• Editor

Ini Dia, Toyota All New Yaris Cross Penantang Honda HR-V


Prediksi harga di kisaran Rp 300-400 jutaan.


Kehadiran Yaris Cross yang bisikannya akan hadir November nanti akan melengkapi line-up SUV Toyota di Tanah Air. Yaris Cross bakal mengisi celah diantara Toyota All New Rush dan Toyota All New Corolla Cross. Prediksi OTOPLUS-ONLINE harganya akan berkisar Rp 300 – 400 jutaan.

Dimensi panjangnya 4.180 mm, sebagai perbandingan dimensi panjang New Yaris adalah 4.145 mm.


Seperti halnya All New Corolla Cross, Yaris Cross dibangun di atas platform baru TNGA (Toyota New Global Architecture). Jadi bukan dikembangkan dari platform New Yaris yang saat ini beredar (XP150). Di Jepang, compact SUV ini ditawarkan dalam 3 pilihan varian, X, G dan Z dengan pilihan mesin bensin dan hybrid. Sementara pilihan penggeraknya ada 2WD dan 4WD. Untuk Indonesia pilihan penggerak 4WD rasanya mustahil dihadirkan.

  • Nuansa interior terasa lebih sporty dengan poros kemudi berbentuk bulat.

  • Versi Jepang hadir dengan jok berlapis paduan kulit dan fabric bernuansa klasik era 1980-1990.

Menyesuaikan selera dan segmen market konsumen di kelas ini rasanya varian G dan Z-lah bermesin non hybrid yang realistis untuk dihadirkan di Indonesia.

  • Bagasi berkapasitas 390 liter dengan berbagai mode pelipatan jok untuk segala kebutuhan.

  • Power back door dengan kick sensor seperti di All New Corolla Cross nampaknya akan melengkapi fitur varian Hybrid.

Namun tak tertutup kemungkinan varian hybrid bakal diluncurkan sehingga mobil-mobil hybrid bisa semakin banyak dan populer.

Di Jepang, khusus varian Hybrid dilengkapi juga dengan fitur Advance Park yang memungkinkan mobil ini parkir otonom.


Yang menarik, tak hanya platform baru dari sasisnya, mengintip spesifikasi versi Jepang ternyata mesin yang digunakan juga fresh. Unit 3 silinder segaris berkapasitas 1.490 cc yang dapat menghasilkan tenaga 120 ps/6.600 rpm dan torsi 145 Nm/4.800-5.200 rpm.

  • Ground clearance versi jepang adalah 170 mm, untuk pasar Indonesia perkiraan kami akan ada penyesuaian.

  • Headlamp LED dengan fitur Adaptive High Beam System (khusus varian Hybrid).

Dengan mesin baru ini Yaris Cross akan sanggup mengimbangi performa Honda HR-V 1.5 yang memiliki tenaga 120 ps/6.600 rpm dengan torsi 145 Nm/4.600 rpm. Jelas kiprahnya akan mengganggu dominasi Honda HR-V di segmen compact SUV 1.5.

Teks: Nugroho Sakri Yunarto

Foto: Toyota.jp