• Editor

Ini Cara Yamaha Bangkit Dari Keterpurukan

Sponsor, Tagline, Livery & Struktur Baru.

Sejak musim kompetisi 2014, Yamaha YZR-M1 yang menjadi gacoan Yamaha MotoGP Team selalu menggunakan warna Movistar selaku sponsor utama. Nah, ada yang baru memasuki musim kompetisi 2019 ini. Hadirnya Monster Energy yang sebelumnya mensponsori tim satelit Tech3 Yamaha (kini pindah ke KTM dan Red Bull, Red.), menggantikan Movistar musim ini, membawa perubahan besar pada tim.

Ya, livery Yamaha MotoGP Team tahun ini tampak lebih garang dengan warna kombinasi hitam-dan-biru lebih gelap. Ditambah lagi dengan munculnya logo Monster Energy berupa cakar binatang buas pada fairing bagian samping kiri-kanan dengan warna kontras. Seolah ada energy sangat besar dari dalam yang ingin keluar hingga mencabik-cabik cover yang menutupinya. Begitulah kesan yang ditangkap OTOPLUS-ONLINE.

Dan ini memang sesuai dengan campaign Yamaha MotoGP Team tahun ini, #beastmodeon. Atau jika diterjemahkan bebas kurang lebih maknanya, Yamaha siap tampil seperti monster buas tahun ini!

“Kami sangat suka warna baru itu. Jauh lebih agresif, dan menurut saya, itu yang kami perlukan saat ini. Kami harus mewujudkan semangat 'Beast Mode On' itu, untuk kembali menjadi juara dunia,” komentar Lin Jarvis, Managing Director of Yamaha Racing.

Ya, semangat membara seperti yang tergambar pada campaign dan livery ini memang sangat diperlukan oleh Yamaha, di tengah keterpurukan tahun lalu. Dengan hasil hanya 1 kali kemenangan dalam satu musim tentu adalah penampilan terburuk bagi Yamaha di MotoGP.

Karena itulah, pada kesempatan prosesi launching yang dilakukan di Grand Ballroom, Four Season Hotel, Jakarta pada Senin (04/02) kemarin, dan dihadiri Minoru Morimoto (President Director PT. Yamaha Indonesia Motor Mfg.), Kouichi Tsuji (President Yamaha Motor Racing & Senior General Manager of Motorsports Section), dan Lin Jarvis (Managing Director Yamaha Motor Racing) serta Mitch Covington (Vice President of Sports Marketing Monster Energy Company), turut diperkenalkan pula struktur baru Yamaha. Hiroshi Itou telah bergabung dengan Motorsport Development Division sebagai General Manager, dan Takahibero Sumi menjadi MotoGP Group Leader.


Dalam struktur baru ini, peran yang dimainkan Takahiro Sumi sebagai project leader yang baru menggantikan Kouji Tsuya sangat besar. Kouji Tsuya akan memimpin interaksi dan kerjasama antara tim Yamaha di Eropa yang bermarkas di Italia dan dikepalai mantan pembalap Tech 3, Jonas Folger dengan Yamaha Jepang.

Tentu semua ini membutuhkan biaya yang lebih besar. Karena itulah, selain logo Monster Energy, turut diumumkan pula bahwa sepanjang musim balap 2019, motor tunggangan Valentino dan Maverick akan terus menampilkan slogan PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (Semakin Di Depan), Yamaha Motor Vietnam Co., Ltd., Yamaha Motor Philippines, Inc., serta Thai Yamaha Motor Co., Ltd. Dari sini diharapkan muncul kerjasama dan saling support antara divisi balap dan penjualan.

Seperti yang tergambar ketika Rossi dan Vinales turut mempromosikan produk terbaru Yamaha Indonesia, yaitu MT-15 dan New MX-King usai prosesi launching. Ini semua adalah bentuk kesungguhan Yamaha dalam mengawali musim kompetisi 2019.


Foto: MOTOGP.COM, YAMAHA INDONESIA For OTOPLUS-ONLINE


S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online