekali bagi industri modifikasi setelah setahun lebih vakum tidak ada event kontes, sehingga jelas berpengaruh terhadap bisnis di bidang ini. Semoga dengan mulai digelarnya Indonesia Auto Modified ini, dan juga MOTOR-EX bisa membangkitkan lagi gairah para pecinta modifikasi dan semua bisnis yang terlibat di dalamnya,” komentar Alan Suherlan mewakili Indonesia Auto Modified kepada OTOPLUS-ONLINE.


Para Pemenang Indonesia Dress-Up & Build Motorbike Expo (MOTOR-EX)

Prosesi penyerahan hadiah kepada para pemenang


Kelas Fashion Standard Open

Juara 1: Budi Riswanda (056) - BB Garage - Honda CB

Juara 2: Ricky (004) - Berkat Motor Variasi TSGN - Yamaha Nmax 2019

Juara 3: Anton Kancil (035) - Speed BMI Jatim - Yamaha Xmax

Juara 4: Jonathan Kurniawan Halim (015) - Team Sundul Gan (TSGN) - Yamaha Nmax

Juara 5: Ziak (028 ) - Lima Jaya - Honda GL 200


Kelas Thailook Open

Juara 1: Agung Jojon (033) - Van Motor Shop - Honda PCX

Juara 2: Angga (030) - BSS (Budhi Speed Shop) - Yamaha Mio Soul

Juara 3: Yuangga Putra. P (075) - Jam Feat. BSS - Suzuki RK Cool

Juara 4: Roni Irawan (039) - Night Project Speed - Honda Vario 150

Juara 5: Erwanto (062)- BCG Surabaya - Honda Kharisma


Kelas Racing Look Open

Juara 1: Dana Prasetya (054) - GDZH Custom Cycle - Honda Grand Supercub

Juara 2: Bobby ST (003) - Bob Aerox Modified (BAM) - Yamaha Aerox 155 2018

Juara 3: Anton Kancil Speed (036) - Kancil Speed - Kawasaki ZX 636

Juara 4: Anggara Eka (032) - Nesha Shop Modified - Honda Tiger

Juara 5: Aldefa Manggala. H (012) - Godeng RX King - Yamaha RX King


Kelas Maxi Open

Juara 1: Putu Agus Suriawan (022) - Lebo Bali - Yamaha Nmax

Juara 2: Henky Susanto (021) - Berkat Motor Variasi - Yamaha Nmax 2018

Juara 3: Indra Bangsawan (009) - 18 Modified - Yamaha Nmax

Juara 4: Hendra Purnama (077) Refresh Custom Modified - Yamaha Lexi

Juara 5: Gedhank Gephok (017) - Kuli Bengkel - Yamaha Aerox 155


Kelas Kustom Open

Juara 1: Agus Vic (044 ) - Alpha Sierra Custom - Honda Beat 2015

Juara 2: Kukuh Wicaksono (052) - Rocket Fantasy Garage - Kawasaki Binter Merzy

Juara 3: Dana Prasetya (053) - GDZH Custom Cycle - Honda Grand

Juara 4: Andy Emmanuel (024) - Spawn Garage Surabaya - Benelli BS 200 Motobi

Juara 5: Samuel Gunawan (038) - Sinner & Co - Yamaha SR 400


The Best Restoration: Moch. Fiqih (001 ) - Pak Subur Kastem (PSK) - Honda CB

Special Appreciation: SMK Muhammadiyah 5 Babat (042) - Bengkel HMS - Yamaha Jupiter Z

Otoplus-Online’s Pick: Ayah Herman (040) - BMC Garage - Honda Grand

Adi Pro’s Pick: Hendra Purnama (077) - Refresh Custom Modified - Yamaha Lexi

Minority Custom Motorcycle’s Pick: Aldefa Manggala. H (013) - AKKM Garage - Honda NSR 150 RR


Teks: Indramawan

Foto: Nugroho Sakri Y., Indramawan, Istimewa