• Editor

Jajal KTM 390 Adventure Yang Dikembangkan Dari Motor Jawara Dakkar


KTM 390 Adventure dikembangkan dari KTM 450 Rally, motor jawara Dakkar Rally.


Brand asal Austria, KTM (Kronreif Trunkenpolz Mattighofen) telah lebih dari dua dekade mengembangkan motor adventure. KTM 450 Rally berhasil memenangi reli Dakkar sebanyak 16 kali secara berturut-turut. KTM 450 Rally menjadi basis pengembangan motor-motor Adventure KTM seperti 690 Adventure, 790 Adventure dan 1290 Adventure.

Performa mesin 373 cc bertenaga 43 dk terasa lebih dari cukup untuk sekadar have fun.


Pada 28 Agustus 2020 lalu, PT Penta Jaya Laju Motor meluncurkan seri terbaru dari keluarga Adventure yaitu KTM 390 Adventure, motor yang diciptakan untuk memenuhi keinginan pecinta adventure di lini menengah yang ingin menikmati dan memiliki KTM seri Adventure dengan harga terjangkau.

Dibekali teknologi ABS offroad sehingga lebih aman dan fun.


Dipasarkan dengan harga Rp 119 juta (OTR Jakarta) dan Rp 120 juta (OTR Surabaya) seri 390 Adventure menyodorkan teknologi dan fitur paling advanced di kelasnya. Seperti suspensi depan-belakang fully adjustable, Traction Control, Quick Shifter (upshift & downshift), KTM My Ride yang dapat menghubungkan smartphone dengan TFT instrument meter melalui koneksi Bluetooth dan masih banyak lagi.

Dengan bobot kosong162 kg, 390 Adventure asyik banget diajak menjelajah medan offroad.


Seri 390 Adventure ini diperkenalkan di Surabaya bebarengan dengan opening dealer KTM - Husqvarna Surabaya yang beralamat di Raya Wiyung 484. OTOPLUS-ONLINE berkesempatan merasakan impresinya pada kegiatan Open House Testride.

Mesin Serupa Duke 390

390 Adventure memakai mesin yang sama dengan kepunyaan Duke 390. Unit 4-tak, 1 silinder berpendingin cairan. Dengan diameter piston 89 mm dan langkah 60 mm. kapasitas bersihnya 373 cc yang sanggup mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 43 dk/9.000 rpm dan torsi 37 Nm/7.500 rpm.

Mesin ini serupa dengan kepunyaan Duke 390.


Perbedaan terletak pada radiator, milik 390 Adventure berbentuk kurva yang lebih efektif menangkan angin dari depan. KTM juga membekali radiator tersebut dengan sepasang motor fan. Hasilnya saat OTOPLUS-ONLINE nyaris tidak merasakan panas mesin meski motor ini kami ajak berkeliling di medan offroad di sekitar kawasan Bukit Ular, Citraland, Surabaya.

Kualitas knalpot seperti produk aftermarket.


Pengembangan lain yang dimiliki 390 Adventure terletak pada ditanamnya teknologi PASC anti-hopping clutch yang dioperasikan secara manual. Transmisi manual 6 percepatan juga dibekali teknologi quick shift up and down sehingga memungkinkan perpindahan gigi dilakukan tanpa harus mengoperasikan tuas kopling yang membuat perpindahan gigi berlangsung singkat.

Suspensinya Istimewa

KTM 390 Adventure dibekali sok depan model upside down dari WP Apex dengan diameter as 43 mm. Sedangkan sok belakang mengandalkan monosok juga dari WP Apex. Keistimewaan suspensi ini selain punya jarak main yang panjang (170 mm; depan dan 177 mm; belakang) juga memiliki setelan compression dan rebound (depan).

Sok depan upside down WP Apex 43 mm dengan setelan kompresi dan rebound.


Suspensi depan disetel dengan memutar kenop yang terdapat di ujung atas sokbreker. Sementara suspensi belakang bisa disetel bermodal hook wrench (kunci kait) dan obeng minus.

Rem depan cakram tunggal 320 mm yang dikawal kaliper 4 piston dari Bybre dengan ABS.


Ketika kami coba melibas permukaan jalan tanah bergelombang di seputar kawasan  Bukit Ular, Citraland, rasanya bak melaju di atas jalan aspal yang mulus. Gerakan naik-turun roda dapat diredam sempurna oleh kedua suspensinya. Bahkan ketika kami coba pakai berboncengan, tetap saja terasa nyaman.

Adventure Ready

390 sudah dibekali dengan berbagai aksesori penunjang berpetualang. Seperti handguard, windshield, juga behel belakang yang sekaligus didesain sebagai braket sidebox termasuk spek ban yang digunakan. Bannya tipe dual purpose produk Metzeler.

Roda depan berukuran 19 inci.


Oh ya, 390 Adventure mengadopsi lingkar roda berukuran 19 inci dengan ban 100/90-19 di depan dan roda 17 inci dengan ban 130/80-17 di belakang. Tinggal beli crashbar, sidebox atau top box siap berkelana deh.

Setang model fatbar adjustable.


Setangnya model fatbar yang bisa disetel untuk mendapatkan posisi berkendara paling ideal. Meski pada posisi standar, lebar dan tingginya sudah terasa pas dengan postur rata-rata orang Indonesia.

Jok berjarak 855 mm dari permukaan tanah.


Dan yang harus jadi perhatian, dengan tinggi jok 855 mm, pengendara berpostur di bawah 175 cm dipastikan bakal jinjit ya.

Instrumen Display Lengkap

Selain menampilkan informasi standar seperti takometer, spidometer, fuelmeter, tripmeter, jam dan posisi gigi, instrument meter berupa layar TFT 7 inci ini juga menginformasikan kecepatan dan konsumsi bahan bakar rata-rata, tegangan baterei dan fuel range yang sangat berguna untuk motor bergenre adventure.

Instrument display berupa layar TFT 7 inci.


Kerennya meski siang lagi terik saat pengetesan, instrumen display-nya tetap mudah terbaca dan saat gelap, background-nya akan berganti menjadi hitam.

Headlamp full LED dengan batok terpisah dari suspensi, dan bentuknya menyerupai kepala alien.


Lewat layar ini juga kita dapat mengoneksikan smartphone kita lewat menu KTM My Ride sehingga dapat digunakan untuk membuka map yang akan membantu dalam perjalanan. Selain itu kita juga dapat menyetel setting traction control, ABS dan quick shifter melalui instrument display ini.

Jok yang panjang dan lebar dengan material kulit jok yang kesat sehingga tidak licin.


Di bagian bawah layar terdapat power outlet 12 Volt yang dapat digunakan sebagai sumber daya smartphone atau GPS yang dapat dipasang pada bagian atas instrument display. Sementara untuk mengontrol navigasi pada layar dilakukan melalui tombol 4 arah yang ada di switch holder di sisi kiri.


Teks & foto: Nugroho Sakri Yunarto

S U B S C R I B E

© 2019 - 2020 otoplus-online