top of page
  • Gambar penulisEditor

Ini Lho Lima Jawara AHSC for Vocational School 2019 Jabar!


Para pemenang AHSC for Vocational School 2019 Regional Jabar foto bersama Denny Budiman, General Manager Technical Service DAM (pojok kanan) dan Ade Rohman, Ast. Manager Technical Service DAM (kiri)

Ajang The 10th Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 kembali akan digelar T Astra Honda Motor (AHM), Oktober mendatang. Untuk menyambutnya, PT Daya Adicipta Motora (DAM) menggelar seleksi Regional Jawa Barat (Jabar) untuk ajang tersebut beberapa hari lalu di Gedung Training Center PT DAM, Jl Raya Cibeureum No. 26 Bandung, Jabar.


Sebanyak 5.434 siswa dari 134 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Honda di Jawa Barat mengikuti kompetisi uji kompetensi. Mulai dari tingkat sekolah, sebagai seleksi tahap awal, menuju kompetisi regional. Dari hasil seleksi yang sangat ketat, terpilih 40 siswa ikut dalam seleksi Regional AHSC for Vocational School 2019 Jabar.


General Manager Technical Service DAM, Denny Budiman mengungkapkan, ajang ini kian memperkuat kepedulian terhadap generasi muda hebat, dan berprestasi, di dunia vokasi. Melalui helatan akbar The 10th AHSC for Vocational School 2019, yang telah memasuki pelaksanaan satu dekade.


“AHSC for Vocational School 2019 ini merupakan pelaksanaan ke-10 sejak diselenggarakan tahun 2010. Merupakan komitmen kami dalam dunia pendidikan vokasi industri, terutama dalam program link and match, antara dunia usaha dan pendidikan,” ujar Denny.

Peserta kontes diberikan soal Uji analisis masalah di fase trouble shooting pada gelaran AHSC for Vocational School 2019 di Bandung

Seleksi AHSC for Vocational School 2019 semakin ketat, dan komprehensif, dengan kriteria dan penilaian menyeluruh. Pada hari pertama, seluruh peserta mengikuti babak penyisihan meliputi soal teori dan kerja bangku.


Kemudian hari kedua, para finalis diuji kemampuan teknik. Meliputi uji teori, uji Kerja Bangku (analisa teknik), dan uji trouble shooting. Kompetisi ini dinilai para juri independen dari AHASS terpilih, dan instruktur teknis PT DAM.

Siswa peserta kontes memasuki fase ujian praktek meja yaitu menyusun kompenen CVT Matic dengan waktu yang cepat dengan proses yang benar

Pada akhirnya kompetisi ini menghasilkan lima pemenang yang akan mewakili Jawa Barat di ajang AHSC for Vocational School 2019 nasional yang diselenggarakan AHM.


Mereka adalah Danang Bayu Bimantoro (SMK Mitra Industri MM2100), Ishaq Zuhala Rosada (SMK Bina Mandiri Bekasi), Robi (SMK Karya Nasional Kuningan), Muchamad Hambali (SMK Teladan Kertasamaya), dan Andi Surya Dirya (SMK Widya Dirgantara).


Tahun ini gelaran kompetisi makin meriah, dimana tak hanya siswa yang terlibat, tapi terdapat pula kontes untuk guru SMK.

Dari hasil seleksi yang dilaksanakan sejak 13-14 Agustus lalu, terpilih pemenang kontes guru SMK, yakni Juara Pertama Deden Bhakti Indradi Daryana (SMKN 8 Bandung), Juara kedua Iman Mawardi (SMK Islam Cipasung), dan juara ketiga Khoirul Hidayat (SMK Bina Mandiri Bekasi).


Saat ini, selain membina 134 SMK TBSM di Jawa Barat, DAM juga menyediakan dan membuka kesempatan bagi para lulusan SMK TBSM Honda di Jabar untuk dapat bekerja di seluruh jaringan AHASS Jabar.

Naskah: Abqa

Foto: DAM

bottom of page