• Editor

Ini Rahasia Kelebihan KCS1200, Cafe Racer Racikan Bengkel Belanda

Tenaga mesin 1200cc dahsyat, tapi tetap stabil dan nyaman dinaiki tanpa vibrasi berkat Slimline Rubbermount Featherbed. (Teks & Foto: Onno “Berserk” Wieringa - madnessphotography.nl for OTOPLUS-ONLINE)

KC 'Kees' Vorstelman bersama KCS1200 yang direncanakannya sejak 1996, namun baru terwujud 4 tahun lalu.


Sejak 1996, KC Vorstelman ingin memulai cafe racer project ini. Namun saat itu, dia tidak punya orang-orang yang tepat untuk membantunya mewujudkan keinginan. Sampai akhirnya 4 tahun lalu, ketika Kees (nama panggilan KC Vorstelman) mendapat bantuan dari temannya, Bud, dan Hans. Dari Bud inilah Kees mendapatkan rangka Featherbed orisinal yang menjadi awal dimulainya KCS1200 project ini.

Bud, Hans, dan Kees, trio di balik pembuatan KCS1200.


Bicara soal cafe racer, kita tidak bisa lepas dari frame atau rangka mumpuni. Itulah kenapa, sejak tahun 1960-an, sudah banyak eksperimen dilakukan untuk menemukan racikan frame yang tepat, untuk mesin yang dikorek habis supaya kencang. Semakin bagus sasis atau rangka, maka semakin cepat pula pengendara cafe racer ini memacu motornya, melakukan cornering, dan melakukan hard braking saat diperlukan.

Frame buatan KCS yang telah lolos tes kelayakan, meniru desain Norton Featherbed untuk kemudian dikawinkan dengan mesin Sportster 1200cc.


Dari kombinasi antara rangka mumpuni dan mesin kencang inilah muncul istilah semacam Triton (mesin Triumph yang dipasang ke frame Norton). Atau Tripsa (mesin Triumph ke frame BSA duplex) dan lain-lain. Namun saat itu, yang paling terkenal adalah frame Norton Featherbed, dan sudah menjadi keinginan kuat Kees untuk mengawinkan rangka itu dengan mesin Sportster 1200cc.

Semua frame bikinan KCS ini sudah diaplikasikan untuk pemasangan dudukan karet, sehingga getaran mesin tidak lagi menganggu dan memiliki handling jauh lebih bagus, dan nyaman dikendarai. Ergonomi rangka didasarkan pada posisi duduk pengendara di atas Harley-Davidson XR1200, dengan sudut headstock (komstir) 29.5 °.


“Semua berawal dari frame Featherbed yang kami jadikan contoh, dengan konsep kembali ke tahun 1958," buka Kees, “Kami ingin membuat frame Featherbed dengan versi rubber mount (dudukan karet), yang dibuat khusus untuk mesin Sportster. Kami sudah berhasil membuatnya, dan rangka pertama itu sudah lolos tes uji kelayakan yang dilakukan oleh RDW (semacam SNI) dengan sukses," tutur Kees yang kini telah memproduksi massal frame bikinannya, untuk proyek-proyek selanjutnya.

Konsumen bebas memilih desain semua body parts, yang selanjutnya digambar dan dijadikan blueprints untuk kemudian dibuatkan molding (cetakan), sebelum dibuat.


Setelah rangka siap, selanjutnya Kees menyiapkan gambar semua komponen sebagai blueprints, dan dia juga telah menyiapkan cetakan yang bisa disesuaikan sesuai keinginan konsumen. Salah satunya adalah tangki bahan bakar yang memiliki tangki di bagian dalam dari baja, dan kemudian dikondom dengan cover dari bahan polyester. Begitu juga dengan cover samping, dan buntut tawon.

Pemasangan body parts pada rangka, yang sebelumnya dibuatkan dulu cetakan (molding) dari kayu, sesuai keinginan konsumen.


Sama seperti rangka, lengan ayun, tangki oli, setang, pijakan kaki, termasuk perangkat pengereman dan kopling, semua juga dibuat di workshop KCS ini. Untuk mendapatkan kestabilan yang diinginkan, kekuatan pengereman dan kenyamanan, pelek jeruji 18 inci Excel, dengan teromol aluminium orisinal Harley dibalut ban depan ukuran 90 / 90-18, dan 130/80 18 inci di bagian belakang.

Tampilan klasik, namun dengan teknologi moderen, tanpa vibrasi, tapi dengan power dahsyat yang tetap nyaman dinaiki dengan handling sempurna.


Fork depan telah dimodifikasi dan di-setup oleh Hyperpro Suspension, sementara sokbreker belakang dari Burly. Untuk sistem pengereman, cakram Zodiac depan menggunakan kaliper Billet 6-piston, dan di belakang menggunakan kaliper 2 piston keluaran Brembo. Sementara di bagian atas, tampak T atas-bawah, spidometer dan odometer yang terpasang dalam rumah bikinan sendiri,

Tenaga melonjak drastis setelah dilakukan modifikasi di sektor mesin.


Untuk urusan mesin, setelah menjalani beberapa modifikasi, mesin Sportster 1200 ini menghasilkan tenaga lebih besar. Terutama di putaran tengah, di mana paling banyak dibutuhkan saat berkendara. Kurva torsi juga tampak naik drastis, sehingga menjanjikan sensasi berkendara yang dahsyat.

Rangka KCS Slimline Rubbermount Featherbed teruji stabil saat sesi uji coba.


Apalagi dengan dipakainya filter udara K&N, dan knalpot 2-1 Bassani, menyesuaikan ubahan pada sistem injeksi bahan bakar yang telah disesuaikan. Sehingga memang butuh rangka mumpuni seperti KCS Slimline Rubbermount Featherbed ini agar motor tetap aman, dan nyaman dikendarai dalam hal handling, seperti yang saya rasaan ketika menjajal motor ini.


Spesifikasi KCS1200

GENERAL

Owner: KC Vorstelman

Builder: KC Vorstelman

Brand: KCS1200

Model: CR (Cafe Racer)


ENGINE

Year of construction: 2008

Builder: Harley-Davidson

Cylinder capacity: 1200 cc

Type: Sportster

Fuel system: injection

Air filter: K&N

Air filter housing: KCS

Ignition: H-D

Exhaust system: Bassani

Gearbox: H-D 5-speed


CHASSIS

Frame: KCS Slimline Rubbermount Featherbed

Fork: 39mm Showa / Hyperpro Suspension

Swingarm: KCS

Shock absorbers: Burly

Front wheel: 18 "Excel

Rear wheel: 18 "Excel

Brakes: (front) Billet 6-piston, (rear) Brembo 2 piston


MISCELLANEOUS

Fuel tank: KCS polyester with steel inner tank

Dashboard / Counters: KCS (with H-D clock)

Oil tank: KCS

Handlebar: homemade stainless steel

Mirrors: MCS

Grips: MCS

Switch housings / brake clutch lever: H-D

Headlight: MCS

Rear light: MCS, LED

Turn signals: MCS

Saddle: 85Products

Footrests, brake / shift pedal: KCS


PAINT

Color: British Racing Green Jaguar

Paintwork: Snijder Herstel, Biddinghuizen

Special Paint / Logos: Cutter

Idea & Design: KC

INFO

KC Vorstelman

Kazerweg 1

8051 CV Wapenveld

THE Netherlands

Tel. +31 (0)6-5095 7074

E-mail: kees@kbproducts.nl